Recall Tesla Model S dan Model X Kembali Terjadi

05/02/2021

Pasar mobil

5 menit

Recall Tesla kembali lagi terjadi, kali ini karena chip processor yang ada pada head unit Tesla Model S dan Tesla Model X dan bisa menyebabkan perangkat tersebut error.

Recall Tesla kembali dilakukan. Kali ini penarikan kembali (recall) tersebut menyentuh 134.951 unit mobil listrik Tesla. Adapun recall Tesla ini berdampak pada jenis Model S dan Mobil X yang dipasarkan di Amerika Serikat (AS).

Untuk Tesla Model S yang harus ditarik lagi dari peredaran adalah yang diproduksi rentang tahun 2012 hingga 2018. Sementara untuk Tesla Model X yang direcall adalah unit yang keluar dari lini produksi periode tahun 2016 sampai 2018.

>>> Buntut Recall Model S dan X, Tesla Kini Dalam Pengawasan

Kerusakan Pada Monitor Infotainment

Head Unit Tesla

Kerusakan bisa membuat head unit tak dapat diakses

Recall Tesla ini keluar setelah pihak NHTSA (National Highway Traffic Safety Administation) menemukan adanya masalah pada chip processor yang terdapat pada sistem infotainment kedua jenis mobil tersebut. Komponen ini akan menyebabkan monitor pada head unit di mobil itu tidak dapat diakses dan membeku (freeze).

Disatu sisi, keberadaan monitor yang ada dibagian tengah dasbor Tesla ini sangatlah vital bagi mobil tersebut. Karena hampir semua sistem pada mobil diakses melalui perangkat berlayar lebar ini. NHTSA pun khawatir, kerusakan chip tersbeut juga akan mempengaruhi kinerja kamera pada mobil sehingga mengganggu pula sistem autopilot yang sering digunakan para pemilik Tesla.

"Kendaraan yang terkena dampak harus memperbaiki suku cadang dengan eMMC 64GB," tulis pernyataan resmi NHTSA seperti dikutip dari Carscoop, Jumat (05/0/2021). Meskipun jumlah recall Tesla kali ini juga cukup banyak, namun NHTSA menegaskan belum ada laporan kecelakaan akibat kasus tersebut.

>>> Pembaruan Fitur Summon Autopilot Tesla Ubah Mobil Jadi Remote Control

Akan Dilakukan Penggantian Komponen Cuma-cuma

Tesla Model X Recall

Bukan recall pertama yang dilakukan Tesla

>>> Review Tesla Model Y 2019: Penantang Baru SUV Kompak Bertenaga Listrik

Semua pemilik Model S dan Model X yang unitnya diproduksi tercatat sebagai kendaraan yang terdampak recall Tesla ini diharapkan segera mendatangi dealer resmi Tesla untuk dilakukan perbaikan. Adapun perbaikannya dilakukan dnegan mengganti chip yang bermasalah tadi.

Tidak akan ada biaya apapun yang bakal ditanggung pemilik Tesla. Bahkan jika pemilik kedapatan pernah melakukan penggantian dan dikenai biaya oleh dealer atau bengkel tersebut sebelumnya, maka akan diberikan kompensasi dari Tesla.

Ini bukan kali pertama Tesla melakukan recall terhadap produknya. Sebelumnya Tesla juga melakukan tindakan serupa atas produk yang dipasarkan di Cina.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top