Rem Parkir Rentan Karat, Mazda Recall Ratusan Ribu Mobil

17/07/2017

Pasar mobil
Share this post:
Rem Parkir Rentan Karat, Mazda Recall Ratusan Ribu Mobil
Dua model yang terkena recall, yakni Mazda 3 sedan/hatchback dan Mazda 6 sedan/estate yang diproduksi di Jepang dan Meksiko

Baru - baru ini Mazda Amerika Utara sudah resmi melaksanakan recall terhadap 227.814 mobil Mazda yang rem parkirnya bermasalah. Ada dua model yang terkena recall, yakni Mazda 3 sedan/hatchback dan Mazda 6 sedan/estate.

Masalahnya adalah komponen aktuator yang rentan terhadap karat. Diperkirakan, karena masih adanya celah yang cukup untuk dimasuki air di sekitar kaliper rem belakang, akibatnya aktuator tersebut jadi lebih mudah berkarat. Kalau sudah berkarat, kinerjanya tidak bisa maksimal, baik dalam mengunci rem ataupun melepas rem.
>>> Baca juga:
Mazda Resmi Menyerahkan Mazda CX-3 Kepada Pemiliknya di IIMS 2017
 

Mazda 3 Sedan 2016 warna merah dengan tampilan canggih dan indah

Mazda 3 dan Mazda 6 kena recall adalah model yang diproduksi di Jepang dan Meksiko

Kalau hal itu terjadi, maka rem parkir masih mengunci saat mobil jalan atau rem parkir malah longgar saat mobil dalam kondisi parkir. Kedua kasus tersebut tentu saja berbahaya, namun untungnya belum ada laporan tentang kecelakaan yang disebabkan oleh masalah rem parkir pada model Mazda 3 dan Mazda 6. Kedua model Mazda 3 dan Mazda 6 yang kena recall adalah model yang diproduksi di Jepang dan Meksiko.
 

Mobil Mazda 6 Terbaru Sporty Berkualitas, warna merah dan memiliki desain yang modern

Model Mazda yang kena masalah hanya adalah yang model rem parkir biasa saja


>>> Klik di sini untuk mengupdate berita pasar otomotif terbaru!

Lebih tepat lagi, Mazda 3 yang kena recall adalah yang diproduksi dari tanggal 6 Januari 2014 hingga tanggal 2 September 2016. Sedangkan Mazda 6, adalah yang diproduksi dari tanggal 25 Oktober 2012 hingga tanggal 1 Desember 2014. Mazda sudah mengirimkan surat untuk konsumennya, dan perbaikan siap dimulai pada pertengahan bulan Agustus mendatang. Kalau komponen aktuatornya masih bagus, bagian pelindung aktuator akan diganti dengan yang lebih bagus dan rapat, sehingga air tidak mudah masuk.
Sebaliknya, bagi yang kena masalah tentang komponen aktuator, teknisi akan mengganti seluruh kaliper rem belakangnya dengan yang baru.

Selama ini, model Mazda yang kena masalah hanya adalah yang model rem parkir biasa saja, yang model rem parkir elektrik belum terdeteksi kena masalah tersebut.



>>> Klik di sini untuk mengupdate berita mobil terbaru!
Share this post:
 
back to top