Riset JD Power, 3 Produsen Mobil Ini Paling Memuaskan Konsumen

29/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Riset JD Power, 3 Produsen Mobil Ini Paling Memuaskan Konsumen
Survei dilakukan JD Power untuk mengetahui siapa produsen mobil paling memuaskan konsumen di Amerika Serikat dan jarang bermasalah. Hasilnya 3 produsen mobil kelas dunia ini sukses mengalahkan yang lain, bahkan juga mengalahkan produsen mobil dalam negeri.

Membicarakan pabrikan mobil di Amerika yang langsung terbersit di kepala adalah Ford, General Motors atau produsen mobil listrik Tesla yang sekarang lagi bahagia dengan Model 3-nya. Maklum mereka-mereka adalah pabrikan besar yang cakarnya begitu kuat di masyarakat. Tapi berbicara soal siapa produsen mobil paling memuaskan konsumen, jawabannya cukup mengagetkan.

Dari puluhan merek mobil yang dijual di Amerika Serikat dan disurvei oleh JD Power, Genesis, KIA, dan Hyundai menduduki peringkat teratas di kategori Initial Quality Study (IQS). Ketiganya produsen mobil Korea Selatan yang berada dalam satu naungan Hyundai Motor Group tersebut memperoleh nilai terbaik dibanding produsen lainnya dari Eropa, Asia hingga Amerika sendiri.

Foto menunjukkan petinggi Genesis menerima penghargaan JD Power

Genesis jadi merek paling memuaskan konsumen

Survei dilakukan dengan sampel 100 mobil baru dari merek yang berbeda selama 90 hari kepemilikan dan dinilai berdasarkan permasalahan paling sedikit. Hasilnya, Genesis mendapatkan nilai tertinggi sebanyak 63 PP100 (Problem per 100 Vehicle), disusul KIA sebanyak 70 PP100 dan Hyundai sebanyak 71 PP100. Minimnya permasalahan pada ketiga merek tersebut dikarenakan adanya peningkatan yang lebih baik dalam fitur infotainment dan komponen elektronik yang lain. Hasil itu juga menunjukkan makin seriusnya tiga merek Korea tersebut dalam mengutamakan kepuasan konsumen.

Model Hyundai Motor Group yang menempati peringkat tertinggi di segmennya masing-masing adalah Genesis G70; Hyundai Santa Fe; Kia Forte; Kia Rio; Kia Sedona; dan Kia Sportage.

Bagaimana dengan merek lokal? Secara keseluruhan merek lokal juga meningkat lebih baik karena masih berada di atas batas problem ditolelir, 93 PP100. Ford mendapatkan skor 83 PP100, Lincoln 84 PP100, Chevrolet 85 PP100, Dodge 90 PP100 dan Buick 92 PP100.

>>> Tiga Fitur Penting Dalam Hyundai Grand Santa Fe

Penghargaan JD Power untuk Hyundai Santa Fe sebagai medium SUV paling memuaskan

Kualitas Hyundai Santa Fe mendapat pengakuan dari konsumen di Amerika

Untuk model merek lokal yang menempati peringkat tertinggi di segmennya adalah Cadillac Escalade; Chevrolet Equinox; Chevrolet Malibu; Chevrolet Silverado HD; dan Chevrolet Tahoe, semuanya dari General Motors. Lalu ada Fusion dan Ranger, keduanya buatan Ford Motor.

Berbeda dengan produsen mobil Korea Selatan dan merek domestik (GM dan Ford) serta merek Jepang terkemuka (Nissan dan Toyota), produsen mobil Eropa tak ada satu pun yang berada di batas aman. Mereka, termasuk Mercedes Benz dan BMW berada di bawah rata-rata 93 PP100. Mercedes memperoleh skor 94 PP100, sedangkan BMW lebih rendah lagi dengan skor 102 PP100. Artinya dari 100 mobil baru yang disurvei selama 90 hari, semuanya mengalami permasalahan.

>>> Tertarik membeli mobil BMW, Cek harganya di sini!

Gambar menunjukkan grafik Peringkat Merek Mobil Paling Memuaskan di Amerika

Grafik merek mobil paling berkualitas di Amerika menurut penilaian konsumen

Sebagai catatan, dalam beberapa tahun terakhir kualitas mobil di dunia mengalami peningkatan cukup pesat, baik dari sisi sistem mekanis maupun fitur kenyamanan dan keselamatan. JD Power melaporkan sebagian besar produsen mobil mampu meminimalisir terjadinya masalah pada sistem infotainment. Namun di sisi lain ada peningkatan permasalahan untuk hal lain seperti rem, suspensi, mesin dan masalah mekanis yang lain.

Semua pabrikan memiliki upaya untuk terus melakukan perbaikan dan Hyundai Motor Group sukses menjadi yang tercepat, paling inovatif dan paling kreatif dalam menangani permasalahan yang ada. Luar biasa Hyundai!

>>> Review Hyundai Grand Santa Fe 2019: Semakin Canggih Dan Aman

>>> Simak berita mobil lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Harga Mobil Hyundai Getz Bekas

11/06/2019

Jual beli

4 menit

Dari banyak pilihan mobil, Hyundai Getz menjadi salah satu sosok yang paling dicari oleh masyarakat. Apa alasannya? Jujur saja, banyak orang terpukau akan desainnya yang memikat bak mobil Eropa. Belum lagi, fiturnya yang cukup lengkap serta dibanderol dengan harga terjangkau, menjadi alasan utama mengapa orang banyak mencari Hyundai Getz. Penasaran? Ini dia harga mobil Hyundai Getz bekas.

Lihat juga

Pilihan Mobil Bisnis Travel: Toyota Hiace 2017 vs Hyundai Starex Mover 2017

28/05/2019

Jual beli

5 menit

Bagi Anda pengusaha travel yang sedang mencari armada baru, kami memiliki dua pilihan mobil untuk bisnis Anda, Toyota Hiace 2017 dan Hyundai Starex Mover 2017. Mana yang lebih baik?

Lihat juga

Sebelum Mudik, Pemilik Hyundai Yuk Cek 15 Komponen Ini Gratis Pakai Program Hyundai Siaga 2019

Bagi pemilik mobil Hyundai yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran, sebaiknya manfaatkan promo fasilitas Hyundai Siaga 2019. Karena ada penawaran pemeriksaan 15 komponen kendaraan secara gratis.

Lihat juga

Didukung Kebijakan Baru, HMI Kepikiran Jual Sedan Paling Mewah Hyundai Genesis

17/07/2018

Pasar mobil

PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) sedang berangan-angan menjual sedan paling mewah Hyundai Genesis di Indonesia. Seperti apa prospeknya?

Lihat juga

Genesis Menjadi Pilihan Top Model Teratas Consumer Reports

17/03/2018

Pasar mobil

Toyota sepertinya tidak hanya mampu menguasai pasar Asia, tapi juga dunia. Hal ini bisa dilihat dari produk Toyota yang menduduki empat dari sepuluh kendaraan papan atas pada survey yang dilakukan oleh Consumer Report awal tahun ini.

Lihat juga
 
back to top