Sadis, Toyota Yaris Cuma Dapat Bintang 1 Tes Tabrak Versi Latin NCAP

02/11/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Toyota Yaris yang dipasarkan di Amerika Latin harus rela mendapatkan rating bintang 1 dari lembaga uji tabrak Latin NCAP yang berlangsung beberapa waktu lalu.

Pengujian terbaru dari Latin New Car Assessment Programme (NCAP) mengumpulkan berbagai mobil yang dianggap kurang memperhatikan keselamatan pengendara. Salah satunya Toyota Yaris rakitan Brazil dan Thailand yang dijual di Amerika Selatan hanya mencetak rating satu bintang. Walaupun mobil ini sudah mendapatkan fitur standar dual airbag dan Electronic Stability Control (ESC).

Rating bintang 1

Latin NCAP mencatat bahwa hatchback perkotaan yang populer di seluruh dunia tersebut mendapatkan peringkat keselamatan 41% pada Penumpang Dewasa, 64% untuk Penumpang Anak, 62% untuk Perlindungan Pejalan Kaki, dan 42% dalam sistem Bantuan Keselamatan.

tabrakan samping Toyota Yaris berwarna silver
Yaris di Amerika Latin belum mendapatkan airbag samping

>>> First Drive Toyota GR Yaris 2021: Performa Hebat yang Bikin Nagih!

Berbeda dengan model yang dipasarkan di Indonesia, Yaris yang ditawarkan di Amerika Latin tidak mendapatkan standar airbag samping maupun lutut. Bahkan pintu samping terbuka selama uji benturan samping, sehingga meningkatkan risiko cedera bagi penumpang.

“Yang lebih mengejutkan dan mengecewakan adalah model bintang satu pertama Toyota, Yaris. Sangat memprihatinkan bahwa keputusan yang dibuat oleh Toyota Meksiko adalah alasan utama untuk hasil ini, tetapi terlebih lagi bertanggung jawab atas keputusan tidak menawarkan sekarang sebagai peralatan keselamatan utama standar,” ungkap Sekretaris Jenderal Latin NCAP, Alejandro Furas.

Suzuki Baleno terburuk

Menariknya Toyota Yaris bukanlah satu-satunya model yang mendapatkan rating yang buruk pada pengetesan kali ini. Hatchback lainnya dari pabrikan asal Jepang, Suzuki Baleno yang diproduksi oleh Maruti Suzuki bahkan mencatatkan bintang nol oleh Latin NCAP.

“Bintang nol Baleno adalah bagian dari kekecewaan yang berkelanjutan, setelah peringkat bintang nol (Suzuki) Swift beberapa minggu lalu. Dengan kinerja keselamatan yang buruk khususnya pada perlindungan penumpang dewasa dan anak-anak yang ditawarkan Suzuki sebagai standar untuk konsumen Amerika Latin,” komentar Furas.

uji tabrak Suzuki Baleno berwarna biru
Pintu samping Baleno terbuka ketika terjadi benturan dari samping

Berdasarkan pengujian, Baleno hanya mampu mengumpulkan skor keselamatan 20% untuk Penumpang Dewasa, 17% untuk Penumpang Anak-Anak, 64% bagi Perlindungan Pejalan Kaki, dan hanya mencatatkan skor 7% untuk sistem Bantuan Keselamatan.

Peringkat ini dikarenakan perlindungan akibat benturan di samping yang buruk serta kurangnya sistem keselamatan standar pada Baleno ini. Skor whiplash yang rendah serta tidak adanya airbag samping dan ESC adalah alasan lain di balik peringkat yang rendah ini.

>>> Simaklah informasi terbaru tentang pasar otomotif Indonesia maupun dunia di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top