CintaMobil TV: Review Mobil Bekas, Murah nan Mewah, Suzuki Ertiga Dreza AT 2016

26/04/2021

Pasar mobil

3 menit

CintaMobil TV: Review Mobil Bekas, Murah nan Mewah, Suzuki Ertiga Dreza AT 2016
Jika Anda menginginkan mobil second dengan harga 140 jutaan Suzuki Ertiga Dreza adalah pilihan yang tepat. Dilihat dari mesin dan kemampuannya, mobil ini harus Anda pertimbangkan saat memilih mobil second.

Kalau Toyota Avanza memiliki varian Veloz untuk tipe termewahnya atau Honda Mobilio lewat varian RS, Suzuki Ertiga pun demikian. Ertiga memiliki varian tertinggi yakni Suzuki Ertiga Dreza. Saat ini, Ertiga Dreza masih cukup diperhitungkan di pasar mobil bekas. Dalam kondisi bekas harganya berkisar antara Rp 140-145 juta. Nah, pada artikel kali ini mari kita cari tahu apa saja kelebihan Suzuki Ertiga Dreza

Spesifikasi Suzuki Ertiga Dreza

Apa yang menarik dari Ertiga Dreza? Hal utama tentu soal harga. Harga Ertiga Dreza berada di kisaran 140 – 145 juta yang artinya jika Anda membeli mobil seharga ini dalam kondisi baru mungkin Anda akan mendapatkan LCGC 7 Seater seperti Calya dan Sigra untuk tipe menengah. Namun dengan budget 140 jutaan Kami lebih memilih Suzuki Ertiga Second. Hal ini dikarenakan Suzuki Ertiga memiliki dimensi yang lebih besar, lebih terasa mewah dan mesinnya lebih baik dari Calya atau Sigra. 

Mesin

1.373 CC 4-Silinder

Tenaga

91 HP/6.000 RPM

Torsi

130 NM/4.400 RPM

Transmisi

FWD/Automatic 4-Percepatan

Dimensi PXLXT

4.265 x 1.695 x 1.685 MM 

Wheel Base

2.740 MM

Ukuran Ban

185/65 R15

Harga

Rp. 140 - 145 Juta

Desain Eksterior Suzuki Ertiga Dreza

Jika bicara soal desain eksterior, hal ini sangat subjektif. Ini karena ada beberapa orang yang suka dengan desain Suzuki Ertiga dan ada beberapa orang yang kurang suka. Jika varian Ertiga biasa desainnya minimalis lain halnya dengan Ertiga Dreza yang memiliki desain lebih ‘ramai’ di bagian bumper depan. Selebihnya untuk headlamp hampir sama antara keduanya, tapi Ertiga Dreza sudah dilengkapi DRL aftermarket. Selain itu, Ertiga Dreza memiliki lebih banyak chrome di bagian bumper yang menambah kesan ‘ramai’. 

suzuki ertiga dreza

Tampilan luar Ertiga Dreza yang berkesan elegan

Untuk Velg Ertiga Dreza sudah dual tone tidak seperti Ertiga biasa. Bagian samping Ertiga Dreza juga memiliki aksen-aksen chrome pada bagian bawah. Sayangnya, Ertiga Dreza belum dilengkapi dengan keyless entry, jadi Anda masih harus menggunakan kunci manual untuk membuka pintu mobil. Jika dibandingkan dengan varian di bawahnya, Ertiga Dreza sudah memiliki otomatis pelipatan kaca spion.

 Suzuki Ertiga Dreza

Ertiga Dreza dengan berbagai aksen chrome

Bagian belakang Ertiga Dreza memiliki rear spoiler yang keren dengan tampilan sporty. Rear spoilernya juga sudah dilengkapi LED pada bagian atas. Sayangnya, mobil ini tidak memiliki kamera mundur atau kamera parkir. Seperti bagian sisinya, bagian belakang Ertiga Dreza juga dilengkapi dengan chrome. 

Desain Interior Suzuki Ertiga Dreza

Bicara mengenai desain interior, sudah pasti mobil ini memiliki desain yang lebih mewah dibandingkan dengan varian di bawahnya seperti GX dan GL. Hal ini terlihat dari penggunaan wood panel yang memiliki kesan mewah, pada bagian dashboard juga memiliki ornamen kayu yang keren.

