Ruas Jantho-Indrapuri Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Dibuka Gratis

10/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Kabar baik untuk warga Aceh, Seksi 3 jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Jantho-Indrapuri) resmi dibuka secara gratis mulai hari ini, Rabu, 10 Maret 2021 jam 06.00 WIB.

Menyusul selesainya pekerjaan konstruksi, per hari ini 10 Maret 2021 Seksi 3 jalan Tol Sigli-Banda Aceh atau ruas Jantho-Indrapuri resmi dibuka secara gratis. Pengumuman tersebut diunggah Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) di akun IG resminya @bpjt_info.

Disampaikan juga, meskipun gratis pengendara tetap wajib menggunakan kartu uang elektronik agar portal gardu tol bisa dibuka dan kendaraan bisa lewat.

“Terhitung tanggal 10 Maret 2021 Pukul 06.00 WIB Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 3 Ruas Jantho-Indrapuri resmi dioperasikan & masih belum bertarif.  Namun, saat berada di gerbang tol pengendara tetap wajib melakukan tapping menggunakan kartu uang elektronik agar bisa tetap melintas dalam melanjutkan perjalanan.” tulis BPJT.

Foto Gerbang Tol Jantho jalan tol Sigli-Banda Aceh

Ruas Jantho-Indrapuri dibuka gratis

Tarif Tol

Masa operasional gratis di atas akan menjadi sosialisasi penggunaan uang elektronik (UE) sebagai alat pembayaran resmi di jalan tol. Adapun tarif resmi bakal dikenakan setelah masa sosialisasi selesai dan menunggu hasil evaluasi dari Pemerintah. Perkiraannya pada Jumat (26/3/2021) tarif bakal diberlakukan.

"Setelah itu kami akan menunggu evaluasi dari Kementerian PUPR mengenai pemberlakuan tarifnya secara resmi. Meski belum dikenakan tarif, pengguna jalan tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik untuk dapat melintas di ruas tol ini dan kami tegaskan kembali bahwa satu kartu hanya dapat digunakan untuk satu kendaraan,” kata Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro.

>>> Tips Menggunakan Uang Elektronik di Jalan Tol Tanpa Ribet

Berikut ini bocoran tarifnya, berdasarkan SK Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengenai Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Sigli-Banda Aceh segmen Jantho-Indrapuri-Blang Bintang tersebut.

Ruas Jantho-Indrapuri

Golongan I Rp 19.000
Golongan II Rp 28.500
Golongan III Rp 28.500
Golongan IV Rp 38.000
Golongan V Rp 38.000

Ruas Jantho-Blang Bintang

Golongan I Rp 35.000
Golongan II Rp 52.500
Golongan III Rp 52.500
Golongan IV Rp 70.500
Golongan V Rp 70.500

Jalan Tol Sigli-Banda Aceh

Tol pertama di Provinsi Aceh ini merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Kota Sigli hingga Banda Aceh dengan panjang 74 km. Proses pembangunan dilakukan PT Hutama Karya mulai pada akhir 2018 / awal 2019, dan terbagi menjadi 6 Seksi.

  • Seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum (24,3 km)
  • Seksi 2 Seulimeum-Jantho (7,6 km)
  • Seksi 3 Jantho-Indrapuri (16 km)
  • Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (13,5 km)
  • Seksi 5 Blang Bintang-Kuta Baro (7,7 km)
  • Seksi 6 Kuta Baro-Baitussalam (5 km)

Terdapat 1 ramp dan 4 Simpang Susun (SS) untuk mengakses jalan tol, yaitu Ramp Lambada Lhok, Simpang Susun Blang Bintang, Simpang Susun Indrapuri, Simpang Susun Kota Jantho, dan Simpang Susun Seulimeum.

Dengan selesainya konstruksi Seksi 3 total progres jalan tol pertama di Provinsi Aceh ini secara keseluruhan tercapai 69,04 persen. Selanjutnya yang akan menyusul adalah Seksi 5 Blang Bintang-Kuta Baro (7,7 km) dan Seksi 6 Kuta Baro-Baitussalam (5 km). Keduanya ditargetkan selesai pada pertengahan 2021.

Untuk ruas yang lain yang sudah beroperasi adalah Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang). Ruas ini diresmikan Presiden Joko Widodo pada Selasa, 25 Agustus 2020 dan mulai berbayar pada 12 November 2020 dengan tarif termahal hanya Rp 32.000.

>>>  Jalan Tol Pertama di Provinsi Aceh Akhirnya Diresmikan

Foto Simpang Susun Indrapuri Tol Sigli-Banda Aceh

Provinsi Aceh akhirnya punya jalan tol

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top