Sakti! Mobil Listrik Volvo Ini Masih Bisa Jalan Setelah Ditenggelamkan

02/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Salah satu kekhawatiran konsumen terhadap mobil listrik adalah ketahanannya terhadap air. Volvo membuktikan bahwa mobil listrik mereka sanggup menghadapinya.

Volvo, perusahaan Swedia yang kini dimiliki oleh Geely melakukan sebuah aksi menantang pada mobil listrik mereka, XC40 Recharge. Mereka menceburkan crossover bertenaga motor listrik dan baterai ini ke dalam tangki berisi air.

Tak tanggung-tanggung, seluruh bodi mobil dengan tinggi sekitar 1,7 meter ini ditenggelamkan dalam tangki tersebut. Bahkan, di dalam tangki tersebut ada beberapa ikan hidup yang menandakan bahwa aksi ini bukan tipu muslihat.

Mobil Bisa Berjalan Setelah Ditenggelamkan

Gambar Volvo XC40 Recharge

Ikan yang berenang menandakan air yang digunakan benar-benar asli!

Setelah beberapa detik, mobil pun dinyalakan melalui remote control yang dikendalikan oleh seorang operator. Volvo XC40 Recharge yang berada di tangki pun perlahan-lahan berjalan. Dengan bantuan ramp, XC40 Recharge tersebut bisa menanjak keluar dari tangki air tanpa adanya korsleting.

Aksi ini dilakukan untuk membuktikan bahwa mobil listrik Volvo masih tetap bisa menyala meski terendam air. Ini merupakan salah satu ketakutan calon konsumen yang khawatir bahwa mobil listrik bisa mengalami kerusakan saat digunakan menerjang genangan air.

Tak main-main, jendela mobil tersebut juga dibuka agar air bisa masuk ke dalam kabin. Ini menjadi bukti bahwa ketakutan konsumen mobil listrik terhadap air tidak sepenuhnya terbukti.

>>> LiDAR, Teknologi Mobil Otonom Volvo Berbekal "Mata" Laser

Mobil Listrik Pertama Dari Volvo

Volvo XC40 Recharge merupakan mobil listrik pertama yang dipasarkan oleh sang perusahaan Swedia. Mobil ini dibekali dengan baterai 78 kWh dan dua motor listrik yang masing-masingnya menghasilkan tenaga 204 HP.

Gambar Volvo XC40 Recharge

XC40 Recharge merupakan mobil listrik pertama dari Volvo

>>> Mobil Listrik Wuling Dijual Rp 60 Jutaan, Ada Lagi yang Lebih Murah?

Secara keseluruhan, sistem tersebut menghasilkan tenaga 408 HP dengan torsi 660 Nm. Dengan tenaga tersebut, XC40 Recharge dapat berakselerasi 0 - 100 km/jam dalam waktu 4,9 detik.

Mobil ini diklaim mampu menjangkau 400 kilometer dalam sekali pengisian daya. Untuk pengisian daya, mobil ini bisa memilih 11 kW AC atau 150 kW DC untuk yang lebih cepat. Dengan menggunakan fast charging, baterai Volvo XC40 Recharge dapat terisi 80% dalam waktu 40 menit saja.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top