Renault Bakal Memproduksi 1,5 Juta Unit Masker per Minggu

28/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Renault Bakal Memproduksi 1,5 Juta Unit Masker per Minggu
Mulai Juli 2020 Renault Group bakal memulai produksi masker di pabrik Renault Flins (Prancis), dengan target sebanyak 1,5 juta unit masker per Minggu.

Konversi produsen kendaraan bermotor menjadi produsen masker dilakukan sejumlah pabrikan otomotif seiring meningkatnya penyebaran virus Corona (COVID-19). Pabrikan seperti BYD, Wuling, Ford, hingga General Motors sudah melakukannya, kini hal serupa bakal dilakukan Renault Group yang berbasis di Eropa.

Siap produksi 1,5 juta unit masker per minggu

Dalam rilisnya, (20/5/2020) Renault Group mengumumkan akuisisi satu line untuk memproduksi masker guna memenuhi kebutuhan, menjamin kesehatan dan keselamatan para karyawan baik yang bekerja di lini produksi kendaraan, di jalur distribusi hingga karyawan yang bekerja di diler. Selain itu keputusan memproduksi masker juga menjadi langkah antisipasi terhadap risiko kekurangan, keterlambatan, dan inflasi harga.

Proses produksi bakal dilakukan di pabrik Renault di Flins (Prancis) dan akan dimulai pada Juli 2020 mendatang dengan target sebanyak 1,5 juta unit masker bedah (surgical mask) per minggu.

>>> Maxindo Renault Indonesia Tanggapi Positif: Renault Kiger Pasti Masuk Indonesia

Foto Pabrik Renault di Flins Prancis tampak dari depan

Renault bakal memproduksi masker canggih

Line produksi yang canggih

Pabrikan mobil asal Prancis itu sangat serius mempersiapkan proyek besar ini. Untuk menghasilkan produk yang benar-benar memenuhi standar kesehatan Renault berkonsultasi secara intens dengan dokter dan departemen HSE (Hygiene, Health, Environment).

Sedangkan untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan terbaik lini produksi masker dilengkapi dengan peralatan berteknologi canggih. Jalur produksi semuanya dilakukan secara otomatis mulai dari mempersiapkan kain yang masih lembaran, memotong dan melipit kain untuk posisi hidung, mengelas bagian tepi masker, membalikkan masker, melepas dan memotong elastik untuk kemudian mengelasnya di keempat sudut secara simetris, hingga mencetak logo sesuai pesanan dengan teknik emboss/deboss.

Selain dilakukan secara otomatis, seluruh proses produksi diawasi menggunakan kamera untuk menjamin tingkat kualitas yang sangat tinggi. Semua mesin dan bahan yang digunakan untuk pembuatan akan berasal dari Prancis atau Eropa.

>>> Tertarik membeli mobil Renault, cek koleksi dan harganya di sini!

Foto menunjukkan Mesin pembuat masker yang akan digunakan Renault

Proses pembuatan masker dilakukan secara otomatis

Persiapan lain adalah sumber daya manusia, selama Juni 2020 sekitar dua 20 karyawan akan dilatih oleh untuk ditugaskan di area pembuatan masker ini. Sedangkan untuk keselamatan jalur produksi akan mematuhi standar keselamatan Grup dan masker yang diproduksi akan disertifikasi sesuai dengan standar kesehatan dari WHO saat ini.

Renault Group bakal menambah satu bangunan gedung seluas 1.000 meter persegi di lokasi pabrik Renault di Flins untuk menampung lini produksi dan area logistik terkait. Produk kemudian akan dikirim dan dipusatkan di situs Renault di Saint André de l'Eure (Sofrastock) di Prancis, sebelum didistribusikan ke sejumlah perusahaan di Perancis dan Eropa.

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Mengintip Wajah Renault Kwid 2020 Di India

30/09/2019

Mobil baru

3 menit

Kompak crossover ekonomis yang fenomenal ini akan mendapatkan perubahan wajah agar tetap kompetitif menyambut para kompetitornya.

Lihat juga

Cari Mobil Eropa Baru Rp150 Jutaan? Coba Lirik Renault Kwid dan Renault Climber

21/05/2020

Mobil baru

3 menit

Sesuai prediksi kami, akhirnya PT Maxindo Renault Indonesia meluncurkan Renault Kwid dan Renault Climber terbaru di Tanah Air, bentuknya jadi semakin tampan

Lihat juga

Renault Berencana Rumahkan 400 Pekerja di Pabrik Slovenia

20/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Akibat turunnya permintaan dampak dari virus Corona atau Covid-19 membuat Renault berencana rumahkan hingga ratusan pekerja di pabrik produksinya di Slovenia.

Lihat juga
 
back to top