Jika dilihat dengan kasat mata tampilan dashboardnya juga terlihat rapi. Material dashboard-nya walaupun terbuat dari plastik, tapi menggunakan plastik keras yang tidak terasa murahan. Yang membedakan dari varian GL yaitu head unit sudah full layar untuk Ertiga Dreza dan sudah menggunakan android operator yang memudahkan Anda untuk browsing, akses Youtube asal terkoneksi dengan Wifi banyak fitur yang bisa Anda gunakan.

fitur head unit dari interior Suzuki Ertiga

Tidak hanya itu, head unit Ertiga Dreza touchscreennya fast respon tidak seperti head unit android operator pada umumnya. Untuk panel unit standar seperti kebanyakan mobil pada umumnya dan kontrol AC masih manual, hal ini sangat wajar karena Suzuki Ertiga Dreza masih dalam segmen low MPV. Jika dibandingkan dengan Avanza, Ertiga Dreza tergolong mantap. 

Yang kami suka dari mobil ini adalah kepraktisannya. Mengapa demikian? Dikarenakan Ertiga Dreza memiliki banyak tempat penyimpanan seperti dashboard yang luas, container terbuka di bagian tengah jok, tempat kartu-kartu kecil dan botol holder pada bagian tengah mobil.

Tidak hanya itu, Ertiga Dreza juga memiliki kepraktisan dalam membawa barang di bagasi. Dalam kondisi jok ketiga aktif, area bagasi tidak terlalu luas namun jika jok ketiga dilipat bagasi bisa memuat banyak barang. Tidak hanya itu, jika jok kedua dilipat juga mobil ini akan bisa memuat lebih banyak barang bahkan jika diperlukan Anda bisa menaruh kasur di dalamnya.

Walaupun cukup luas, akomodasi Ertiga Dreza tidak bisa dikatakan superior bila dibandingkan dengan Avanza yang lebih banyak space untuk legroom didepan kursi.  Itu adalah salah satu kekurangan Ertiga Dreza dari susu akomodasi.

Sementara untuk kenyamanan jok, Anda tidak perlu khawatir, jok Ertiga Dreza sangat nyaman dan sudah dilengkapi dengan arm rest baris kedua. Jika Anda duduk di baris ketiga, posisi kaki terbilang nyaman karena masih menyisakan satu jengkal ruang dari tempat duduk baris kedua. Jok baris ketiga pun sudah dilengkapi arm rest seperti pada baris kedua lengkap dengan cup holder di sisinya.

>>> Review Suzuki Ertiga Dreza 2016: Terlihat Mewah dengan Harga Bersahabat

Impresi Mengemudi

Untuk posisi mengemudi Ertiga Dreza ini memang sedikit lebih tinggi dari seharusnya, walaupun demikian posisinya jok bisa dirubah dengan fitur high adjuster. Setir mobil ini juga sudah tilt jadi bisa diubah posisinya naik turun, namun sayangnya belum telescopic.

Untuk mesin mobil Ertiga Dreza ini juga cukup efisien dibandingkan dengan Avanza. Mesinnya masih mesin lama dari Ertiga yaitu K14B berkapasitas 1.400 cc yang menghasilkan tenaga 91 hp dan torsi 130 Nm pada putaran 4.400 rpm. Mesin ini berbeda dengan Ertiga seri terbaru yang sudah menggunakan mesin K15B di mana mesin ini lebih bertenaga dan diklaim lebih efisien. 

Suzuki Ertiga Dreza

Bagian belakang Ertiga Dreza 

Walaupun Ertiga Dreza berkapasitas 1.400 cc namun cukup efisien karena di rute dalam kota bisa mencapai 13 km/l dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam. Untuk respon mesinnya sedikit ‘lemot’ dan tenaganya kurang di jalan berbelok dan menanjak. Namun dengan kecepatan 80 km/jam mobil ini nyaman dikendarai.

Untuk kenyamanan bantingan suspensi mobil ini cukup empuk jika dibandingkan dengan Mobilio yang lebih kaku untuk bantingan setirnya. Road noise mobil ini juga cukup terdengar namun tidak sekeras Mobilio. Kekurangan Ertiga Dreza yang paling terasa adalah radius putarnya yang lebih dari 5.5 meter, hal ini mungkin menyulitkan Anda berputar arah atau memasuki jalan-jalan sempit. 

Tips Sebelum Membeli Suzuki Ertiga Bekas 

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika hendak membeli Ertiga Dreza dalam kondisi bekas yaitu: 

  • Cek kondisi eksterior mobil, pastikan mobil yang Anda beli masih dalam kondisi mulus. 
  • Cek area pintu. Pastikan engsel mobil dalam kondisi baik. 
  • Cek kondisi mesin, pastikan mobil yang Anda beli mesinnya masih terawat dan tidak ada kerusakan. 
  • Cek riwayat service, pastikan riwayat servicenya jelas di dealer resmi Suzuki.
  • Cek area engine mounting.
  • Cek kaki-kaki, pastikan tidak ada ketukan saat dikendarai. 
  • Cek kondisi transmisi.

>>> Gandeng Distributor Baru, Suzuki Kembali ke Malaysia Setelah 5 Tahun

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top