Kawasaki Disebut Kembangkan Ninja ZX-4R Berbasis ZX-25R

24/05/2021

Pasar mobil

2 menit

Beredar rumor jika Kawasaki sedang mengerjakan motor sport empat silinder Ninja ZX-R4 berbasis ZX-25R. Bagaimana selengkapnya?

Kawasaki dikabarkan sedang mengerjakan Ninja ZX-4R, motor sport empat silinder 400 cc berbasis ZX-25R yang saat ini ditawarkan di pasar Asia. Setelah meluncurkan Kawasaki Ninja ZX-25R an ZX-10R, beredar rumor jika Kawasaki akan menghidupkan kembali motor 400cc 4 silinder.

ZX-25R Dianggap Tak Masuk Akal

Ninja ZX-25R

Tampak samping Kawasaki Ninja ZX-25R

Sebenarnya kehadiran ZX-25R ini terungkap satu setengah tahun lalu, tetapi jadi lebih lama karena kondisi pandemi. Ninja seperempat liter ini diciptakan untuk pasar Indonesia dan Jepang. Dengan sebagian besar motor di kelasnya yang ditenagai oleh Singles dan Twins, ZX-25R empat silinder langsung menonjol dibandingkan lainnya.

Namun, bagaimanapun ZX-25R dirasa tidak masuk akal dan kemungkinan terlalu mahal untuk ukurannya. Namun, versi 400 cc akan lebih cocok dan dapat dijual dengan harga yang sesuai dengan ekspektasi pasar. Dan hal itulah yang membuat rumor minggu ini mengenai ZX-4R dari ZX-25R begitu menarik.

>>> Budget Avanza Dapat Innova, Yuk Lirik Toyota Kijang Innova J

Kawasaki Sudah Mengajukan Paten

Paten Ninja ZX-4R

Paten yang diajukan Kawasaki dan diduga kuat sebagai Ninja ZX-4R

Dikutip dari laman Motorcycle.com, Young Machine sebuah publikasi Jepang yang terkenal dengan rendering sepeda motornya memposting spekulatif yang membahas mengenai ZX-4R. Namun, Motorcycle memiliki butir dalam bentuk paten Kawasaki yang menegaskan bahwa perusahaan tersebut telah mengerjakan ZX-4R.

Fokus paten ada pada desain fairing dengan saluran terintegrasi untuk mengarahkan udara di sekitar radiator dan pipa header yang langsung ke mesin itu sendiri. Menurut sketsa, pendingin udara tambahan ini diperlukan karena sifat mesin yang berputar tinggi. ZX-25R khususnya memiliki redline tinggi 17.000 rpm sehingga saluran tersebut akan membantu menyediakan lebih banyak pendinginan tanpa harus memperbesar radiator.

Sementara hubungan antara paten dan ZX-25R terlihat jelas, sebuah teks secara langsung menghubungkan ke ZX-4R, mengatakan penemuan ini dapat lebih disukai dan diterapkan pada kendaraan yang memiliki mesin 400 cc empat silinder.

Versi 250 cc tidak disebutkan dalam paten, jadi ini memberi tahu kami bahwa fairing ZX-25R pada awalnya dirancang dengan model 400 cc tetapi disesuaikan dengan model 250 cc. Namun, masih harus dilihat apakah Kawasaki akan melanjutkan dengan ZX-4R atau akan tetap menggunakan ZX-25R untuk pasar Asia. Model yang lebih besar akan lebih cocok untuk pasar Eropa dan Amerika Utara.

>>> Baca berita artikel terbaru tentang otomotif hanya di Cintamobil.com

Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top