Sabuk Pengaman Bermasalah, Semua Pemilik Toyota Supra Dapat Ganti Mobil Baru

04/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Sabuk Pengaman Bermasalah, Semua Pemilik Toyota Supra Dapat Ganti Mobil Baru
Toyota Supra model 2020 di Amerika Serikat harus direcall setelah perusahaan mendapat laporan masalah dari Lembaga keselamatan dan keamanan jalan raya (NHTSA).

Problem produksi tidak selalu terjadi pada mobil-mobil kelas menengah ke bawah, untuk mobil premium dengan harga mahal pun bisa terjadi masalah hingga menuntut perhatian dari pabrikan. Adalah Toyota yang baru-baru ini melakukan recall atau kampanye perbaikan untuk model sedan sport andalannya, Supra.

Foto Toyota GR Supra model 2020 tampak dari samping depan

Toyota GR Supra untuk pasar AS tersedia dalam tiga varian

Laporan dan lembaga keselamatan dan keamanan jalan raya (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA) Nomor 19V-653 tertanggal 12 September 2019 menyebutkan terjadi salah pengelasan pada dudukan sabuk pengaman yang membuat potensi kerusakan saat terjadi benturan makin besar. Dikhawatirkan jika itu benar-benar terjadi sabuk pengaman yang harusnya bisa menyelamatkan justru tidak memberi perlindungan maksimal.

>>> Mau Beli Mobil Toyota GR Supra Resmi? Ini Dia Informasi Harganya

Dokumen recall Toyota Supra 2020 di AS

Disebutkan pula kalau kampanye recall ini hanya menyasar pada 7 unit Toyota Supra model 2020 yang beredar di Amerika Serikat. Konsumen disarankan membawa mobilnya ke diler Toyota terdekat untuk dilakukan perbaikan yang dimulai pada 13 September 2019.

Meski demikian perhatian lebih serius ditunjukkan BMW. Sebagai pihak yang turut mengembangkan model Supra, BMW dikabarkan tidak hanya akan memperbaiki sabuk pengaman mobil yang direcall, tapi akan mengganti mobil tersebut dengan yang baru mengingat jumlahnya juga hanya 7 unit. Artinya konsumen bakal mendapatkan unit yang benar-benar baru, bukan mobil lamanya yang mengalami masalah.

Apakah recall ini juga terjadi di negara lain? Hingga saat ini tidak ada laporan dengan permasalahan yang sama pada Toyota Supra model 2020 untuk pasar Eropa maupun wilayah yang lain.

>>> Review Toyota Supra 2019: Legenda Toyota Tiba ke Indonesia

>>> Kumpulan berita otomotif terkini lainnya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top