Ada Demo di Libur Cuti Bersama, Ini Rekayasa Lalu Lintas Jalan Jakarta

28/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Ada Demo di Libur Cuti Bersama, Ini Rekayasa Lalu Lintas Jalan Jakarta
Pihak kepolisian sudah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas jalan Jakarta terkait dengan adanya aksi demonstrasi yang bakal digelar oleh BEM SI hari ini.

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana akan melakukan aksi demonstrasi terkait penolakan terhadap Undang-undang Cipta Kerja di Jakarta. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Ditlantas Polda Metro Jaya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas jalan Jakarta di sekitar  Istana Merdeka, Gedung DPR/MPR, dan Tugu Proklamasi. 

“Hindari kawasan Istana Merdeka dan Jalan MH Thamrin, Gedung DPR/MPR, dan Tugu Proklamasi,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Rekayasa lalu lintas

Sejumlah jalan di sekitar Istana Merdeka ditutup

Polisi melakukan penutupan jalan di sejumlah titik di Istana Merdeka. Total ada 9 titik yang akan ditutup di antaranya, Jalan Abdul Muis arah Jalan Fatmawati, pertigaan mengarah ke Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan Medan Merdeka Timur arah Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan Medan Merdeka Selatan, perempatan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jalan Budi Kemuliaan arah Patung Kuda Arjuna Wijaya, pertigaan Jalan Abdul Muis arah Jalan Medan Merdeka Barat, perempatan Harmoni arah jalan Majapahit, dan Jalan Veteran Raya arah Jalan Ir H Juanda. Perihal rekayasa lalu lintas di sejumlah jalan Jakarta, berikut rinciannya. 

>>> Mau Ada Demo, Rekayasa Lalu Lintas Jalan Jakarta di Sekitar Istana Disiapkan

Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Istana

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jl Veteran III diluruskan ke TL Harmoni.
2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.
3. Arus lalu lintas dari Jl Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.
4. Arus lalu lintas dari Jl MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan ke Jl Kebon Sirih.
5. Arus lalu lintas dari Jl Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Fachrudin dan arus lalin dari Jl Fachrudin yang akan belok kanan ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Abdul Muis.
6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jl Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jl Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jl Museum diluruskan ke Jl Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jl Majapahit.
7. Arus lalu lintas dari l Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jl Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jl Juanda dan arus lalu lintas dari Jl Veteran Raya yang akan belok ke kiri ke Jl Majapahit diluruskan ke Jl Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jl Gajah Mada.

>>> Tips Mengemudi Aman saat Ada Unjuk Rasa

Rekayasa lalu lintas

Demo diprediksi menyasar gedung DPR

Rekayasa arus lalu lintas di depan DPR:

1. Arus lalu lintas dari Jl Gatot Subroto arah Gedung DPR dibelokkan ke kiri ke Jl Gerbang Pemuda.
2. Arus lalu lintas dari Jl Gerbang Pemuda arah Jl Gatot Subroto diputar balik di kolong layang Farmasi ke Jl Gerbang Pemuda.
3. Arus lalu lintas dari Tol Dalam Kota yang akan keluar di off ramp Pulo Dua diluruskan ke arah Tol Tomang.
4. Arus lalu lintas dari Jl Palmerah timur arah Jl Gelora diluruskan ke Jl Tentara Pelajar.
5. Arus lalu lintas dari Jl Asia Afrika arah Jl Gelora dibelokkan ke kanan Jl Gerbang Pemuda.
6. Arus lalu lintas dari Jl Gerbang Pemuda arah Jl Gelora dibelokkan ke kiri Jl Asia Afrika.

Rekayasa lalin di sekitar Tugu Proklamasi:

1. Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Pramuka yang akan menuju Jalan Proklamasi di Traffic Light Tambak dialihkan menuju Jalan Manggarai maupun ke Jalan Matraman Dalam.
2. Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Diponegoro yang akan menuju Jalan Proklamasi diluruskan menuju Salemba Raya.
3. Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Cikini Raya yang akan menuju Jalan Proklamasi dialihkan menuju Jalan Salemba Raya.

>>> Mobil Korban Kerusuhan, Bisakah Mendapatkan Klaim Asuransi?

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top