Rilis Tahun 2025, Harga Mobil Listrik Suzuki Menggoda

22/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Mobil listrik Suzuki bakal diluncurkan di India tahun fiskal 2025 dengan desain kompak. Harganya sangat menggoda karena konon dapat subsidi dari pemerintah.

Suzuki sedikit terlambat dalam urusan elektrifikasi kendaraan bermotor-nya. Namun demikian hal itu sepertinya tak akan berlangsung lebih lama. Kabar terbaru melaporkan mobil listrik Suzuki tengah dipersiapkan dan bakal segera diluncurkan sebagai produk massal.

Meluncur tahun 2025

Dikutip dari Nikkei Asia, (19/7/2021), mobil listrik pertama Suzuki ini bakal meluncur pada tahun fiskal 2025 di India. Setelah itu baru diluncurkan di Jepang dan Eropa.

Tidak ada penjelasan lebih lanjut soal detail waktu, namun diyakini bakal menggoda karena harganya yang sangat terjangkau. Mobil ini dilepas dengan harga mulai 1,5 juta yen atau setara Rp 197,5 jutaan setelah memperhitungkan subsidi dari Pemerintah setempat.

Foto menunjukkan Suzuki S Presso Concept

Suzuki siapkan mobil listrik berharga murah

Dengan masuknya mobil listrik Suzuki, praktis 5 pabrikan besar Jepang telah memiliki line up nya masing-masing. Sebelumnya Toyota, Nissan, Mitsubishi, dan Honda sudah memulainya lebih dulu dalam pengembangan mobil listrik untuk pasar India. Subaru juga turut serta, namun bergabung dengan Toyota sebagai mitra aliansi.

>>> Wagon R EV, Kendaraan Listrik Pertama Maruti Suzuki Siap Tempur

Potensi pasar mobil listrik India

India menjadi pasar mobil terbesar kelima di dunia dengan penjualan tidak kurang dari 3 juta unit setiap tahun. Namun untuk segmen mobil listrik perkembangannya sangat lambat. Di sisi lain, pemerintah menargetkan 30% mobil baru yang dijual di India pada 2030 adalah mobil listrik.

Karenanya sebagai dukungan Pemerintah India menawarkan insentif yang cukup besar kepada pembeli mobil listrik. Nilainya mencapai 100 miliar Rupee atau sekitar Rp 20 triliun untuk tiga periode, dimulai dari 2019.

Sedianya tahun 2021 ini pemberian insentif berakhir, namun tidak jadi. Pada Juni 2021 lalu Pemerintah India memutuskan memperpanjang hingga dua tahun lagi. Artinya, masih besar kesempatan warga mendapatkan harga lebih murah jika berkenan membeli mobil listrik, apapun mereknya.

>>> Siap-siap, Suzuki SX-4 S Cross Terbaru Bakal Meluncur Tahun Depan

Foto menunjukkan mobil listrik Suzuki Karimun Wagon R EV

Diperkenalkan sejak 2018, Suzuki Karimun Wagon R belum juga diluncurkan

Suzuki sendiri hingga saat ini masih menjadi merek paling favorit di India dengan pangsa pasar mencapai 50%. Dengan adanya model mobil listrik Suzuki berharap pasarnya bisa lebih meningkat. Terutama karena produk yang ditawarkan setara dengan model-model konvensional.

Sebagai bagian rencana pengembangan Suzuki bakal menambah investasi sebesar 1 miliar USD atau setara Rp 130 triliun pada 2026. Dana tersebut bakal dialokasikan untuk riset dan pengembangan serta membangun sejumlah infrastruktur.

>>> Temukan mobil Suzuki impianmu di sini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top