Ruas Tol Serpong-Pamulang Selesai 100%, Siap Dioperasikan

28/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ruas Tol Serpong-Pamulang Selesai 100%, Siap Dioperasikan
Pekerjaan konstruksi ruas tol Serpong-Pamulang atau Seksi 1 jalan Tol Cinere-Serpong sudah selesai 100 persen dan siap dioperasikan dalam waktu dekat.

Dua seksi jalan Tol Serpong-Cinere dalam tahap penyelesaian, baik untuk pembebasan lahan maupun untuk pekerjaan konstruksinya. Bahkan salah satu dari ruasnya, yaitu ruas Tol Serpong-Pamulang sudah selesai 100 persen dan segera dioperasikan dalam waktu dekat.

Target operasional awal TW II 2021

Dalam rilisnya dilaman Jasa Marga, (26/2/2021) PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) menyebut, secara keseluruhan hingga 23 Februari 2021 progres tol tersebut telah mencapai 93,93% untuk pekerjaan konstruksinya dan 98,72 untuk pembebasan lahannya.

“Untuk masing-masing seksi sendiri yaitu, untuk Seksi 1 Serpong-Pamulang pembebasan lahannya telah mencapai 99,21% dan progres konstruksinya telah rampung 100%, sisa pembebasan lahan saat ini kami kejar untuk pekerjaan jalan samping atau frontage road. Sementara itu, Seksi 2 Pamulang-Cinere pembebasan lahannya telah mencapai 97,35% dan progress konstruksi mencapai 78,904%," jelas Direktur Utama PT CSJ Ayu Widya Kiswari.

>>> Target Diundur, Jalan Tol Serpong-Cinere Beroperasi Tahun 2021

Foto Jalan Tol Serpong-Cinere

Ruas Tol Serpong-Pamulang siap dioperasikan

Dengan pencapaian tersebut, ruas Tol Serpong-Pamulang dalam kondisi siap. Targetnya pada awal Triwulan (TW) II 2021 atau sekitar bulan April-Mei Tol Serpong-Pamulang bisa dioperasikan. Untuk tahap berikutnya saat ini tengah dilakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait uji laik dan fungsi. Bila lulus akan segera beroperasi, bila tidak akan dilakukan evaluasi.

“Bila lulus uji laik dan fungsi, jalan tol ini baru akan beroperasi. Seksi 1 Serpong-Pamulang akan terhubung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu. Kami juga terus mengebut penyelesaian pekerjaan untuk Seksi 2 Pamulang-Cinere,” papar Ayu.

Tol Serpong-Cinere

Jalan Tol Serpong-Cinere adalah bagian dari jaringan jalan tol lingkar luar Jakarta II atau Jakarta Outer Ring Road II (JORR II). Panjangnya 10,14 Km dan terbagi menjadi 2 seksi yaitu Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,59 Km dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 Km.

Ruas Jalan Tol Serpong-Cinere melintasi wilayah Serpong (Jombang), Serua, Ciputat, Pamulang, dan Pondok Cabe/Cinere. Tol ini juga memiliki 1 junction yang terhubung dengan ruas Jakarta-Serpong dan Serpong-Kunciran serta 1 interchange yang terhubung dengan Jalan Nasional RE Martadinata.

Secara keseluruhan Tol Serpong-Cinere dilengkapi dengan 4 Gerbang Tol (GT), yakni GT Pamulang, GT Serpong 5, GT Serpong 6, dan GT Serpong 7. Kelak jika jalan tol sudah beroperasi secara penuh tol ini akan menjadi alternatif lain bagi masyarakat yang ini ke Bandara Soekarno-Hatta serta warga dari Tangerang yang menuju Jakarta (via Tol Serpong-Kunciran).

>>> Tinggal di Tangerang, temukan mobil impianmu di sini!

Foto sebuah mobil melintas di Gerbang Tol Serpong 7

Banyak jalan tol, akses ke Bandara Soekarno-Hatta semakin mudah

>>> Simak berita otomotif lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top