Sabar, Inden Mitsubishi Xpander Sekarang Tembus 2 Bulan

20/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Diskon PPnBM 100% dari Pemerintah membuat Inden Mitsubishi Xpander semakin lama karena pesanan membludak. Pembeli harus menunggu satu hingga dua bulan.

Calon pembeli Mitsubishi Xpander harus bersabar. Mobil ini mengalami lonjakan pemesanan sangat pesat yang membuat masa tunggu semakin lama.

Menurut Tetsuhiro Tsuchida selaku Director of Sales and Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), inden Mitsubishi Xpander mencapai satu hingga dua bulan untuk warna-warna tertentu.

"Pertama-tama kami mohon maaf karena beberapa bulan terakhir customer menunggu satu sampai dua bulan untuk mendapatkan Xpander karena permintaan pasar meningkat dan intensif PPnBM pemerintah. Di sisi lain, pabrik juga kesulitan produksi karena terhalang PPKM," tutur Tsuchida dalam sesi MMKSI Virtual Interview, Rabu (18/8/2021).

Efek PPnBM

Seperti disebut Tsuchida meningkatnya pemesanan merupakan efek diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100% dari Pemerintah. Karena diskon tersebut harga Mitsubishi Xpander lebih terjangkau. Dikutip dari laman resmi MMKSI, pembeli bakal mendapatkan potongan sebesar Rp 14,22 juta hingga Rp 18,3 juta. Tergantung varian yang dipilih.

>>> Mitsubishi Optimis Xpander Tetap Jadi Penguasa Pasar Meski Tanpa PPnBM

Harga Xpander sendiri paling murah RP 237.900.000, yaitu tipe GLS M/T. Sedangkan paling mahal sebesar RP 299.500.000, yaitu tipe Cross Premium Package/AT. Harga tersebut belum dipotong diskon PPnBM.

Pimpin penjualan di tanah air

Mitsubishi Xpander tidak hanya menjadi model MMKSI paling moncer. Di level nasional mobil ini juga paling favorit. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) low MPV 7 seater ini menjadi model terlaris pada bulan Juli 2021 dengan penjualan tertinggi sebanyak 6.974 unit.

>>> 20 Mobil Terlaris Juli 2021, Xpander Ngegas Nyaris 7 Ribu Unit

Foto Mitsubishi Xpander di dealer Mitsubishi Sun Star Prima Motor Cikarang

Semakin laris, inden Mitsubishi Xpander semakin lama

Xpander unggul atas Toyota Avanza yang terjual 5.938 unit, Honda Brio yang terjual 4.361 unit, dan Suzuki Carry yang terjual 3.564 unit. Meski lebih unggul untuk penjualan bulanan, penjualan tahunan Xpander masih di bawah Toyota Avanza. Sepanjang Januari-Juli 2021 pengiriman mobil sejuta umat itu ke dealer (wholesales) telah mencapai 32.528 unit. Sementara pengiriman Mitsubishi Xpander baru mencapai 29.144 unit.

Foto menunjukkan suasana penanganan servis mobil di bengkel resmi Mitsubishi

Penjualan Mitsubishi Xpander didukung layanan purna jual yang maksimal

Apakah angka itu bisa dikejar? Masih ada beberapa bulan lagi hingga penutupan tahun. Meski diskon PPnBM 100% bakal berakhir, Tsuchida optimis penjualan akan tetap apik terbantu PPKM yang semakin longgar seiring menurunnya kasus Covid-19 di tanah air.

>>> Dapatkan harga terbaik untuk Mitsubishi Xpander pilihanmu di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top