Saat Mobil Klasik Bertransformasi Jadi Mobil Listrik

14/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Saat Mobil Klasik Bertransformasi Jadi Mobil Listrik
Dua mobil klasik yang diproduksi 60 tahun lalu dihadirkan dengan nuansa lain oleh perusahaan teknik Lunaz Design dari Inggris. Keduanya dibekali powertrain listrik, namun tetap mempertahankan desain retro yang membuatnya jadi nyentrik.

Gara-gara mobil klasik miliknya mogok di jalanan, David Lorenz harus menepikannya di pinggir jalan sambil menunggu bengkel yang membantu memperbaiki datang. Tapi justru sebuah ide melintas, mengapa tidak diganti saja menjadi mobil listrik modern? Bukannya hal itu bakal memberikan kombinasi keindahan masa lalu namun dengan rasa berkendara masa kini.

Lorenz terinspirasi Jaguar yang telah melakukannya pada Jaguar Classic e-Type Zero serta Aston Martin yang menjadikan mobil listrik pada DB6 Volante. Karenanya Lorenz lantas mendirikan perusahaan teknik listrik Lunaz Design dengan markas terletak di Silverstone Technology Park. Mobil pertamanya yang disasar adalah Jaguar XK120 1953 dan Rolls Royce Phantom V 1961.

>>> Menolak Punah, Teknologi Elektrifikasi Menjadi Solusi Bagi Penggemar Mobil Klasik

Tampilan Rolls Royce Phantom V 1961 dari depan

Di tangan Lunaz Design Rolls Royce Phantom V 1961 jadi mobil listrik

Untuk mengkonversi menjadi mobil listrik bukan masalah bagi Lorenz. Dia menggandeng rekan-rekannya yang merupakan mantan pekerja di Aston Martin, Ferrari, Jaguar, Volkswagen, dan McLaren di bawah kepemimpinan mantan Direktur Renault F1, Jon Hilton.

Jaguar XK120 1953 dan Rolls Royce Phantom V 1961 mendapatkan paket baterai yang berbeda dengan tata letak yang berbeda pula. Yang satu diletakkan di bawah bonet. Sementara yang satunya lagi diletakkan di belakang di bawah bagasi. Jaguar XK120 1953 dibekali baterai listrik 80 kWh yang akan memberikan tenaga maksimum 380 Hp dan torsi 700 Nm. Sedangkan Phantom V 1961 dibekali baterai listrik 120 kWh, tapi outputnya belum dirilis.

Meski secara keseluruhan desain eksterior dan interiornya dipertahankan, Lunaz Design membuat peningkatan di beberapa fitur dan komponen, seperti penggunaan lampu LED dan ban modern, suspensi masa kini, sistem pengereman regeneratif, ABS, power steering, dan kontrol traksi. Ditambahkan juga fitur cruise control, port USB, pemantau kapasitas baterai, layar infotainment lengkap dengan wifi dan navigasi satelite.

>>> Ingin membeli mobil terbaru? Dapatkan daftarnya hanya di sini

Foto Jaguar XK120 1953 yang dibuat menjadi mobil listrik oleh Lunaz Design

Tampilan tetap retro, drivetrain pakai motor listrik

Harga

Dari dulu Jaguar XK120 dan Rolls Royce Phantom V tidak pernah dijual murah. Keduanya adalah mobil mewah dan berkelas pada zamannya. Begitu pula dengan edisi mobil listrik yang dibuat Lunaz Design, keduanya bakal dijual dengan harga paling rendah GBP 350.000 atau Rp 6,2 miliaran (Kurs GBP 1 = Rp 17.865).

Menyusul setelah Jaguar XK120 1953 dan Rolls Royce Phantom V 1961, mobil klasik berikutnya yang bakal 'dilistrikkan' yaitu Rolls Royce Silver Cloud 1956 dan Eleanor Mustang 1971.

>>> The Lexicon of Rolls-Royce, Cara Rolls-Royce Definisikan ‘Pakem’ Line-Up Mereka

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top