Ridwan Kamil: Daerah Berhak Melarang Kedatangan Pemudik

09/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ridwan Kamil: Daerah Berhak Melarang Kedatangan Pemudik
Meski ada kelonggaran buat angkutan umum untuk bisa beroperasional, Gubernur Jabar Ridwan Kamil secara tegas tetap melarang kedatangan pemudik ke wilayah Jawa Barat.

Larangan angkutan umum beroperasi selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengangkut penumpang dilonggarkan. Kementerian Perhubungan telah mengizinkan angkutan umum beroperasi lagi mulai Kamis, 7 Mei 2020. Salah satu alasannya agar sektor ekonomi tidak benar-benar mati. Dan penerapan kelonggaran ini dengan syarat-syarat yang sangat ketat, terutama harus mengikuti protokol kesehatan.

Foto menunjukkan angkutan umum Jakarta

Angkutan umum diperbolehkan beroperasi lagi

Kedatangan pemudik tetap dilarang

Terkait keputusan tersebut, Gubernur Jawa Barat menegaskan meski ada kelonggaran untuk beroperasi bagi angkutan umum, pihaknya tetap mengacu pada kebijakan larangan mudik yang telah ditetapkan sebelumnya. Artinya, pihaknya tetap melarang kedatangan pemudik dari wilayah lain ke wilayah Jawa Barat, atau yang hanya melintas di wilayah Jawa Barat mengingat wilayah Jawa Barat kini memberlakukan PSBB seluruh provinsi.

"Ada pengecualian. Kalau masuk zona PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), diperaturannya, maka zona PSBB gugus tugas boleh memperbolehkan (lewat) atau melarang. Implementasi itu karena harus disesuaikan dengan darurat kesehatan," tutur Gubernur Jabar, Ridwan Kamil di Gedung Pakuan Bandung, (8/5/2020).

Melalui titik-titik penyekatan, kendaraan luar daerah yang melintas bakal diperiksa maksimal untuk memastikan tidak ada pemudik. Hanya kendaraan jenis tertentu yang boleh melintas dan melanjutkan perjalanan. Sementara kalau ketahuan membawa pemudik diarahkan untuk putar balik ke daerah asal. Itu akan terus dilakukan selama pandemi COVID-19 belum berakhir.

"Kami ingin memastikan pergerakan manusia tidak melebihi 30 persen. Kuncinya itu saja. Kemudian Peraturan Menteri Perhubungan itu melarang mudik. Saya sampaikan lagi, yang namanya mudik itu dilarang," ujar RK.

>>> Tips Bekerja Nyaman Saat #DiRumahAja Tanpa Berkendara

Foto menunjukkan jalanan di kota Cirebon ditutup karena PSBB

PSBB Jawa Barat diperluas hingga satu provinsi

Hanya beroperasi lokal

Sementara itu Menhub maupun Dinas Perhubungan DKI Jakarta turut menegaskan kalau kelonggaran angkutan umum beroperasi lagi hanya untuk wilayah lokal. Sedangkan untuk angkutan umum luar kota seperti bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan yang sejenisnya masih dilarang beroperasi, baik membawa pemudik maupun non pemudik.

Terkecuali untuk orang-orang dengan kriteria tertentu, angkutan umum boleh membawa mereka keluar kota.

  • Pertama; Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pekerja swasta yang hendak melakukan kegiatan yang dikecualikan dalam PSBB, seperti pelayanan percepatan penanganan Covid-19, pelayanan pertahanan, keamanan dan ketertiban umum, pelayanan kesehatan, kebutuhan dasar, pelayanan pendukung layanan dasar, dan pelayanan fungsi ekonomi penting.
  • Kedua; Perjalanan pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat atau perjalanan orang yang anggota keluarga intinya (orang tua, suami-istri, anak, saudara kandung) sakit keras atau meninggal dunia
  • Ketiga; Repatriasi Pekerja Migran Indonesia (PMI), Warga Negara Indonesia, dan pelajar/mahasiswa yang berada di luar negeri, serta pemulangan orang dengan alasan khusus oleh Pemerintah sampai ke daerah asal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Jadi sekali lagi, meski angkutan umum kembali diperbolehkan beroperasi, kedatangan pemudik di wilayah lain tetap dilarang. "Tak ada mudik dan pulang kampung, tapi kalau bekerja boleh," ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat virtual dengan Komisi V DPR, Rabu (6/5/2020).

>>> Ini Syarat yang Boleh Pergi ke Luar Daerah di Tengah Larangan Mudik

Foto menunjukkan Travel bawa pemudik diperiksa polisi

Pemeriksaan tetap berlangsung ketat mengantisipasi kedatangan pemudik dari perantauan

>>> Berita menarik lainnya seputar mudik Lebaran ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Antsipasi Pemudik Bandel, Penjagaan Jalur Tikus Diperketat

08/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Polisi memperketat penjagaan di jalur tikus untuk mengantisipasi para perantau bandel yang tetap nekat mudik di tengah larangan mudik oleh pemerintah.

Lihat juga

Modus Baru Penyelundupan Pemudik, Sembunyi di Truk Molen dan Bagasi Mobil

07/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Masih ada saja berbagai modus baru yang dilakukan masyarakat dalam upaya penyelundupan pemudik. Tujuannya tentu demi lolos dari penjagaan petugas dan sampai ke kampung halaman.

Lihat juga

Beragam Modus Penyelundupan Pemudik, dari Truk Kerupuk sampai Mobil Towing

04/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Ada beragam cara penyelundupan pemudik yang dilakukan sejumlah oknum. Mulai dari menyembunyikan pemudik di balik bak muatan barang, mengangkut mobil ke atas truk, hingga menggunakan mobil towing yang disii pemudik.

Lihat juga
 
back to top