Sah, Gubernur Ridwan Kamil Perpanjang PSBB di Jawa Barat

30/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sah, Gubernur Ridwan Kamil Perpanjang PSBB di Jawa Barat
Berdasarkan evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil resmi memperpanjang PSBB Jawa Barat hingga Juni 2020.

Kasus COVID-19 di Jawa Barat diklaim mengalami penurunan dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

“Sebelum PSBB kasus harian kita ada di 40-an kasus per hari. Di akhir PSBB ini, di hari ini saya wawancara itu sudah turun ke 21-24 kasus perhari,” tutur Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam pernyataannya melalui video yang ditayangkan di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha BNPB Jakarta, Sabtu (16/5/2020) lalu.

>>> Kabar Gembira, Pemprov Jabar Ungkap Angka Kasus COVID-19 Turun Selama PSBB

PSBB diperpanjang

Meski demikian, PSBB belum dicabut. PSBB Jawa Barat yang sedianya berakhir 29 Mei 2020 diperpanjang secara proporsional hingga Juni mendatang. Melalui Keputusan Gubernur (Kepgub) Jabar Nomor: 443/Kep.287-Hukham/2020 tempo perpanjangan PSBB tingkat provinsi tersebut dibagi menjadi dua, 6 hari dan 14 hari.

  • Untuk Wilayah Bodebek (Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi), selama 6 (enam) hari terhitung mulai tanggal 30 Mei 2020 sampai dengan tanggal 4 Juni 2020; dan
  • Untuk Wilayah Jawa Barat di luar Bodebek, selama 14 (empat belas) hari terhitung mulai tanggal 30 Mei 2020 sampai dengan tanggal 12 Juni 2020.

Gambar menunjukkan Zona COVID-19 di Jawa Barat

Keputusan perpanjangan PSBB di Jawa Barat diambil setelah melalui tahapan evaluasi dan sudah tidak ada zona merah

Keputusan perpanjangan diambil setelah melalui tahapan evaluasi dan diskusi Pemerintah bersama sejumlah ahli baik epidemiolog maupun ekonom. Sementara penetapan tempo perpanjangan hingga 4 Juni untuk wilayah Bodebek adalah mengacu pada PSBB DKI Jakarta yang akan berakhir 4 Juni 2020. Bodebek sendiri merupakan wilayah aglomerasi DKI Jakarta sehingga kebijakan yang diterapkan lebih banyak mengikuti kebijakan DKI.

"Perpanjangan PSBB Bodebek mengikuti kebijakan Pemerintah DKI Jakarta. Hal itu karena Bodebek menjadi daerah penyangga Ibu Kota. Jadi, kebijakannya harus sejalan agar penanggulangan Covid-19 optimal," kata  kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/5/2020).

Status PSBB diserahkan ke daerah

Keputusan Gubernur (Kepgub) Jabar Nomor: 443/Kep.287-Hukham/2020 menetapkan waktu perpanjangan PSBB Jawa Barat sebagaimana tersebut di atas. Namun, untuk status PSBB-nya diserahkan kepada Kepala Daerah masing-masing.

Disebutkan dalam Kepgub, "Bupati/Wali Kota menetapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Daerah Kabupaten/Kota sesuai situasi, kondisi, dan hasil evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Daerah Kabupaten/Kota."

>>> BP-AKR Berikan Tips Menjaga Performa Kendaraan Selama PSBB

Foto menunjukkan polisi melakukan pemeriksaan di check point PSBB Kota Bandung

PSBB Jawa Barat belum dicabut, warga tetap wajib mengikuti protokol kesehatan

>>> Berita menarik lainnya seputar mudik Lebaran ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Mulai 15 April 2020, PSBB di Jawa Barat Berlaku untuk Bogor, Depok, dan Bekasi

13/04/2020

Event - Promosi

5 menit

Ada 5 wilayah yang akan segera memberlakukan PSBB di Jawa Barat. Wilayah tersebut berad adi kawasan Bogor, Depok, dan Bekasi. Nantinya akan dibatasi juga jumlah penumpang di kendaraan bermotor baik pribadi maupun kendaraan umum.

Lihat juga

Bridgestone Sumbang APD ke Pemprov Jawa Barat

08/04/2020

Event - Promosi

5 menit

Bridgestone sumbang APD demi kebutuhan tenaga medis di Provinsi Jawa Barat dalam menangani pasien yang telah terinfeksi virus corona. Diharapkan sumbangan ini dapat membantu dalam melawan penyebaran virus corona di Indonesia.

Lihat juga

Cuma Sampai 30 April 2020, Pemprov Jawa Barat Bebaskan PKB dan BBNKB!

11/03/2020

Pengemudian

5 menit

Pemprov Jawa Barat memberikan keringanan bagi pemilik kendaraan bermotor yang telat membayar pajak dan akan melakukan balik nama kendaraannya. Promo ini diberikan melalui program bertajuk "Triple Untung".

Lihat juga
 
back to top