Rayakan 25 Tahun Manthey Racing, Porsche Luncurkan 911 GT2 RS Spesial

08/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dalam rangka merayakan perusahaan balap Manthey Racing ke-25, Porsche meluncurkan 911 GT2 RS Clubsport 25. Mobil khusus sirkuit ini hanya diproduksi 30 unit.

Nama Manthey Racing mulai dikenal secara luas setelah Porsche 911 GT2 RS garapan mereka berhasil menaklukkan rekor lap tercepat Nurburgring untuk mobil produksi massal.

Perusahaan serta tim balap milik Porsche tersebut tengah berulang tahun ke-25 tahun ini. Untuk merayakannya, Porsche meluncurkan Porsche 911 GT2 RS versi balap bertajuk Clubsport 25.

Siapa Manthey Racing?

Bagi Anda yang masih asing dengan nama itu, Manthey merupakan perusahaan dan tim balap yang berfokus pada peningkatan performa Porsche. Mereka telah membawa pabrikan asal Jerman ini menjuarai berbagai ajang balap GT dan balap ketahanan mesin.

>>> Porsche Bikin MPV Unik, Kursi Sopirnya di Tengah!

Gambar Manthey GT3 R

Kesuksesan Manthey dan Porsche di ajang balap sudah tak perlu diragukan lagi

Perusahaan ini didirikan oleh Olaf Manthey pada tahun 1996 di Nurburgring. Olaf sendiri merupakan mantan pebalap Jerman yang sempat berkiprah di ajang DTM (Deutsche Tourenwagen Meisterschaft).

Meski sudah berkiprah selama 25 tahun, Porsche baru mengakuisisi Manthey setelah membeli 51% saham mereka di tahun 2013. Sejak saat itu, Manthey Racing resmi menjadi bagian dari Porsche.

Kesuksesan Porsche dan Manthey Racing di ajang balap akhirnya menjadi inspirasi Porsche untuk meluncurkan 911 GT2 RS Clubsport 25.

Mengambil Basis GT2 RS generasi 991.2

Mobil ini menggunakan platform Porsche 911 GT2 RS Clubsport generasi 991.2. Secara desain, Clubsport 25 terinspirasi dari Porsche 911 GT3 R 'Grello' milik Manthey yang menjuarai ajang 24 Hours of Nurburgring. Sekarang, mari kita simak detail dari mobil yang siap untuk dibawa balapan ini.

>>> Kisah Si Pemegang Rekor Nurburgring: Porsche 911 GT2 RS Manthey Racing

Gambar Porsche 911 GT2 RS Clubsport 25

Tampilan Porsche 911 GT2 RS Clubsport 25

Dimuali dari bagia depan, Porsche memasang radiator di tengah bumper ketimbang di bagian fender belakang pada GT2 RS standar untuk mendapatkan aliran angin yang lebih segar. Hal tersebut juga membuka ruang untuk dua saluran udara sebagai pendingin rem yang dilabur kelir hijau.

Pada kap depan, terdapat dua saluran ventilasi yang berfungsi untuk mengarahkan udara panas ke atap dan ke sayap belakang. Bicara soal sayap belakang, Clubsport 25 memiliki sayap belakang swan neck seperti Porsche 911 GT3 terkini dan juga spoiler ducktail.

Bagian bawah mobil yang biasanya terbuka kini tertutup oleh underbody untuk membantu mengurangi lift. Tentu, aerodinamika menjadi fokus utama mengingat mobil ini diciptakan untuk melahap sirkuit balap.

>>> Mercedes-AMG Luncurkan 3 Mobil Spesial 50 Tahun Kesuksesan Red Pig

Gambar Porsche 911 GT2 RS Clubsport 25

Tak bisa dibawa di jalan raya, mobil ini diciptakan untuk melahap waktu di sirkuit balap

Seperti 911 GT2 RS lainnya, Clubsport 25 dibekali mesin boxer 6-silinder twin-turbo berkapasitas 3.800 cc yang diklaim menghasilkan tenaga 700 dk dan torsi 750 Nm. Tenaga mesin tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 7-percepatan dual-clutch PDK (Porsche Doppelkupplung).

Porsche hanya memproduksi 911 GT2 RS Clubsport 25 sebanyak 30 unit dan dibanderol seharga €525.000 euro atau setara dengan Rp 8,9 miliar.

Sayang, mobil semahal ini tidak bisa Anda kemudikan di jalan raya. Mobil ini hanya legal untuk dikemudikan di sirkuit untuk balap atau track day bagi para konglomerat yang mencari adrenalin di akhir pekan.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top