Reklame Tercepat di Dunia, Berikut ini Sponsor Balap Paling Ikonik

10/05/2020

Pasar mobil

7 menit

Share this post:
Reklame Tercepat di Dunia, Berikut ini Sponsor Balap Paling Ikonik
Lebih dari sekadar sumber dana, kehadiran sponsor balap dalam sebuah tim balap juga mempercantik tampilan mobil, dan membuatnya lebih ikonik. Dari ratusan perusahaan yang telah berkecimpung balap, lima ini kami merasa yang paling ikonik.

Saat ini, sponsor balap sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia balap selama lebih dari setengah abad terakhir. Puluhan, bahkan ratusan korporasi menjadikan mobil balap sebagai media promosi, sebuah reklame berjalan tercepat di dunia.

>>> Mobil baru paling mahal sepanjang sejarah adalah.....

Sejarah sponsor balap sendiri dapat ditarik jauh ke dekade 1950-an, di mana para pembalap National Association for Stock Car Auto Racing (NASCAR), yang mayoritas independen tanpa dukungan tim atau pabrikan untuk program balapnya, mencari tambahan pundi-pundi uang dari beberapa usaha lokal, baik itu bengkel atau dealer mobil.

Mobil NASCAR Chevrolet tahun 1959 milik Rex White

Mobil balap F1 Racing Point RP20

Perbedaan livery mobil balap tahun 1950-an dan tahun 2020

Seiring berjalannya waktu, perusahaan besar mulai melirik potensi ajang balap sebagai sarana pemasaran yang menarik, dan mulai mensponsori pembalap dan tim. Beberapa di antaranya berkaitan dengan otomotif seperti mobil, oli, bahan bakar, beberapa lagi bersifat lifestyle seperti rokok, minuman keras, atau sejenisnya.

Selama lima puluh tahun terakhir, sudah tak terhitung sponsor balap yang menghadirkan livery mobil menarik dan eye catching, yang paling baru Racing Point yang menggunakan mobil berwarna pink, yang merupakan warna BWT, sang sponsor utama.

Dari banyaknya sponsor balap yang sudah wara-wiri, Cintamobil.com memilih lima yang paling ikonik, atau dengan sejarah panjang. Untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

1. Marlboro

Michael Schumacher mengendarai Ferrari F2001

Marlboro masih jadi sponsor utama Ferrari saat ini, meski dalam kapasitas berbeda

Marlboro merupakan salah satu sponsor balap paling ikonik, paling sukses, dan masih eksis saat ini, khususnya di Formula 1. Sejak pertama kali mensponsori BRM pada tahun 1972, tidak bisa dipungkiri brand yang dimiliki Philip Morris International itu menjadi salah satu sponsor paling sukses di dunia balap.

>>> Temukan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Bagaimana tidak, livery merah putih khas Marlboro nempel di beberapa mobil balap F1 paling dominan yang pernah dibuat, sebut saja McLaren MP4-4 yang memenangi 15 dari 16 balapan musim 1988, sampai dominasi Ferrari-Michael Schumacer yang menorehkan lima gelar juara dunia beruntun dalam kurun 2000-2004.

Saat ini, Marlboro masih menjadi sponsor utama Ferrari, namun dengan kapasitas berbeda. Mereka menyisipkan kampanye Mission Winnow sebagai sponsor utama, dan menyediakan slot untuk sponsor lain seperti Shell, UPS, Rayban, dan lainnya.

2. Martini

Lancia Delta Integrale, mobil reli ikonik tahun 1980-an

Martini meraih puncak popularitasnya ketika menjadi sponsor Martini di World Rally Championship

Minuman keras asal Italia, Martini mulai berkecimpung di dunia balap mulai 1961, namun livery khas Martini baru muncul di mobil balap mulai 1968. Mengenyam kesuksesan awal bersama Porsche dengan menjuarai Le Mans 24 jam 1971 dan 76-77, dan juga jadi sponsor Alfa Romeo serta Lotus di Formula 1, puncak kesuksesan mereka terjadi tahun 1980-an bersama Lancia.

Mulai dari program balap sportscar, sampai ajang balap World Rally Championship, livery putih dengan sentuhan garis biru-merah khas Martini menghiasi mobil balap legendaris Martini, mulai dari Delta S4, sampai Delta Integrale yang mendominasi WRC tahun 1980-an, di mana Juha Kankkunen (1987) dan Miki Biasion (1988-89) jadi juara dunia bersama Martini saat itu.

Terakhir, Martini menjadi sponsor utama Williams Racing di Formula 1 tahun 2014, yang hanya menorehkan satu pole di Austria 2014, dan beberapa podium selama empat tahun jadi penyokong tim F1 legendaris itu.

