Renault Ingin Hadirkan Kendaraan Niaga Bertenaga Hidrogen

14/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Renault Ingin Hadirkan Kendaraan Niaga Bertenaga Hidrogen
Produsen mobil Prancis Groupe Renault dan Plug Power yang berbasis di AS mengumumkan nota kesepahaman untuk hadirkan kendaraan niaga bertenaga hidrogen.

Renault dan Plug Power telah mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman untuk meluncurkan perusahaan patungan 50-50 guna menghadirkan kendaraan komersial ringan bertenaga hidrogen. Nantinya kendaraan yang dihasilkan akan dijual untuk pasar Eropa.

>>> Renault Bakal 'Hidupkan' Model Jadul dan Dijadikan Mobil Listrik

Gambar menunjukan Plug power

Plug Power jalin kerja sama dengan Renault

Plug Power Populerkan Mobil Berteknologi Hidrogen

Kemitraan ini merupakan bukti baru bahwa mobil bertenaga hidrogen dapat bersaing dengan mobil bertenaga listrik meski di segmen kendaraan niaga. Sebelumnya mobil bertenaga hidrogen tidak begitu populer karena kekhawatiran atas kurangnya infrastruktur pengisian bahan bakar dan keselamatan seputar penggunaan hidrogen yang mudah terbakar.

Tetapi Plug Power perusahaan yang berkantor pusat di Latham, AS telah muncul sebagai pemimpin segmen mobil bertenaga hidrogen dengan menerapkan lebih dari 40.000 sistem sel bahan bakar untuk mobilitas elektronik dan membangun 110 stasiun pengisian bahan bakar hidrogen. Itulah alasan utama Renault memutuskan untuk bergabung dengan Plug Power.

Alasan lainnya menurut wakil presiden eksekutif teknik Renault Le Borgne, adalah bahwa meskipun tujuannya adalah untuk memenuhi standar emisi Eropa yang ketat dengan kendaraan listrik. Baterai pada kendaraan listrik dinilai tidak sesuai dengan tugas untuk kendaraan niaga dengan muatan yang sangat berat. Maka dari itu teknologi hidrogen dinilai sebagai solusinya.

“Untuk kendaraan niaga ringan Anda benar-benar tidak memiliki solusi dengan kendaraan listrik baterai karena Anda akan membutuhkan banyak baterai di dalamnya, banyak energi, lebih dari 100 atau 120 kilowatt dan itu tidak masuk akal dalam hal biaya atau dalam hal berat.” kata Le Borgne dalam sebuah wawancara seperti dikutip dari laman Forbes.

>>> Cara Setting Audio Mobil yang Benar dan Mudah Pada Head Unit Standar

Gambar menunjukan Mobil hidrogen

Proyek usaha patungan ini sepenuhnya selaras dengan strategi Renault

Selaras dengan Visi Renault

Usaha patungan antara Renault dan Plug Power diharapkan akan diluncurkan pada akhir semester pertama tahun ini dan berpusat di Prancis. Targetnya adalah untuk menangkap lebih dari 30% pasar kendaraan komersial ringan bertenaga sel bahan bakar hidrogen di Eropa. 

"Proyek usaha patungan ini sepenuhnya selaras dengan strategi kami untuk menawarkan solusi H2 yang siap dipasarkan untuk kendaraan komersial ringan," kata CEO Renault Luco de Meo dalam keterangan resmi tertulisnya.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Renault Bakal 'Hidupkan' Model Jadul dan Dijadikan Mobil Listrik

12/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Produsen mobil asal Prancis Renault dikabarkan akan membangkitkan mobil klasik Renault 4 yang diperkenalkan pada awal 1960-an menjadi mobil listrik.

Lihat juga

5 Fitur Pada Renault Triber Ini Cocok Untuk Konsumen Fleet

11/01/2021

Mobil baru

5 menit

Ada alasan khusus mengapa PT Maxindo Renault Indonesia percaya diri jika Renault Triber digunakan untuk konsumen fleet, sebab Triber punya 5 fitur ini

Lihat juga

Renault Kiger Akan Dibekali Sunroof dan Fitur Premium Lainnya

30/12/2020

Mobil baru

5 menit

Renault Kiger yang bakal dirilis awal tahun depan akan dibekali sederet fitur yang sering kali ada di mobil-mobil premium. Diantaranya keberadaan sunroof, automatic climate control, serta arround view monitor.

Lihat juga

Melihat Lebih Dekat Keunikan Service Car Renault Cikarang

19/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Ada yang unik dari service car yang dimiliki oleh dealer terbaru Renault di Indonesia yakni Titan Renault Cikarang, karena mereka pakai mobil servis yang unik

Lihat juga

Titan Renault Cikarang: Dari Customer Jadi Dealer

19/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Ada cerita menarik mengenai salah satu dealer Renault di bilangan Cikarang, Jawa Barat. Karena Titan Renault Cikarang ini berawal dari customer kini jadi dealer

Lihat juga
 
back to top