Saking Larisnya, Di Negara Ini Inden All New Ertiga Sampai 8 Bulan

27/02/2019

Pasar mobil
Share this post:
Saking Larisnya, Di Negara Ini Inden All New Ertiga Sampai 8 Bulan
Kalau di Indonesia inden Mitsubishi Xpander pernah mencapai 5-6 bulan sampai unit yang dipesan terkirim ke konsumen, di negara ini beda lagi. Pesanan All New Ertiga jauh lebih lama ketimbang Mitsubishi Xpander di Indonesia.

Foto Suzuki All New Ertiga tampak dari samping depan

Suzuki All New Ertiga punya dimensi lebih besar dibanding Ertiga lama

Kalau di Indonesia ada konsumen Mitsubishi Xpander yang harus menunggu berbulan-bulan untuk mendapatkan unit yang dipesan, di negara ini beda lagi. Pesanan Suzuki Ertiga jauh lebih lama ketimbang Mitsubishi Xpander di Indonesia.

Jika ada mobil baru yang fenomenal sejak diluncurkan selain Toyota Avanza, itu adalah Mitsubishi Xpander. Diluncurkan di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di BSD City Tangerang Banten, Xpander langsung menjadi primadona. Ribuan pengunjung pameran rela mengatre hanya untuk melihat dari dekat sosoknya yang dianggap unik namun futuristik. Hingga detik-detik penutupan pameran booth Mitsubishi tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Efeknya sungguh luar biasa, Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk Mitsubishi Xpander yang dibukukan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selama 11 hari pameran mencapai 7.489 unit, jauh melebihi target yang dicanangkan semula sebanyak 3.000 unit. Pasca pameran pesanan Xpander terus membludak jauh di luar dugaan MMKSI. Ketidakseimbangan pemesanan dengan produksi di pabrik membuat inden Xpander makin lama mencapai 5-6 bulan.

>>> Mendengar Masukan Konsumen, Suzuki Hadirkan Fitur Baru Pada Ertiga

Kehebohan dan lamanya inden ini juga menjadi rekor tersendiri bagi penjualan mobil di Indonesia untuk sebuah mobil baru. Bahkan hingga sekarang atau hampir dua tahun pesanan Mitsubishi Xpander belum juga terlunasi. Bukan karena tidak ada peningkatan produksi, tapi karena pesanan yang masuk masih terus mengalir. Selain itu, MMKSI juga harus memproduksi Xpander untuk pasar ekspor ke beberapa negara.

Nah, kisah serupa saat ini dialami oleh All New Ertiga di pasar India. Sejak Maruti Suzuki meluncurkan pada 21 November 2018 lalu, All New Ertiga langsung jadi buruan pecinta merek Suzuki. Maruti mencatat pesanan yang masuk di bulan November 2018 mencapai 6.362 unit, di bulan Desember 2018 meningkat menjadi 7.155 unit. Masuk tahun 2019 performa All New Ertiga tidak mengendur sama sekali, bahkan lebih meningkat dibanding dua bulan di atas. Autoportal.com mencatat penjualan All New Ertiga di bulan Januari 2019 mencapai 9.352 unit, jauh melebihi penjualan Mahindra Marazzo, Toyota Innova Crysta dan Renault Lodgy.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Foto Maruti Suzuki Ertiga saat diluncurkan

Diluncurkan akhir November 2018 di India, penjualan Maruti Suzuki Ertiga langsung melejit

Dengan total penjualan yang mencapai puluhan ribu dalam waktu hanya dua bulan membuat inden All New Ertiga makin panjang. Drivespark (24/2/2019) bahkan menulis untuk tipe-tipe tertentu konsumen harus menunggu sampai 8 bulan untuk mendapatkan unit yang dipesan. Namun untuk tipe yang lain pengiriman ada yang lebih cepat karena stok tersedia.

>>> Baca Review Suzuki All New Ertiga GX 2018 di sini!

Sebagai informasi tambahan, Suzuki All New Ertiga yang dijual di India punya dimensi dan desain yang sama dengan yang dijual di Indonesia saat ini. Yang berbeda, jika All New Ertiga di Indonesia hanya ada 7 tipe dengan satu varian mesin yaitu bensin 1.500 cc, di India selain varian mesin bensin 1.500 cc ada juga pilihan mesin bensin 1.300 cc dengan total 10 tipe All New Ertiga dijual di sana.

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Maruti Bakal Rilis Suzuki Wagon R 7-Seater di Indonesia, Kapan?

11/02/2019

Pasar mobil

Mempertimbangkan pasar India yang lebih tertarik dengan Suzuki Wagon R 5-seater, Suzuki membuka kemungkinan bakal mengalihkan rilis Suzuki Wagon R 7-seater ke Indonesia yang dianggap lebih potensial.

Lihat juga

Bakal Ada World Premiere di IIMS 2019, Apa Itu Suzuki Ertiga Cross?

02/02/2019

Event - Promosi

5 menit

Salah satu yang menarik dari pameran IIMS 2019 adalah bahwa di pameran otomotif bergengsi itu bakal ada peluncuran perdana mobil baru alias world premiere. Santer dikabarkan pula Suzuki Ertiga Cross menjadi kandidat terkuat mobil baru tersebut. Benarkah demikian?

Lihat juga

Pertahankan Pasar, Suzuki Siapkan Model Baru dan Facelift di 2019

02/01/2019

Pasar mobil

Menghadapi persaingan yang diprediksi makin seru di tahun 2019 Suzuki menyatakan telah mempersiapkan diri. Selain memacu penjualan model yang telah ada, Suzuki juga bakal menghadirkan model baru dan facelift yang diyakini bisa menarik perhatian konsumen.

Lihat juga

Ingin Membeli Suzuki Ertiga GL 2016 Bekas? Lihat Dulu Tipsnya Berikut Ini

19/02/2019

Jual beli

Di Indonesia, mobil keluarga memang menjadi primadona. Bahkan mobil bekasnya juga laris manis di pasaran. Salah satunya Suzuki Ertiga. Lihat kembali tips dari Cintamobil.com bagi Anda yang ingin membeli Suzuki Ertiga GL 2016 bekas.

Lihat juga

Suzuki Jimny 2019 Dapat Hasil Kurang Baik Untuk Kategori Pengujian Moose Test

19/02/2019

Mobil baru

Sebuah situs asal rusia km77.com merilis hasil test mereka mengenai Suzuki Jimny 2019. Suzuki Jimny 2019 yang akan mereka gunakan adalah yang sama persis dengan Suzuki Jimny yang dipajang di ajang Gaikindo Indonesia Internationa Auto Show 2018 lalu. Ternyata Suzuki Jimny 2019 Dapat hasil kurang baik untuk kategori pengujian moose test.

Lihat juga