Rencana Besar Alibaba untuk Menjual Mobil dalam “Vending Machine”

26/12/2017

Pasar mobil
Share this post:
Rencana Besar Alibaba untuk Menjual Mobil dalam “Vending Machine”
Perusahaan terbesar Jack Ma, Alibaba Group Holding Ltd telah menjadi salah satu alasan kenapa banyaknya usaha ritel tutup di China khususnya. Kesuksesan ini bisa tercapai karena kemauan Alibaba dalam pendekatan kreatif dan merangkul teknologi untuk berkembang. Bahkan, saat ini Alibaba melebarkan sayapnya untuk mengganggu pasar otomotif China.

Kepastian ini didapat minggu lalu ketika Alibaba mengumumkan akan meluncurkan “Super Test-Drive Centers di Shanghai dan Nanjing yang akan mengawali peluncuran mesin vending otomatis pada bulan januari. Tujuan utamanya jelas, mesin vending ini akan memberikan kenyamanan bagi pembeli untuk membeli mobil. Perusahaan ini akan membuat “membeli mobil semudah membeli sekaleng Cola”.

sebuah gambar Jack Ma yang difoto dari jarak dekatnya

Jack Ma dan Alibaba mencoba untuk terus berinvestasi

Mesin penjual otomatis Alibaba ini akan menjadi bangunan parkir multi level besar yang mampu menampung ratusan kendaraan yang berbeda. Alih-alih melakukan perjalanan dari satu dealer ke dealer lainnya, pengguna aplikasi ini akan menjelajah mobil yang akan dipilih pada smartphone mereka. Setelah memilih model yang akan di uji coba, pelanggan bisa menuju lantai dasar untuk langsung mencoba mobil yang dipilih.

pemandangan depan sebuah bangunan Taobao di Cina sangat ramai

Tmall, dan Taobao, aplikasi penunjang vending machine Alibaba

Bahkan, proses pembeliannya tidak hanya dimulai dari gedung ‘vending machine’ tersebut. Pelanggan yang ingin membeli mobil bisa menggunakan aplikasi Alibaba yang bernama Taobao. Ketika pelanggan menemukan mobil yang mereka sukai di jalanan dan melakukan scan pada mobil tersebut dan memilih warna mobil, pelanggan bisa memilih ‘mesin’ penjual mobil otomatis terdekat untuk langsung melakukan test drive, sebagaimana yang dilansir oleh TechCrunch.

>>> Berminat berita baru mengenai pasar otomotif, jangan ragu mengklik di sini!

Hebatnya, setelah melakukan test drive selama tiga hari, pelanggan bisa memiih untuk membeli mobil tersebut atau mencari mobil lain. Tentu saja selama tiga hari tersebut, mobil harus dikembalikan pada tempat parkir mobil, yaitu gedung penjual mobil tersebut.

Jika anda masih penasaran dengan bagaimana cara Alibaba akan memasarkan vending-machine untuk mobil ini, anda bisa melihat video yang memperlihatkan gambaran rencana Alibaba di bawah ini.

Direktur pemasaran divisi otomotif Tmall, salah satu bagian dari Alibaba, Huan Lu, membeberkan, “Kami sedang membangun sebuah toko pengalaman fisik yang menawarkan pengambilan mobil tanpa staf melalui pengenalan wajah, test drive selama tiga hari oleh pelanggan dan satu toko yang memperlihatkan [mobil] dari beberapa brand terkenal.”

gambar malam sebuah gedung mewah Taobao yang banyak mobil sedang hadir dalamnya

Gedung mewah yang akan menampung beragam mobil terkenal

Tujuan ritel otomatis Alibaba ini sangat ambisius, namun tidak memiliki masalah pada investor. Stok mobil yang akan diperkenalkan sudah berlipat ganda tahun ini, analis Stifel Scott Devitt mengatakan bahwa Alibaba dan raksasa e-commerce China lainnya, JD.com sudah berada pada jalur yang tepat.

"Alibaba dan JD.com telah mencapai skala signifikan dan investasi dalam inisiatif yang kami harapkan akan menguntungkan untuk pertumbuhan jangka panjang," kata Devitt.

>>> Klik di sini untuk mendapatkan update terbaru mengenai berita mobil!

Share this post:
 
back to top