Rimac Automobili Jadi Akuisisi Bugatti? Ini Jawaban Volkswagen Group

19/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Kabar Rimac Automobili akan membeli Bugatti telah bergulir sejak kuartal ketiga tahun lalu. Lalu bagaimana perkembangannya saat ini?

Pabrikan hypercar asal Kroasia, Rimac Automobili sedang menjajaki beberapa opsi untuk masa depannya. Termasuk untuk segera go public dan mengakuisisi Bugatti.

>>> Hypercar Rimac C_Two Seharga Rp 30 Miliar Dirusak untuk Uji Tabrak

Menjual Bugatti ke Rimac Isu Tidak Benar

Menurut laporan Reuters Rimac mengincar penawaran sahamnya untuk umum perdananya dengan nilai sekitar 5 miliar euro (RM24,68 miliar) pada tahun 2022 mendatang. Selain itu Rimac juga akan segera mengambil alih Bugatti, yang akan dibawa ke dalam usaha patungan dengan Porsche yang juga telah memiliki 24% sahamnya di Rimac. Rimac akan memegang 55% sahamnya dI Bugatti dan Porsche 45% sisanya.

CEO Porsche Oliver Blume awal tahun ini sendiri mengatakan tengah diskusi intens tentang masa depan Bugatti dan Rimac menjadi kandidat yang serius karena merek tersebut memiliki kesesuaian teknologi yang baik. CEO VW Group induk dari Bugatti Herbert Diess telah mengindikasikan bahwa ini tidak akan menjadi penjualan langsung.

Gambar menunjukan Hypercar

Tampilan hypercar Rimac C_Two

“Menjual Bugatti ke Rimac Automobili tidak benar. Porsche saat ini sedang mempersiapkan kemitraan yang akan didiskusikan dengan Rimac, dan Porsche akan mengurusnya. Semuanya belum final. Apa yang ingin kami lakukan adalah mengalihkan tanggung jawab Bugatti ke Porsche, dan Porsche kemungkinan besar akan membentuk usaha patungan dengan Rimac, dengan porsi minoritas Porsche,” kata Herbert Diess.

Keputusan untuk membuat Rimac dan Porsche mengambil alih Bugatti menurut Diess adalah langkah yang  tepat. Sekaligus membuat Bugatti masih bagian dari  VW Group.

>>> Nico Rosberg Jadi Orang Pertama yang Jajal Rimac Concept Two di Jalan Raya

Rimac Nevera Bertenaga 1.914 daya kuda

Rimac Automobili awal bulan in telah memperkenalkan Rimac Nevera 2021. Hypercar bertenaga listrik ini merupakan versi produksi dari konsep hypercar Rimac C_Two yang diperkenalkan sejak 2019 silam. Rimac Nevera telah dibekali dengan empat motor elektrik yang dapat mengeluarkan daya yang diklaim mencapai 1.914 tenaga kuda dan torsi 2.360 Nm.

Gambar menunjukan Rimac Nevarra

Tampilan Rimac Nevera

Sementara itu untuk akselerasi dari 0-96 km/jam diklaim dapat ditempuh hanya dalam waktu 1,85 detik dan mampu berlari hingga 412 km/jam. Rimac Nevera diproduksi terbatas hanya 150 unit di dunia dan dijual dengan harga 2 juta euro atau sekitar Rp 34,9 miliar. Setiap pembelian Rimac Nevera dikatakan akan ditandatangani langsung oleh pendiri dan CEO perusahaan Mate Rimac.

>>> Mitos-mitos Ban yang Perlu Anda Ketahui

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top