Realisasikan Rencana Kang Emil, Pagar Pengaman Rolling Barrier Pertama Sudah Terpasang

07/01/2019

Pasar mobil
Realisasikan Rencana Kang Emil, Pagar Pengaman Rolling Barrier Pertama Sudah Terpasang
Rencana Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memasang pagar pengaman jalan berteknologi modern diwujudkan. Pagar Rolling Barrier kini terpasang di tikungan tempat terjadinya kecelakaan bus di Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat, (8/10/2018) lalu.

Kecelakaan mengejutkan terjadi pada 8 September 2018 di turunan menikung Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat. Sebanyak 21 orang meninggal dunia dan sisanya mengalami luka. Terlepas pengemudi yang kurang mengusai medan dan kendaraan sebab bukan pengemudi aslinya, kecelakaan ini membuka mata betapa pentingnya piranti keamanan pagar jalan untuk mengurangi fatalitas sebuah kecelakaan.

Foto bus kecelakaan sedang dievakuasi

Kecelakaan bus wisata di Cikidang,(8/10/2018), 21 orang meninggal

Empat hari pasca kecelakaan Gubernur yang biasa disapa Kang Emil menuliskan rencananya menerapkan teknologi silinder putar Rolling Barrier pada setiap pagar pembatas jurang di wilayah Jawa Barat guna menghindari dampak lebih buruk kecelakaan melalui akun resmi Instagram @ridwankamil.

>>> Peduli Keselamatan, Ridwan Kamil Bakal Terapkan Teknologi Silinder Untuk Pagar Jurang

Saat ini pagar pengaman Rolling Barrier pertama sudah terpasang. Lokasinya tepat di tikungan tempat terjadinya kecelakaan tragis di atas yang memang sangat rawan kecelakaan. Melalui akun Twitter @ridwankamil, Kang Emil menuliskan status "Pemasangan prototipe teknologi Rolling Barrier untuk mengamankan jalanan Jawa Barat dari kecelakaan lalu lintas. Mulai dipasang di lokasi Cikidang Sukabumi tempat jatuhnya bus ke jurang. Semoga jalanan Jabar makin aman dan mengurangi potensi kecelakan fatal. #JabarJuara."

Sebagai tambahan informasi, pagar pengaman jalan Rolling Barrier yang digagas Gubernur Jawa Barat ini sudah diaplikasikan di Malaysia sejak akhir 2016, di Australia sejak 2014 dan sudah melalui pengujian di beberapa ruas jalan Eropa dan Amerika. Alat ini diproduksi perusahaan asal Korea Selatan, ETI Ltd dan telah mendapatkan sertifikat dari otoritas Keselamatan Lalu Lintas Jalan Korea Selatan. Bahkan untuk hak patennya juga tercatat di Amerika Serikat.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Foto Rolling Barrier tampak dari terpasang di lokasi kecelakaan Cikidang

Pagar jalan Rolling Barrier jadi yang pertama, terpasang di lokasi kecelakaan di Cikidang

Rolling Barrier terbuat dari dua lempeng baja yang mengapit roller plastik berwarna kuning menggunakan tiang baja sebagai sumbu. Kinerja Rolling Barrier adalah menyerap dan mengganti energi kejut kendaraan yang menabrak menjadi energi rotasi. Roller bakal berputar dan membantu kendaraan kembali ke jalan. Dengan begitu risiko kendaraan terperosok masuk jurang yang memungkinkan timbulknya banyak korban bisa diminimalkan.

>>> Banyak Kecelakaan Lalu Lintas, Negara Rugi Ratusan Miliar Rupiah

Gambaran sistem kerja Rolling Barrier bisa Anda lihat pada video berikut:

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top