Rekor Kelima Honda Civic Type R Taklukan Waktu Sirkuit Hungaroring

09/08/2018

Pasar mobil
Share this post:
Rekor Kelima Honda Civic Type R Taklukan Waktu Sirkuit Hungaroring
Honda Civic Type R kembali memecahkan rekor kelima dari trek balap di Benua Biru. Kali ini, sirkuit langganan F1, Sirkuit Hungaroring di Hungaria menjadi korbannya.

Sirkuit berkapasitas 70.000 tempat duduk ini menjadi saksi bagaimana mantan juara dunia F1 Jenson Button memacu Honda Civic Type R untuk mencatatkan rekor terbaik dalam 2 menit 10.19 detik, rekor baru untuk mobil produksi berpenggerak roda depan.

Meskipun Button tidak lagi bertanding di Formula 1, Sirkuit Hungaroring merupakan salah satu sirkuit bersejarah baginya. Tahun 2006 menjadi tonggak sejarah pembalap kelahiran Somerset ini dalam meraih kemenangan F1 pertamanya di sirkuit kebanggan Hungaria ini.

Gambar yang menunjukan pembala Jensen Button ketika mengendarai Honda Civic Type R

Jensen Button ketika mengendari Honda Civic Type R

Dalam wawancaranya setelah menyelesaikan catatan rekornya, Button mengungkapkan, "Kami datang ke sini untuk Hungaroring, di mana saya memenangkan balapan F1 pertama saya pada tahun 2006 dengan Honda, untuk menetapkan rekor produksi lap drive front-wheel baru di Type R baru, dan saya sangat senang kami melakukannya!”

Upaya Button mengalahkan sirkuit yang terletak di Mogyoród, 25 kilometer dari ibukota Hungaria, Budapest, terekam dalam sebuah video yang dirilis oleh Honda. Video tersebut menunjukan bagaimana mantan pengemudi McLaren ini meliuk-liuk mengendarai mobil bertenaga 315 dk ini dengan rapi melalui tikungan tajam dan berbelok.

Detik-detik pemecahan rekor Sirkuit Hungaroring oleh Jensen Button dan Honda Civic Type R

>>> Berita pasar mobil paling lengkap hanya ada di sini

Civic Type R memang sedang berjaya dalam beberapa percobaan pemecahan rekor di lintasan terkenal di Eropa. Sebelumnya, Type R menjadi mobil produksi roda depan tercepat yang mengalahkan rekor Nürburgring Nordschleife pada bulan April 2017 dengan catatan waktu 7: 43.8 menit serta rekor 2: 53,72 menit di Spa Francorchamps di Belgia.

Gambar yang menunjukan mobil baru Honda Civic Type R ketika sedang melaju di Sirkuit Hungaroring

Honda Civic Type R ketika sedang mengarungi Sirkuit Hungaroring

Honda mengatakan, "Ini lima catatan Civic Type R sebagai mobil tercepat di kelasnya." Mengingat VTEC Turbo 2.0 liter menghasilkan 316 daya kuda dan 400 Nm torsi, yang memungkinkan untuk berlari 0 – 100 km/jam dari berhenti dalam waktu kurang dari enam detik dan mencapai kecepatan tertinggi 273 km/jam, sulit untuk memperdebatkan klaim itu.

>>> Klik sini untuk update berita otomotif tertarik yang hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top