Renault Triber Dianggap Sebagai Kwid 'Melar', Ini Penjelasan Si Bos

21/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Renault Triber Dianggap Sebagai Kwid 'Melar', Ini Penjelasan Si Bos
Rilis Renault Triber di India pada 19/06/2019 lalu memunculkan beragam respon, dari yang mengapresiasi hingga yang membully karena alasan-alasan tertentu. Termasuk ada yang menganggap Renault Triber adalah sosok Renault Kwid yang dibikin lebih melar.

Di bawah kendali mantan bos Michelin, Jean-Dominique Senard yang menggantikan Carlos Ghosn sebagai chairman pada akhir Januari 2019 lalu, Renault membuat gebrakan dengan memperkenalkan Renault Triber sebagai model terbaru yang bakal mengisi segmen small MPV dengan kapasitas 7 penumpang. Rilis yang dilakukan di India pada Rabu, 19/06/2019 mendapat sambutan positif dari banyak pihak. Triber dianggap sebagai langkah berani Renault untuk menggarap salah satu segmen kendaraan penumpang paling populer dan diyakini bakal mendongkrak penjualan di masa mendatang.

>>> Renault Siapkan SUV Terbaru Siap Usai Peluncuran MPV Triber

Foto menunjukkan Renault Triber saat dirilis pertama kali di India

Renault Triber resmi diperkenalkan dan bakal mengisi segmen low MPV

Meski demikian, ada juga yang menganggap Renault Triber yang selama ini digadang-gadang sebagai model baru yang wow bukanlah model yang istimewa. Renault Triber digambarkan sebagai Renault Kwid yang dimelarkan. Alasannya Triber dibikin menggunakan platform platform Common Module Family tipe A atau lebih dikenal dengan sebutan CMF-A yang selama ini digunakan pada Renault Kwid. Sudah begitu dari sisi desain antara Triber dengan Kwid katanya juga sebelas dua belas. Bak saudara kembar yang satu lebih kecil dan yang satu lebih besar. Benarkah demikan, lantas apa yang istimewa dari si model baru Renault Triber ini?

Merujuk penjelasan CEO Groupe Renault Thierry Bollore pada saat acara peluncuran, Renault Triber punya keunggulan dari sisi dimensi maupun kapasitas penumpang. Kwid memiliki dimensi 3.679 mm x 1.579 mm x 1.513 mm. Sedangkan Triber memiliki ukuran 3.990 mm x 1.739 mm x 1.643 mm.

"Renault Triber merupakan sebuah 'keajaiban' dengan ukuran kurang dari 4 meter. Kami menilai mobil ini akan atraktif, fleksibel dan terjangkau," tutur Thierry Bollore.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

Foto Renault Kwid dari arah samping depan, tampak keren dan menarik

Renault Kwid punya dimensi lebih kecil ketimbang Triber

Petinggi Renault lain, Laurens van den Acker yang menjabat sebagai Executive Vice President Corporate design Groupe Renault menuturkan sisi keunggulan yang lain. Menurut Laurens mengendarai Triber serasa mengendarai kompak SUV. Ini karena ground clearance-nya yang berukuran 182 mm lebih tinggi dibanding Kwid yang hanya 180 mm serta memiliki posisi mengemudi yang tinggi. "Triber memiliki rasa mirip sebuah SUV, seperti ground clearance tinggi, posisi mengemudi yang tinggi, roof rail, kaku dan atraktif," jelas Laurens.

Laurens menambahkan dengan dimensi yang lebih panjang dan lebar, Renault Triber punya ruang bagasi lebih besar saat mobil ini dikonfigurasi 5 penumpang. "Bila baris ketiga tidak dipakai, dapat menampung hingga 645 liter saat diubah menjadi 5 kapasitas bangku penumpang," katanya.

Jadi kalau dikatakan Renault Triber adalah versi melar dari Renault Kwid, bisa benar bisa juga salah. Tergantung dari sisi mana mereka menilai.

>>> Silahkan baca Review Renault Kwid lebih lengkap di sini!

>>> Simak juga informasi otomotif terbaru dari Indonesia dan dunia, hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Ganti APM, Servis Mobil Renault Tak Lagi Dilayani Diler Nissan

03/05/2019

Pasar mobil

Pergantian APM dan distributor resmi merek Renault di Indonesia dari Indomobil ke Maxindo Renault Indonesia membawa konsekuensi. Servis mobil Renault kini tak lagi bisa dilayani di diler Nissan manapun.

Lihat juga

Patahkan Rekor Civic Type R, Renault Megane R.S. Jadi Raja Nurburgring

24/05/2019

Pasar mobil

5 menit

Gelar mobil penggerak roda depan tercepat di Nurburgring berganti, Renault Megane R.S. Trohpy-R membukukan waktu tiga detik lebih cepat dari rekor sebelumnya dikuasai Honda Civic Type R.

Lihat juga

SUV Baru Renault Meluncur Di Hanggar Garuda Indonesia

02/05/2019

Event - Promosi

Maxindo Renault Indonesia melakukan penyegaran SUV medium terbarunya di Indonesia. Renault Koleos 2019 yang merupakan SUV baru Renault di Indonesia meluncur di hanggar Garuda Indonesia.

Lihat juga

Renault Siapkan SUV Terbaru Siap Usai Peluncuran MPV Triber

22/04/2019

Mobil baru

Sederet mobil tengah disiapkan pabrikan asal Perancis, Renault untuk mengisi persaingan di segmen MPV dan SUV. Salah satunya SUV terbaru yang bakal diperkenalkan akhir tahun ini usai peluncuran MPV Triber.

Lihat juga

Teaser Baru Renault Triber 2019 Dipamerkan Sebelum Debut Global

18/06/2019

Mobil baru

2 menit

Renault India merilis teaser pertama dari mobil baru Renault Triber 2019 yang dijadwalkan akan diperkenalkan pada 19 Juni mendatang. Gambar teaser menunjukan gaya depan MPV dan siluet keseluruhan yang meniru gaya Renault yang lebih baru, seperti Captur dan Kadjar.

Lihat juga
 
back to top