Saat Otomatis Jadi Tren Dunia, Warga AS Lebih Suka BMW Transmisi Manual

30/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Saat Otomatis Jadi Tren Dunia, Warga AS Lebih Suka BMW Transmisi Manual
Saat pasar otomotif dunia terjadi pergeseran tren dari transmisi manual ke otomatis, BMW justru mengkampanyekan slogan "Terus beli manual".

Foto MItsubishi M2 Competition tampak depan

Penjualan mobil transmisi otomatis dari hari ke hari makin meningkat

Tren transmisi kendaraan roda empat di berbagai negara bergeser dari manual ke otomatis. Penjualan mobil transmisi otomatis dari hari ke hari makin meningkat.

Jika ada pasar BMW yang masih menjadikan transmisi manual sebagai impian, itu adalah pasar Amerika Serikat (AS). Dengan berbagai alasan logis, sebagian besar konsumen BMW di AS lebih memilih BMW transmisi manual ketimbang otomatis. Ini terbukti dari penjualan M2 Competition Coupé dimana lebih dari 50 persen adalah transmisi manual 6-speed. Sedangkan sisanya adalah transmisi otomatis 7-speed M Double Clutch.

>>> Kebiasaan Buruk Yang Merusak Gearbox Mobil Pada Transmisi Manual

Hal tersebut disampaikan Carsten Pries, Head of BMW M Product Management di sela-sela konferensi pers peluncuran BMW M5 Competition model 2019 di Ascari, Spanyol belum lama ini. Pries mengakui pasar AS sangat penting bagi masa depan BMW M transmisi manual. Dengan penjualan yang begitu besar cukup jadi bahan pertimbangan kuat bagi BMW untuk menghadirkan New M2 Competition Coupé transmisi manual 7-speed serta model M yang lain di masa depan.

Salah satu alasan yang diungkap Pries mengapa konsumen AS suka BMW transmisi manual adalah semangat mengemudi dan mengendalikan mobil. Seolah ada ikatan emosional yang tak terpisahkan antara pengemudi dengan mobilnya.

>>> Berbagai berita terlengkap dunia otomotif dapatkan di sini

Gambar dua unit BMW M2 Competition tampak keren menawan

Gambar BMW M2 Competition tampak dari belakang

Transmisi manual adalah semangat mengemudi dan mengendalikan mobil

Bagaimana dengan generasi berikutnya dari BMW M3 dan BMW M4?

Pries tidak berbicara banyak mengenai generasi berikutnya dari BMW M3 dan BMW M4 yang bakal hadir tahun 2019-2020 mendatang. Namun ada pesan viral dari markas model M di Garching - München, Jerman : “Keep buying manuals and we will continue to offer them.”

So, bukan tidak mungkin BMW juga bakal menghadirkan varian terbaru dari BMW M3 dan BMW M4 dengan transmisi manual kalau itu jadi bisnis yang menguntungkan. Hal itu juga berarti sebuah kabar bagus bagi penggemar BMW yang lebih suka pakai tiga pedal.

BMW M2 Competition sendiri merupakan salah satu dari sportcar di dunia yang masih menawarkan transmisi manual 6-speed. Dipadu dengan mesin 3.0-liter M TwinPower Turbo inline 6-cylinder tenaga yang dihasilkan mencapai 405 hp.

>>> Baca Review Lengkap BMW M2 2016: Coupé Mungil Bertenaga Setan

Gambar Mesin BMW M2 Competition M TwinPower Turbo

BMW M2 dibekali mesin 3.0-liter M TwinPower Turbo inline 6-cylinder

>>> Ingin membeli mobil baru? Klik d sini untuk informasi selanjutnya

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top