Relokasi VMS di Tol Japek, Jasa Marga Lakukan Buka Tutup Jalur

20/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Anda yang melintas di Tol Japek sebaiknya berhati-hati, mulai nanti malam dan besok malam (18-19 April 2021) ada relokasi VMS di KM 21+850 arah Cikampek.

PT Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTTRD) selaku pengelola Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) mengumumkan pekerjaan relokasi VMS (Variable Message Sign) yang berada di KM 21+850 arah Cikampek. Untuk itu pengendara diimbau untuk berhati-hati dan mewaspadai kemacetan yang mungkin terjadi.

Waktu pekerjaan Relokasi VMS Tol Japek

Pekerjaan relokasi VMS bakal dilaksanakan secara bertahap selama dua malam pada periode window time. Dimulai pada hari Minggu, 18 April 2021 pukul 22.00 hingga hari Senin, 19 April 2021 pukul 04.00 WIB.

“Dilakukan secara bertahap pada hari Minggu, 18 April 2021 pada periode 𝘸𝘪𝘯𝘥𝘰𝘸 𝘵𝘪𝘮𝘦 yaitu pukul 22.00 sampai dengan pukul 04.00 WIB.” jelas General Manager Representative Office 1 JTTRD Widiyatmiko, dalam keterangan resminya di laman Jasa Marga, (19/4/2021).

>>> 5 Cara Menghindari Kecelakaan di Jalan Tol

Gambar area Lokasi pekerjaan relokasi VMS Tol Japek

Ada pekerjaan relokasi VMS di Tol Japek KM 21+, pengendara dimohon berhati-hati

Mengingat pekerjaan berada di jalur utama dengan VMS dipasang melintas jalur, akan dilakukan pengaturan lalu lintas secara ketat. Jalur arah Cikampek maupun arah Jakarta dipastikan tetap beroperasi. Namun khusus jalur arah Cikampek bakal dilakukan skema buka tutup.

“Namun kami tegaskan, tidak ada  penutupan operasional Jalan Tol Jakarta-Cikampek baik arah Jakarta maupun arah Cikampek,” lanjut Widiyatmiko.

Selain berhati-hati diimbau kepada warga yang berencana lewat Tol Japek untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki tol. Minimal melengkapi dengan hal-hal penting seperti perbekalan air, makanan dan hal penting lainnya. Pastikan juga untuk memantau kondisi lalu lintas perjalanan. Untuk informasi lalu lintas di sekitar lokasi pekerjaan, pengendara bisa menghubungi Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080.

Variable Message Sign (VMS)

Variable Message Sign (VMS) jalan tol merupakan perangkat kontrol lalu lintas yang dapat menampilkan satu atau lebih pesan kepada pengguna jalan. Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Astra Infra menjelaskan, secara umum fungsi VMS adalah untuk menyampaikan informasi peringatan, larangan, perintah dan petunjuk. Di jalan tol VMS juga juga digunakan untuk beragam kebutuhan Manajemen Lalu Lintas, misalnya display tarif, status buka atau tutup gardu, dan yang lain. Sedangkan di luar tol, penggunaan VMS lebih beragam lagi, termasuk digunakan untuk sarana periklanan.

>>> Stiker RFID Jasa Marga Diharap Kurangi Antrean di Gerbang Tol

Foto Layar VMS di Tol Japek

VMS akan direlokasi ke tempat yang lebih aman

>>> Baca berita lainnya seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top