3. 555

Subaru Impreza WRC dengan sponsor 555

Pada akhirnya, perpaduan warna biru-emas ini jadi hero color untuk Subaru

Memiliki nama asli State Express 555, brand milik British American Tobacco ini jadi salah satu sponsor balap paling ikonik di era 1990-an. Salah satunya kerja sama dengan Subaru, yang berlangsung dari 1993-2004, yang menghasilkan tiga gelar juara dunia bersama Colin McRae tahun 1995, Richard Burns tahun 2001, dan Petter Solberg tahun 2003.

>>> Jangan lewatkan berita terbaru seputar pasar mobil di sini

Jacues Villeneuve BAR, Canadian GP 1999

Livery zipper yang ikonik dari British American Racing pada musim debut tahun 1999

Di ajang Formula 1, BAT menurunkan tim British American Racing yang akan menjalani debut tahun 1999, saat itu BAT ingin mempromosikan dua brand rokok sekaligus, Lucky Strike dan 555. Mereka berencana menghadirkan dua mobil balap dengan livery berbeda, namun rencana ini ditolak mentah-mentah FIA. Solusinya, BAR 01 memadukan dua livery dalam satu mobil, yang kita ingat sebagai livery zipper.

4. West

David Coulthard mengendarai mobil F1 McLaren MP4-14

Meski tidak sesukses Ferrari-Marlboro, West mencuri perhatian penggemar F1 di era pergantian millenium

Sejarah West sebagai sponsor balap F1 dimulai dari pertengahan 80-an, di mana West menjadi sponsor utama tim balap F1 asal Jerman, Zakspeed pada 1985-1989, yang memperkuat brand milik Imperial Tobacco itu sebagai market leader di Jerman.

Namun, kita semua mengingat West di era McLaren-Mercedes, di mana perpaduan livery hitam-silver pada mobil F1 McLaren tahun 1997-2005 menjadi sangat ikonik dan sukses, dengan dua gelar juara beruntun tahun 1988-1999 bersama The Flying Finn, Mika Hakkinen.

5. Renown

Mazda 787B memenangi Le Mans 1991 dengan sponsor Renown

Siapa sangka mobil balap dengan livery funky ini adalah pemenang Le Mans 24 jam?

Berbeda dari empat sponsor balap di atas yang merupakan produsen rokok atau minuman keras, Renown merupakan perusahaan tekstil asal Jepang yang jadi penyokong program Sportscar Mazda pada pertengahan 80-an sampai awal 90-an.

Perpaduan warna livery oranye-hijau yang nyentrik khas Renown dipakai Mazda 787B saat meraih kemenangan ikonik pada gelaran Le Mans 24 Jam 1991. Siapa sangka mobil balap dengan livery yang sangat funky ini menjadi mobil pertama, dan satu-satunya pemenang Le Mans dengan mesin rotary?

Dari kelima sponsor balap di atas, mana yang menurut para pecinta mobil paling ikonik?

>>> Berita otomotif terbaru bisa Anda simak di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Sejarah Honda NSX: Sportscar Jepang Dengan Cita Rasa Italia

02/05/2020

Pasar mobil

10 menit

Selain Nissan Skyline, Mazda RX-7, dan Toyota Supra, ada satu lagi model yang jadi ikon mobil Jepang performa tinggi di era 90-an, yakni Honda NSX. Pingin tahu sejarah lengkapnya? Simak terus di Cintamobil.com

Lihat juga

Sejarah Mazda RX-7: Sportscar Rakyat Yang Melegenda

26/04/2020

Pasar mobil

4 menit

Hadir sebagai sportscar murah, Mazda RX-7 berevolusi jadi posterboy mobil performa tinggi Jepang tahun 1990-an bersama Skyline GT-R dan Toyota Supra MK4, yang pada akhirnya jadi legenda. Bagaimana perjalanan sportscar yang ikonik dengan mesin wankel rotary ini?

Lihat juga

[INFOGRAFIK] Sejarah Nissan Skyline GT-R: ‘Godzilla’ Penakluk Trek Balap

10/04/2020

Pasar mobil

2 menit

Sejarah Nissan Skyline GT-R meruak dari popularitasnya di pasar domestik Jepang setelah diperkenalkan oleh Prince Motor Company hingga tak terkalahkan di arena balap.

Lihat juga

Sejarah Mobil Ford: Berawal dari Mobil Sport dan Ford Model A

14/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Dikenal sebagai satu diantara pabrikan tertua yang ada di Amerika, ternyata sejarah mobil Ford dimulai dari mobil balap, hingga akhirnya Ford menginginkan agar mobil menjadi lebih murah dan bisa dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat.

Lihat juga

Sejarah Mobil Porsche Type 64: Mobil Pertama Porsche yang Bukan ‘Porsche’

18/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Rumah lelang RM Sotheby tahun lalu berencana melelang Porsche Type 64 yang disebut sebagai Porsche pertama. Namun sejarah mobil Porsche Type 64 sebagai mobil pertama terjadi karena sebuah logo.

Lihat juga
 
back to top