Sama-sama Eropa, Jerman Lebih Beruntung Ketimbang Prancis Soal Mobil

08/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Sama-sama Eropa, Jerman Lebih Beruntung Ketimbang Prancis Soal Mobil
Bicara soal keberuntungan di Piala Dunia, beda antara Jerman dan Prancis. Jerman harus pulang lebih awal karega gagal melewati babak kualifikasi group. Sedangkan Prancis masih akan bertanding di babak semifinal usai menekuk Uruguay 2:0 di babak 8 besar.

Namun, kalau bicara soal mobil di Indonesia, Jerman lebih beruntung ketimbang Prancis. Di berbagai kota di Indonesia, masih mudah ditemukan mobil merek-merek Jerman macam BMW, Mercedes-Benz, dan Audi karena mobil merek Jerman tersebut masih banyak digemari masyarakat, khususnya orang-orang berkantong tebal.

Gambar BMW X3 warna putih dari depan

BMW, salah satu merek Jerman yang paling populer di Indonesia

Sedangkan untuk mobil-mobil merek Prancis macam Renault, Peugeot dan Citroen, sulit sekali menemukannya berkeliaran di jalanan Indonesia. Mobil merek Prancis kurang begitu dikenal masyarakat. Terbukti dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan mobil merek Prancis di Indonesia pada bulan Mei 2018 tidak sampai di angka 50 unit.

Renault hanya terjual sebanyak 49 unit. Peugeot lebih buruk lagi, hanya terjual 14 unit. Bandingkan dengan mobil merek Jepang, BMW terjual sebanyak 315 unit. VolksWagen atau VW masih bisa terjual sebanyak 69 unit. Untuk merek Mercedes-Benz tidak diketahui karena tak melaporkan data penjualannya ke Gaikindo.

Apakah ini berkaitan dengan masalah kualitas? Tentu tidak. Mobil Eropa dari manapun negaranya terkenal dengan kualitasnya.

Kalau ini berkaitan dengan masalah harga, tidak sepenuhnya benar juga. Renault misalnya, masih memiliki model yang harganya Rp 100 jutaan, yaitu Kwid. Mobil berkapasitas 1.000 cc ini bahkan jadi satu-satunya mobil Eropa di Indonesia dengan harga setara mobil LCGC.

>>> Baca Review dan Spesifikasi Renault Koleos 2017: SUV Premium yang Hadirkan Ekslusivitas

Gambar Renault Kwid warna merah tampak dari samping depan

Mobil asal Prancis, Renault Kwid dijual di Indonesia dengan harga setara LCGC

Lalu ada Renault Duster. SUV 7 penumpang ini dijual mulai harga Rp 275 juta hingga Rp 441 juta. Setara dengan model SUV lain di Indonesia.

Nyatanya, baik Kwid maupun Duster penjualannya kalah jauh bersaing dengan model LCGC atau SUV merek Jepang. Di bulan Mei 2018 Kwid hanya terjual 19 unit, sedangkan Duster malah tak terjual sama sekali sejak bulan Maret 2018.

Bila diangan-angan, orang Indonesia sepertinya belum begitu yakin dengan mobil-mobil merek Prancis.

>>> Beragam berita pasar mobil yang lain bisa Anda dapatkan di sini

Gambar Peugeot 3008 tampak dari samping depan

Mobil Peugeot juga terseok-seok bersaing di Indonesia

>>> Cari mobil buat keluarga? Di cintamobil.com saja, koleksinya banyak harganya juga menguntungkan!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top