Resep Honda Brio Bisa Menjadi yang Terlaris pada Tahun 2020

23/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Total penjualan lebih dari 40 ribu unit, Honda Brio berhasil menjadi mobil terlaris di Indonesia tahun 2020 lalu. Apa resepnya Honda?

Sepanjang tahun 2020 lalu Indonesia yang juga merupakan pasar otomotif terbesar di ASEAN juga turut merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Di tengah tahun yang menyulitkan itu, Honda Prospect Motor selaku Agen Pemegang Merek Honda di Indonesia untuk pertama kalinya meraih penjualan tertinggi. Penjualan tertinggi dari produsen berlogo 'H' itu disumbang oleh Honda Brio.

>>> Brio Masih Jadi yang Terlaris

Gambar menunjukan Honda Brio

Tampilan generasi kedua Honda  Brio

Honda Brio Kian Dicintai

Adhi Parama Sugarda selaku Communication Strategy Manager PT Honda Prospect Motor berbicara pada ajang IIMS Virtual 2021 mengatakan bahwa Brio memang dirancang untuk orang Indonesia yang diluncurkan 2012 silam. Terlebih di tahun 2018 saat generasi keduanya meluncur, Brio semakin dicintai pelanggannya setianya di Indonesia.

"Honda Brio itu memang salah satu mobil yang dirancang dan didesain khusus untuk masyarakat Indonesia. Selain itu Honda Brio juga memiliki keunggulan bahan bakar yang cukup irit sehingga sangat cocok dipakai di jalan perkotaan. Kemudian kita juga hadirkan varian RS yang lebih sporty. Sepanjang tahun 2012 hingga 2018 kita telah mengeluarkan dua generasi. Tentunya dengan keluarnya generasi kedua di tahun 2018 dengan bentuk semakin panjang dan desain lebih baik lagi membuat Brio semakin cocok untuk anak muda di Indonesia," ungkap Adhi.

Setelah berusia sembilan tahun di pasar otomotif di Indonesia akhirnya Brio bisa menjadi yang terlaris. Sepanjang tahun lalu misalnya, Brio berhasil  terjual 40.879 unit (tipe Satya 29.979 unit, tipe RS 10.900 unit). Angka tersebut membuat Brio satu-satunya model yang penjualannya tembus 40 ribu unit di Indonesia tahun lalu.

“Baru tahun 2020 ini kami mendapatkan perjalanan luar biasa untuk Honda Brio yang berhasil mendapatkan penjualan terbanyak di Indonesia. Honda Brio meraih porsi tertinggi sebanyak 40.879 unit atau setara dengan total 54 penjualan penjualan Honda di tahun lalu,” tutupnya.

>>> Tips Modifikasi Mobil Brio Simple Buat Harian

Gambar menunjukan Honda Brio

Tampilan interior Honda  Brio

Honda Brio Mengingatkan Kejayaan Civic Wonder 

Hendra Noor Saleh selaku Presiden Direktur Dyandra Promosindo pada kesempatan yang sama mengungkapkan Honda  Brio mengingatkan pecinta otomotif di tahun 70-an dengan adanya Civic Wonder.  Namun saat ini Brio berkontribusi lebih banyak terhadap penjualan Honda.

“Honda Brio mengingatkan kita akan masa Jaya Honda zaman dulu tahun 70-an ketika masih mengandalkan Civic Wonder atau banyak disebut sebagai Civic Setrika. Namun saat ini Honda Brio lebih hebat lagi sebagai mobil Honda yang berhasil menjadi market leader,” ungkap Kohen sapaan Hendra Noor Saleh.

>>> Review All New Brio Export Version 2019

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top