Robot Tidak Akan Sepenuhnya Gantikan Manusia dalam Produksi Mobil

26/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Robot Tidak Akan Sepenuhnya Gantikan Manusia dalam Produksi Mobil
Ford mengatakan akan selalu membutuhkan orang untuk produksi mobil, bukan hanya robot. Oleh sebab itu Sumber Daya Manusia akan selalu dibutuhkan.

Semakin banyaknya robot yang digunakan untuk melakukan produksi mobil mulai dari memasang komponen hingga melakukan pekerjaan cat. Hal ini membuat banyak kekhawatiran bahwa suatu hari nanti tidak akan ada orang yang hadir di pabrik perakitan sama sekali. Tapi itu tampaknya tidak akan terjadi untuk Ford.

>>> Ford Hanya Tawarkan Mondeo Hybrid untuk Pasar Eropa

Gambar menunjukan pekerja Pabrik ford

Pekerja di pabrik Ford

Ford Membutuhkan Sumber Daya Manusia

Dalam wawancara baru-baru ini dengan Ford Authority, kepala bagian manufaktur dan urusan ketenagakerjaan Ford, Gary Johnson menyatakan bahwa, meskipun mereka ingin meningkatkan aspek keselamatan dari proses perakitan dan meningkatkan kualitas, Ford akan selalu membutuhkan manusia.

“Saya pikir kita akan selalu membutuhkan sentuhan manusia, dengan manusia masuk ke dalam kendaraan dan melakukan hal-hal tertentu,” kata Gary Johnson, kepala bagian produksi dan urusan tenaga kerja Ford kepada Ford Authority dalam sebuah wawancara baru-baru ini. “Kami jelas ingin meningkatkan aspek keselamatan proses perakitan dan meningkatkan kualitas, tetapi kami akan selalu membutuhkan orang.” tutupnya.

Proses perakitan Ford tentu saja merupakan bagian penting dari sejarahnya. Henry Ford pendiri perusahaan hadirkan jalur perakitan pertama yang digunakan untuk produksi massal mobil pada tahun 1913. Inovasi tunggal itu mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan pembuat mobil untuk merakit kendaraan dari 12 jam lebih menjadi hanya satu jam 33 menit. Ini juga secara drastis memotong biaya produksi Ford, yang pada gilirannya memungkinkannya menurunkan harga Model T.

>>> Begini Cara Ikut Lelang Mobil Online Bagi Pemula

Gambar menunjukan Anjing berbentuk robot

Ford menyewa dua robot berbentuk seekor anjing yang dijuluki Fluffy

Ada 2 Robot Anjing Jadi 'Pekerja' di Pabrik Ford

Pabrikan otomotif memang telah menggunakan teknologi robotik untuk produksi mobil selama bertahun-tahun. Jika umumnya teknologi robotik ini dipergunakan untuk panel pengelasan ketika memproduksi mobil. Teknologi robotik Ford di pabrik Transmisi Van Dyke, Michigan, AS tampak berbeda hadir dalam bentuk seekor anjing.

Robot mirip anjing berkaki empat bernama Fluffy dan Spot ini dapat duduk, berjabat tangan, dan berguling. Tak hanya itu saja, robot ini juga dapat melakukan pemindaian kamera 360 derajat hingga menaiki tangga selama berjam-jam pada suatu waktu. Fluffy merupakan bagian dari program uji coba manufaktur Ford yang dirancang untuk menghemat waktu, mengurangi biaya, dan meningkatkan efisiensi.

Robot berwarna kuning cerah dan sangat mudah dikenali ini sedang diujicobakan oleh Ford di Pabrik Transmisi Van Dyke. Dilengkapi dengan lima kamera, robot dapat melakukan berjalan hingga 3 mph selama hampir dua jam dan akan digunakan untuk memperbarui desain pabrik.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top