Saat Toyota GR 86 dan Cybertruck Jadi Mobil Polisi Indonesia

18/05/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Tim desain Cintamobil.com mencoba menghadirkan tampilan desain virtual jika Toyota GR 86 dan Tesla Cybertruck digunakan sebagai mobil polisi di Indonesia.

Digimods, atau Digital Modification merupakan ajang modifikasi mobil virtual yang bisa digunakan untuk memprediksi tampilan anyar kendaraan baru. Kali ini, tim desain Cintamobil.com mencoba mereka bagaimana jika model anyar Toyota GR 86 dan Tesla Cybertruck digunakan sebagai mobil polisi di Indonesia.

Tesla Cybertruck

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah memperkenalkan Hyundai Ioniq, sedan bertenaga baterai sebagai kendaraan dinasnya. Meneruskan spirit ramah lingkungan, tak menutup kemungkinan Budi Karya siap membawa mobil listrik lain sebagai kendaraan dari Dinas Perhubungan (Dishub). Dan menurut kami, Tesla Cybertruck bisa menjadi pilihan yang menawan.

Tesla Cybertruck ketika dijadikan mobil polisi Indonesia
Begini jadinya jika Cybertruck jadi mobil patroli Dishub 

>>> Review Tesla Cybertruck 2020: Truk Revolusioner Tesla Bergaya Cyberpunk!

Tesla pernah menggemparkan dunia otomotif setelah memperkenalkan model truk futuristik bertajuk Cybertruck. Walaupun sempat mengalami kesalahan ketika mencoba kekuatan jendela anti pecah, tapi model yang siap dipasarkan ini tetap menjadi daya tarik tersendiri dari pabrikan milik Elon Musk tersebut.

Dishub memang membutuhkan kendaraan yang bisa digunakan di berbagai kondisi jalan. Senada dengan Cybertruck yang ramah lingkungan dan memiliki ground clearance yang tinggi, mencapai 400 mm. Secara desain, tak banyak ubahan dari tampilan luar mobil ini. Ada tulisan Dishub pada bumper depan, lengkap dengan lampu patrol di bagian atas mobil ini. Tak cuma dishub, Tesla Cybertruck juga tampak cocok digunakan sebagai mobil polisi di Indonesia berkat bodi gagahnya. 

>>> 20 Mobil Terlaris April 2021, Kijang Innova Asapi Xpander

Toyota GR 86

Mobil berperforma tinggi yang gesit untuk jalanan perkotaan bisa menjadi pilihan terbaik bagi kendaraan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Indonesia. Jika Kepolisian Lalu Lintas Dubai memiliki Bugatti Veyron, Lamborghini Aventador, hingga McLaren MP4-12C sebagai armada mereka, Korlantas bisa saja menggunakan edisi terbaru dari Toyota GR 86 yang baru dirilis Toyota April 2021 lalu.

Toyota GR 86 sebagai mobil polisi di Indonesia
Desain GR 86 sebagai mobil polisi dengan lambang Rastra Sewakottama

Penerus Toyota 86 ini mendapatkan platform TNGA yang baru dan mesin yang dikembangkan oleh Subaru. Dirancang untuk performa berkendara tingkat tinggi, GR 86 2021 mengusung teknologi Boxer Engine berkapasitas 2.4L, menghadirkan tenaga hingga 235 PS dan torsi maksimal 250 Nm. Disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual atau otomatis 6-percepatan.

Grille depan yang lebar memberikan asupan udara yang lebih banyak ke ruang mesin, termasuk lubang udara yang yang terpasang di kedua sisi grille depan. Pilihan warna putih dan biru khas Kepolisian Indonesia lengkap dengan lambang Rastra Sewakottama pada sisi samping mobil. Sebagai identitas, lampu patrol dipasang di bagian atap mobil ini.

>>> Dapatkan pilihan mobil Toyota baru dan bekas berkualitas hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top