Rumor; Proyek Mobil Xiaomi Dimulai April 2021

22/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Proyek mobil Xiaomi tengah dipersiapkan, kabar yang berhembus proyek ini bakal dimulai bulan April 2021 dan dipimpin langsung oleh salah satu petinggi Xiaomi.

Produsen Smartphone asal China, Xiaomi dikabarkan tengah serius mempersiapkan proyek mobilnya. Dilansir dari media berbahasa China, 36kr, proyek tersebut bakal dimulai secepatnya dalam 1-2 bulan mendatang atau sekitar April 2021. Adapun orang yang bertanggung jawab memimpin adalah petinggi Xiaomi Wang Chuan yang saat ini menjabat sebagai Co-Founder dan Chief Strategy Officer. Dia seorang veteran dan sudah bergabung dengan Xiaomi sejak 2012.

Keseriusan Proyek Mobil Xiaomi

Keseriusan Xiaomi merambah produksi mobil tampak dari beberapa indikasi. Pertama, CEO Xiaomi Lei Jun dikabarkan bertemu dengan Li Bin, CEO Weilai Automobile yang memproduksi mobil listrik NIO pada akhir Februari 2021 lalu. Keduanya saling berkonsultasi mengenai manufaktur mobil. Menurut salah satu sumber 36kr, orang dekat Lei Jun menuturkan,

"Bulan ini atau bulan depan, Xiaomi dapat membuat proyek untuk membuat mobil." kata salah satu sumber seperti dikutip dari 36Kr, (19/3/2021)

>>> Mengintip Fitur Personal Assistant Hologram Bestune T-77

Foto menunjukkan rendering mobil Xiaomi

Xiaomi melirik industri otomotif

Indikasi kedua, Xiaomi telah melakukan kontak dengan produsen mobil Borgward Auto asal Jerman, Kaiyun Motors, dan BYD. Ketiganya diharapkan bisa menjadi mitra Xiaomi dalam hal manufaktur. Sayang, negosiasi dengan Borgward Auto terhenti. Sedangkan BYD yang berbasis di Shenzhen belum mantap mengambil keputusan. BYD sedikit khawatir tentang investasi dan pengambilan keputusan jika mereka bekerja sama.

“Xiaomi juga berpikir untuk mencari perusahaan mobil seperti BYD dan perusahaan mobil lain, tetapi mereka lebih mengkhawatirkan input sumber daya dan kemampuan pengendalian yang terakhir.” kata si sumber.

Indikasi ketiga diketahui dari tren ekspansi perusahaan teknologi komunikasi ke industri otomotif. Sebagaimana Huawei yang bersiap meluncurkan model pertamanya tahun ini, atau Apple yang proyek mobil listriknya berkembang makin positif.

“Xiaomi telah memperhatikan perkembangan di industri kendaraan listrik, dan terus mempelajari tren industri yang relevan. Xiaomi belum memulai proyek formal apapun terkait studi bisnis manufaktur kendaraan listrik.” tulis Xiaomi dalam keterangannya belum lama ini.

Sebenarnya desas desus proyek mobil Xiaomi sudah muncul sejak lama. Sejak pertama kalinya Lei Jun berkunjung ke AS pada 2013 untuk bertemu CEO Tesla Elon Musk, Lei mulai menggagas manufaktur mobil. Pada 2015 Xiaomi mengajukan daftar aplikasi paten termasuk cruise control, navigasi, mengemudi dengan bantuan dan teknologi berorientasi mobil lainnya ke Kantor Paten Nasional setempat. Pada Juni 2020 Xiaomi mendaftarkan merek dagang China dengan nama "aliansi mobil Xiaomi" dan merek dagang grafis terkait.

Apakah proyek mobil Xiaomi ini bakal jadi kenyataan? Sejauh ini masih rumor. Yang pasti proyek ini masuk dalam “Plan B” dan Xiaomi tetap akan fokus pada industri teknologi komunikasi sebagai salah produsen smartphone terbesar di dunia.

>>> Fitur Toyota Fortuner Baru ini Khusus untuk Smartphone Kekinian

Wang Chuan, calon pemimpin proyek

Foto menunjukkan kantor perusahaan Xiaomi

Xiaomi, salah satu perusahaan komunikasi terbesar di dunia

Sebagai informasi, Wang Chuan bergabung dengan Xiaomi pada tahun 2012. Secara berturut-turut dia mengelola Departemen TV, Departemen Staf Umum, memimpin Xiaomi wilayah China, dan Departemen Peralatan Utama, serta berpartisipasi dalam seluruh rantai pengembangan produk, produksi, saluran, dan penjualan.

Soal kedekatan dengan bos Lei Jun tak diragukan. Wang Chuan adalah teman lama dan telah menjadi mitra bisnis Lei Jun selama bertahun-tahun. Lei Jun bahkan memberikan dukungan penuh untuk segala ide-ide Wang Chuan. Sebelum bergabung dengan Xiaomi, Wang Chuan adalah seorang pendiri perusahaan peralatan hiburan audio visual Leishi Technology dan Dukan Technology, pendahulu dari Xiaomi Box.

Sekarang, Wang adalah opsi terkuat untuk pemimpin proyek mobil Xiaomi. Jika tidak kemungkinan besar proyek bakal dipimpin langsung oleh bos Xiaomi, Lei Jun.

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top