Jelang Demo Mahasiswa, Begini Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Istana

08/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jelang Demo Mahasiswa, Begini Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Istana
Ribuan mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI berencana untuk melakukan aksi demo hari ini. Untuk mengantisipasinya, berikut rekayasa lalu lintas di Istana.

Pengesahan Undang-undang Cipta Lapangan Kerja oleh Dewan Perwakilan Rakyat belum lama ini masih menuai polemik di masyarakat. Hal itu memicu adanya aksi demonstrasi lanjutan yang bakal dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) hari ini. 

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pun telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat terkait rencana aksi mahasiswa BEM SI di depan Istana Negara.

Pengalihan arus lalu lintas

Demo sudah terjadi sejak 5 Oktober

>>> Indeks Kecelakaan Lalu Lintas Indonesia Mengkhawatirkan

Rekayasa Lalu Lintas Disiapkan

Polisi menyiapkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar istana untuk mengantisipasi kemacetan.

“Rekayasa lalu lintas sekitar Istana Negara ini sifatnya situasional, manakala terjadi kepadatan akan kita terapkan pengalihan arus lalu lintas,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dikutip NTMC Polri, Kamis (8/10/2020). 

Sambodo juga telah menyiapkan sejumlah personel untuk pengaturan lalu lintas tersebut. Para personel itu akan ditempatkan di beberapa titik yang rawan kemacetan hingga lokasi aksi. 

Polda Metro Jaya mengerahkan 9.000 personel gabungan TNI-Polri untuk mengamankan aksi unjuk rasa ini. Tidak hanya di depan istana, personel TNI-Polri juga disiagakan di depan DPR dan juga kawasan industri yang pekerjanya melakukan mogok kerja.

Seperti diketahui, ribuan mahasiswa berencana menggelar aksi demo di depan Istana Merdeka, hari ini. Diperkirakan ada lebih dari 5.000 mahasiswa dari 300 kampus di seluruh Indonesia yang bergabung dalam aksi ini.

Pengalihan arus lalu lintas

Ganjil genap tak berlaku 

>>> Butuh 60 Kamera Baru untuk Tilang Elektronik di Jakarta Tahun Depan

Berikut rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Negara:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jl Veteran III diluruskan ke TL Harmoni.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalu litas dari Jl Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

4. Arus lalu lintas dari Jl MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan ke Jl Kebon Sirih.

5. Arus lalu lintas dari Jl Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Fachrudin dan arus lalin dari Jl Fachrudin yang akan belok kanan ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Abdul Muis

6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jl Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jl Maapahit yang akan belok ke kiri ke Jl Museum diluruskan ke Jl Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jl Majapahit.

7. Arus lalu lintas dari l Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jl Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jl Juanda dan arus lalu lintas dari Jl Veteran Raya yang akan belok ke kiri ke Jl Majapahit diluruskan ke Jl Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jl Gajah Mada.

>>> Pelanggaran Lalu Lintas di Jakarta Selama PSBB Transisi Meningkat

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top