Recall Mobil Toyota karena Masalah Pompa Bensin Juga Dilakukan di Filipina

27/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Recall Mobil Toyota karena Masalah Pompa Bensin Juga Dilakukan di Filipina
Selain Indonesia, recall mobil Toyota juga dilakukan di Filipina. Masalahnya pun sama yakni terkait dengan pompa bensin yang dapat membuat mesin mati tiba-tiba.

Toyota Motor Philippines (TMP) baru saja mengumumkan melakukan recall pada sejumlah model populernya di Filipina.

Recall mobil Toyota kali ini menyasar pada model yang diproduksi tahun 2013 hingga 2019 terkait permasalahan pompa bensin.

recall mobil

Recall melibatkan berbagai model populer, salah satunya Innova

>>> Toyota Recall Sejumlah Mobil di Indonesia karena Masalah Fuel Pump

Diduga Masalah Timbul dari Suplier Denso

Beberapa model yang terlibat dalam recall mobil Toyota di Filipina ini adalah: 

1. Alphard produksi 4 September 2017-11 Desember 2018
2. Corolla Altis produksi 25 Desember 2017-26 Desemberi 2018
3. FJ Cruiser produksi 2 September 2013-3 Juni 2015
4. Fortuner produksi 28 November 2017-19 September 2018
5. Innova produksi 1 Januari 2017-10 Mei 2019
6. Land Cruiser Prado produksi 6 September 2013-2 Maret 2015. 

Toyota tak menjelaskan secara detail terkait akibat yang bisa timbul dari permasalahan pompa bensin tersebut. Satu yang diketahui adalah recall Toyota kali ini berkaitan dengan suplier Denso. Denso memang tengah melakukan recall pompa bensin di seluruh dunia. 

Permasalahannya impeler di dalam pompa dapat retak dan berubah bentuk hingga mengakibatkan mesin mati secara tiba-tiba pada kecepatan tinggi. Ini tentu membahayakan bagi pengendara karena dapat berpotensi menimbulkan kecelakaan. 

Hingga saat ini permasalahan pompa bensin telah berdampak pada lebih 2 juta unit mobil Toyota di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. 

>>> Banyak Recall Mobil di Indonesia karena Masalah Fuel Pump, Apa Dampaknya?

Recall Serupa Juga Dilakukan di Indonesia

Di Indonesia, recall Toyota terkait permasalahan pompa bensin lebih dulu dilakukan pada awal Agustus 2020. Adapun model-model yang mendapatkan recall mobil Toyota karena fuel pump bermasalah dan harus menggantinya kali ini adalah Alphard produksi tahun 2017-2018, Corolla produksi tahun 2018, FJ Cruiser produksi tahun 2013-2014, Kijang Innova, Fortuner, dan Hilux produksi tahun 2017-2019. 

Toyota merekomendasikan para pemilik kendaraan Toyota yang termasuk dalam program ini untuk segera mengecek kendaraannya melalui berbagai saluran komunikasi yang disiapkan khusus demi memberikan kemudahan bagi para pelanggan. 

recall mobil

Masalah pompa bensin juga menghantui pabrikan lain di Indonesia

Pelanggan dapat langsung menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat atau yang diinginkan, untuk dilakukan pengecekan dan penggantian fuel pump jika diperlukan.

Selama masa pandemi Covid-19, pelayanan pemeriksaan kendaraan tetap dapat dilakukan dengan memperhatikan kondisi dan mengikuti protokol yang berlaku di setiap daerahnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan keselamatan teknisi maupun pelanggan tetap menjadi yang utama.

Proses penggantiaan dapat dilakukan di dealer yang masih beroperasi. Namun untuk turut serta mengurangi potensi penularan Covid-19, penggantian ini juga dapat dilakukan setelah masa darurat selesai. Pelanggan juga disarankan untuk selalu memperhatikan tanda peringatan di kendaraan, jika ada yang malfungsi segera bawa kendaraannya ke bengkel resmi Toyota terdekat.

>>> Mengenal Recall atau Penarikan Kembali Mobil

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top