Renault Triber Turbo Hadir di India, Bagaimana Dengan Indonesia?

11/12/2019

Pasar mobil

4 menit

Renault Triber Turbo Hadir di India, Bagaimana Dengan Indonesia?
Renault Triber di India akan mendapat update dengan penambahan varian mesin 1.000cc turbo untuk model pasar India. Apa mesin serupa bakal hadir untuk pasar Indonesia?

Sebenarnya sudah sejak lama Renault mengembangkan mesin 1.000cc turbo untuk Triber dan SUV mungil sub-4 meter yang akan hadir dalam waktu dekat. Namun, detail mesin tersebut baru berterbaran di dunia maya baru-baru ini. Mesin tiga silinder 1.000cc turbo yang disiapkan untuk Triber dan HBC di India tidak menggunakan basis dari mesin NA BR10 1.000cc yang digunakan Renault Triber untuk pasar Indonesia.

Mesin 1.000cc tiga silinder kepunyaan Renault Triber

Mesin turbo 1.000cc yang disiapkan Renault bukanlah modifikasi dari mesin Triber di Indonesia

>>> Harga resmi diumumkan, Triber lebih murah dari Calya

Mesin turbo Renault Triber berkode HR10 yang disiapkan Renault  menggunakan basis HR13, mesin turbo 1.300cc yang digunakan Renault Scenic pada tahun lalu. Dikembangkan bersama antara Groupe Renault dan Daimler, mesin HR13 digunakan beberapa model kompak dari Renault, Nisan, dan Mercedes-Benz.

Kembali ke HR10, mesin yang memulai debutnya pada Nissan Micra (March) generasi kelima tahun lalu itu memiliki dua pilihan, direct injection atau tanpa direct injection. Kedua model ini memiliki output tenaga dan torsi yang berbeda, yakni 98 HP/160Nm (tanpa direct injection), dan 115 HP/170 Nm (direct injection).

>>> Sedang cari mobil? Cek sini dulu yuk

Tampaknya Triber di India akan menggunakan varian non-direct injection, yang memiliki tenaga dan torsi di atas kertas cukup untuk menggerakkan MPV 5+2 seater itu, dan akan mendapat pilihan transmisi manual lima-percepatan dan CVT, dan akan diperkenalkan pada tahun 2020 mendatang.

Untuk pasar indonesia, Triber masih memakai mesin 1.000cc NA yang menyemburkan tenaga 72 HP dan torsi 96 Nm dengan pilihan transmisi manual dan AMT. Performa di atas terasa underpower untuk sebuah entry-level MPV, apalagi jika harus bersaing melawan Toyota Calya-Daihatsu Sigra yang dibekali mesin 1.200cc 4-silinder segaris yang menghasilkan tenaga 86 HP dan torsi 108 Nm.

Renault Triber 2019 varian RXZ bertransmisi manual

Apa Renault Triber Turbo akan masuk Indonesia juga?

>>> Berita terbaru seputar pasar mobil dapat dilihat di sini

Dengan hadirnya opsi mesin baru di India, apakah PT Maxindo Renault Indonesia akan menghadirkan Renault Triber Turbo dengan mesin 1.000cc turbo? Menarik untuk ditunggu.

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top