Resmi Beroperasi, Tol Layang AP Pettarani Masih Gratis

20/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Resmi Beroperasi, Tol Layang AP Pettarani Masih Gratis
Terhitung mulai Jum’at 19 Maret 2021, jalan Tol Layang AP Pettarani (Tol Ujung Pandang Seksi 3) Makassar resmi beroperasi secara gratis untuk masyarakat umum.

Pemerintah resmi mengoperasikan Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 3 atau Tol Layang Andi Pangeran (A.P.) Pettarani di Kota Makassar. Mulai Jum’at, (19/3/2021) pukul 00.00 WITA masyarakat bisa menggunakannya secara gratis hingga waktu yang belum ditentukan. Keputusan ini menyusul diresmikannya tol tersebut oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Kamis, (18/3/2021), juga berdasarkan Kepmen PUPR Nomor 1619/KPTS/M/2020 Tanggal 12 November 2020 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 3.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, saya mewakili bapak Presiden Jokowi meresmikan pengoperasian Jalan Tol Pettarani di Makassar ini," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat peresmian.

"Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Walikota Makassar, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Nusantara Infrastructure dan seluruh masyarakat yang akan melewati jalur tol dan telah bersama-sama untuk bekerjasama menyelesaikan tol ini. Ketika pembangunan pasti ada penderitaan hingga pengorbanan, dan sekarang ketika tol ini sudah jadi memberikan kenikmatan," lanjutnya.

Foto Peresmina Tol Layang AP Pettarani

Jalan Tol Layang Andi Pangeran (A.P.) Pettarani diresmikan

Peresmian juga dihadiri Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, Walikota Makassar, M. Ramdhan Pomanto, dan Direktur Utama PT Makassar Metro Network (MMN) Anwar Toha.

Tarif resmi belum berlaku

Menurut Direktur Utama PT Makassar Metro Network (MMN), tarif resmi Tol Layang AP Pettarani bakal diberlakukan dalam beberapa waktu ke depan, menunggu Keputusan Menteri PUPR. Prediksinya, pada bulan April SK bakal turun dan tarif diberlakukan.

"Pentarifan akan diberlakukan setelah adanya keputusan Menteri PUPR tentang penetapan tarif," kata Anwar.

>>> 4 Konsep Emergency Plan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek

Tol Layang AP Pettarani

Foto Tol Layang AP Pettarani di malam hari

Jalan tol diharapkan memperlancar lalu lintas

Jalan Tol Layang Andi Pangeran (A.P.) Pettarani memiliki panjang 4,3 km, menghubungkan Kota Makassar dengan Pelabuhan Peti Kemas Soekarno-Hatta dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Pembangunannya dimulai pada 2018 tanpa melalui pembebasan lahan. Sedangkan konstruksinya dilakukan menggunakan teknologi mutakhir seperti formwork pier head tanpa shoring, erection box girder dengan double gantry dan instalasi expansion joint per 350 m. Structural Health Monitoring System (SHMS) dipasang untuk memonitor kinerja dan kondisi struktur jembatan selama masa operasi.

Tol layang yang dikerjakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Margautama Nusantara (MUN) melalui anak usahanya PT Makassar Metro Network (MMN) ini menelan investasi sebesar Rp 2,243 triliun. Ruas ini melengkapi ruas tol eksisting Jalan Tol Ujung Pandang pada Seksi 1, Seksi 2 dan Seksi 4 dengan total panjang 10,4 Km. Tol Layang ini memiliki dua on-off ramp yaitu On-Off Ramp Boulevard dan On-Off Ramp Alauddin.

Diharapkan adanya tol layang dapat menjadi solusi dalam mengurai kemacetan yang sering terjadi di jalan arteri sekitar Kawasan Panakkukang dan Rappocini. Tol juga memudahkan mobilisasi masyarakat, pendistribusian barang dan logistik.

>>> Tinggal di Makassar, Temukan mobil pilihanmu di sini!

Foto Pelabuhan Petikemas Soekarno-Hatta Makassar

Ada jalan tol akses ke Pelabuhan Peti Kemas Soekarno-Hatta Makassar dan Bandara Sultan Hasanuddin semakin mudah

>>> Baca berita otomotif lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top