Salah Injak Pedal, Pengemudi Toyota Yaris Nyaris Tabrak Pejalan Kaki

16/05/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Seorang pengemudi Toyota Yaris terekam kamera melaju kencang dalam keadaan mundur karena salah injak pedal, menghantam pohon dan nyaris menabrak pejalan kaki.

Salah injak pedal menjadi masalah yang masih menghantui pengemudi hingga saat ini. Pengemudi bingung ketika menginjak pedal gas ketika bermaksud untuk menginjak pedal rem. Tak jarang mengakibatkan kecelakaan yang bahkan bisa menimbulkan korban jiwa. Seperti yang terjadi pada pengemudi Toyota Yaris di Vietnam ini.

Tabrak Pohon

Seperti terekam dalam sebuah CCTV, sebuah video yang diunggah oleh akun ViralHog tersebut memperlihatkan sebuah Toyota Yaris yang mundur dalam kecepatan tinggi. Pengemudi tampaknya sedang akan beranjak dari kondisi parkir di tepi trotoar. Pengemudi pun menginjak pedal gas ketika berada dalam gigi mundur dan membuat mobil mundur dengan kencang.

>>> Percuma Punya Mobil Mewah Kalau Otaknya di Dengkul!

Alih-alih menginjak rem, mereka tetap menginjak pedal gas dan menabrak dua sepeda motor dan satu sepeda yang sedang parkir di trotoar tersebut dan sebuah pohon. Yaris tersebut bahkan nyaris menabrak seorang pejalan kaki yang kebetulan sedang berjalan di atas trotoar.

Untungnya tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Namun patut diingat bahwa kejadian ini bisa saja mengakibatkan korban, seperti dua orang yang sedang melintas dalam video di atas. Keduanya tampak bingung dan tanpa reaksi ketika mobil berjalan melintasi mereka.

>>> Mengenal Teknologi E-Pedal Nissan, Praktis Untuk Berkendara Di Perkotaan

Masalah Bertahun-Tahun

Salah injak antara pedal gas dan rem masih menjadi masalah yang sering terjadi di seluruh dunia, tak hanya di Indonesia. Bukan hanya bagi pengemudi baru, pengemudi lama pun tak luput dari kesalahan ini. Pasalnya pengemudi seringkali kurang fokus sehingga menginjak pedal gas ketika tuas transmisi masih pada kondisi mundur.

teknologi yang akan meminimalisir risiko salah injak pedal Toyota
Toyota perkenalkan sistem Pedal Misapplication Acceleration Control System II

Untuk membantu menghindari kesalahan ini, Toyota beberapa waktu lalu telah memperkenalkan teknologi Pedal Misapplication Acceleration Control System II (PMACS) di Jepang tahun lalu. Teknologi ini sendiri sudah disematkan pada Toyota Prius dan Prius PHEV bahkan kini di Toyota Raize.

PMACS mampu mendeteksi ketika pengemudi menekan pedal gas “dengan cepat dan kuat”, mengira mereka sedang menginjak rem. Meskipun tak serta merta membuat mobil berhenti, namun sistem ini akan menekan akselerasi kendaraan dan memberikan peringatan suara dan visual kepada pengemudi, menyuruh mereka untuk menginjak rem.

>>> Teknologi Baru Toyota ini Bisa Cegah Kecelakaan akibat Salah Injak Pedal

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top