Saat Satu Kasus COVID-19 Rusak Produksi Pabrikan Nomor 1 di Dunia

04/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Pandemi COVID-19 bukan hanya berdampak pada masyarakat kecil-menengah. Bahkan satu kasus COVID-19 mampu merusak produksi dari pabrikan nomor 1 di dunia.

Awal bulan lalu, sebuah pabrik yang menghubungkan Hanoi ke kota Pelabuhan Haipong, satu kasus COVID-19 ditemukan. Kasusnya bertepatan dengan tingginya penyebaran varian delta yang menyebar cepat di seluruh Asia Tenggara. Dan pada 4 Agustus, pemerintah provinsi di sana menangguhkan pekerjaan di produsen suku cadang mobil tersebut.

Persediaan komponen menipis

Dilansir dari Automotive News, hal ini mendapatkan perhatian khusus dari Chief Purchasing Group Officer Toyota Motor Corp., Kazunari Kumakura. Pabrik ini merupakan pemasok utama Toyota dan salah satu perakit wire harness terbesar di Vietnam. Disebut juga dengan kabel bodi, ini adalah komponen penting yang diperlukan untuk menyatukan bagian dalam mobil.

pabrik Toyota di Vietnam yang berhenti produksi setelah kasus COVID-19 ditemukan
Pabrik Toyota di Vietnam berhenti produksi setelah satu kasus COVID-19 ditemukan

Ketika kasus COVID-19 di fasilitas tersebut mengganggu operasi, masalah ini ternyata menciptakan riak yang lebih besar: persediaan komponen ini semakin menipis. Padahal sejak bulan Juli, produsen asal Jepang tersebut selalu memperhatikan jumlah pasokan di tempat tersebut.

Akhirnya, karena tidak dapat mengamankan sejumlah suku cadang, termasuk wire harness dari Vietnam dan chip dari Malaysia, Toyota menyerah. Pabrikan mobil nomor satu di dunia ini mengumumkan bahwa mereka akan memangkas produksi mobilnya pada bulan September sebesar 40% dibandingkan rencana produksi sebelumnya.

“Yang penting adalah apakah operasi dapat berlanjut di Asia Tenggara,” kata Kumakura dalam pidato sore hari kepada wartawan pada 19 Agustus lalu.

>>> 71 Karyawan Suzuki di Tambun Terpapar Kasus Covid-19, Produksi Diperketat

Produksi akhirnya terhenti

Namun lockdown, pertumbuhan klaster COVID-19, serta pembatasan produksi yang diberlakukan oleh pemerintah di berbagai negara, termasuk di Malaysia dan Vietnam, mengganggu alur produksi. Sehingga sebagian besar tidak dapat melanjutkan operasi.

pekerja yang sedang memproduksi mobil
Toyota dipercaya sedang mengamankan suku cadang pengganti

Toyota sekarang dihadapkan pada tantangan untuk mengamankan suku cadang pengganti dan memulihkan output tepat waktu untuk memenuhi permintaan global yang menipis terhadap ketersediaan unit kendaraan.

Dan Toyota bukanlah satu-satunya pabrikan yang terdampak akibat kasus COVID-19 yang meningkat. Tak jauh berbeda, produsen mobil terbesar di India, Maruti Suzuki India Ltd., mengatakan bahwa volume produksi kemungkinan akan turun menjadi sekitar 40% pada bulan ini. Sementara di Eropa, Renault SA berencana menghentikan pabrik perakitan di Spanyol selama 61 hari sebelum akhir tahun.

>>> Dapatkan harga mobil baru Toyota dan promo menarik hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top