Pakai Tenaga Surya, Mobil Listrik Lightyear One Nggak Ribet Cari Colokan!

23/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Perusahaan rintisan asal Belanda, Lightyear sedang mengembangkan mobil listrik bertenaga surya, Lightyear One.Mereka bekerjasama dengan Valmet Automotive.

Diperkenalkan pada tahun 2019, Lightyear One akan memasuki tahap pra-produksi pada Januari 2022. Selanjutnya, mobil listrik bertenaga surya ini akan diproduksi secara massal pada musim panas di tahun yang sama.

Lightyear akan menggandeng perusahaan otomotif asal Finlandia, Valmet Automotive yang sudah berpengalaman untuk mengembangkan mobil listrik. Valmet sendiri merupakan produsen dari Fisker Karma, mobil plug-in hybrid mewah pertama di dunia.

Gambar Lightyear One

Mobil ini dapat menempuh jarak 724 km dengan bantuan sinar matahari

Pengetesan Menunjukkan Hasil Positif

Saat ini, Lightyear One sedang dalam proses pengetesan prototipe. Dalam beberapa bulan ke depan, mobil listrik revolusioner ini akan melakukan pengetesan performa, optimisasi, serta homologasi.

>>> [INFOGRAFIK] 7 Perbedaan Mobil Balap Formula 1 2022 dengan 2021

Lightyear One dibekali empat motor elektrik yang menggerakkan empat roda secara independen dari baterai berkapasitas 60 kWh. Sejak awal, Lightyear menjanjikan jangkauan 724 kilometer dalam sekali pengisian daya.

Prototipe terakhir dari Solar Energy Vehicle (SEV) Lightyear One baru-baru ini memberikan hasil positif dalam pengetesan jangkauan. Saat dites di Aldenhoven Testing Center, Jerman, prototipe One dapat menempuh jarak 710 kilometer dengan kecepatan konstan 85 km/jam.

Gambar Pengetesan Lightyear One

Pengetesan jangkauan pada prototipe menunjukkan hasil yang positif

Keunggulan Penggunaan Panel Surya

Yang unik dari mobil ini adalah penggunaan panel surya yang menjadikan mobil ini sebagai SEV. Lightyear meyakini bahwa penggunaan panel ini akan menambah jarak sejauh 72 kilometer.

Panel Surya tersebut akan disematkan pada bagian kap mesin, atap, dan bagasi mobil yang membuat One memiliki panjang hingga 5057 mm atau 5 meter. Nilai positifnya, bagasi mobil tersebut menjadi cukup luas dengan kapasitas yang mencapai 780 liter.

>>> Hyundai Casper, Si 'Hantu Baik Hati' Saingan Toyota Raize dan Rocky

Punya Aerodinamika Terbaik

Gambar Lightyear One

Pengembangan dilakukan di terowongan angin untuk mendapatkan koefisien aerodinamika rendah

Prestasi lain yang dicapai oleh mobil ini adalah koefisien aerodinamika mobil yang terendah di antara mobil lain di dunia. Hal ini dicapai bukan untuk mengejar top speed tertinggi seperti Bugatti atau Koenigsegg, melainkan efisiensi.

Ini dicapai melalui bentuknya yang memanjang dan halus, beserta dengan detail lain seperti desain velg yang digunakan. Semuanya dilakukan untuk mengurangi hambatan angin saat mobil melaju.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top