Renault Ingin Hadirkan Kendaraan Niaga Bertenaga Hidrogen

14/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Produsen mobil Prancis Groupe Renault dan Plug Power yang berbasis di AS mengumumkan nota kesepahaman untuk hadirkan kendaraan niaga bertenaga hidrogen.

Renault dan Plug Power telah mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman untuk meluncurkan perusahaan patungan 50-50 guna menghadirkan kendaraan komersial ringan bertenaga hidrogen. Nantinya kendaraan yang dihasilkan akan dijual untuk pasar Eropa.

>>> Renault Bakal 'Hidupkan' Model Jadul dan Dijadikan Mobil Listrik

Gambar menunjukan Plug power

Plug Power jalin kerja sama dengan Renault

Plug Power Populerkan Mobil Berteknologi Hidrogen

Kemitraan ini merupakan bukti baru bahwa mobil bertenaga hidrogen dapat bersaing dengan mobil bertenaga listrik meski di segmen kendaraan niaga. Sebelumnya mobil bertenaga hidrogen tidak begitu populer karena kekhawatiran atas kurangnya infrastruktur pengisian bahan bakar dan keselamatan seputar penggunaan hidrogen yang mudah terbakar.

Tetapi Plug Power perusahaan yang berkantor pusat di Latham, AS telah muncul sebagai pemimpin segmen mobil bertenaga hidrogen dengan menerapkan lebih dari 40.000 sistem sel bahan bakar untuk mobilitas elektronik dan membangun 110 stasiun pengisian bahan bakar hidrogen. Itulah alasan utama Renault memutuskan untuk bergabung dengan Plug Power.

Alasan lainnya menurut wakil presiden eksekutif teknik Renault Le Borgne, adalah bahwa meskipun tujuannya adalah untuk memenuhi standar emisi Eropa yang ketat dengan kendaraan listrik. Baterai pada kendaraan listrik dinilai tidak sesuai dengan tugas untuk kendaraan niaga dengan muatan yang sangat berat. Maka dari itu teknologi hidrogen dinilai sebagai solusinya.

“Untuk kendaraan niaga ringan Anda benar-benar tidak memiliki solusi dengan kendaraan listrik baterai karena Anda akan membutuhkan banyak baterai di dalamnya, banyak energi, lebih dari 100 atau 120 kilowatt dan itu tidak masuk akal dalam hal biaya atau dalam hal berat.” kata Le Borgne dalam sebuah wawancara seperti dikutip dari laman Forbes.

>>> Cara Setting Audio Mobil yang Benar dan Mudah Pada Head Unit Standar

Gambar menunjukan Mobil hidrogen

Proyek usaha patungan ini sepenuhnya selaras dengan strategi Renault

Selaras dengan Visi Renault

Usaha patungan antara Renault dan Plug Power diharapkan akan diluncurkan pada akhir semester pertama tahun ini dan berpusat di Prancis. Targetnya adalah untuk menangkap lebih dari 30% pasar kendaraan komersial ringan bertenaga sel bahan bakar hidrogen di Eropa. 

"Proyek usaha patungan ini sepenuhnya selaras dengan strategi kami untuk menawarkan solusi H2 yang siap dipasarkan untuk kendaraan komersial ringan," kata CEO Renault Luco de Meo dalam keterangan resmi tertulisnya.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini.

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top