Ramaikan Persaingan TCR, Mazda Perkenalkan Mazda 3 TCR

02/10/2019

Pasar mobil

5 menit

Ramaikan Persaingan TCR, Mazda Perkenalkan Mazda 3 TCR
Setelah beberapa tahun terakhir meramaikan IMSA kelas DPi, Mazda menambah portofolionya dengan memperkenalkan Mazda 3 TCR yang akan memulai debutnya tahun 2020.

Diperkenalkan Selasa (1/10) sore, Mazda3 TCR akan memulai debutnya di kejuaraan IMSA Michelin Pilot Challenge musim 2020. Kehadiran mobil ini juga mengamini spekulasi pabrikan Jepang itu akan menjadikan generasi terbaru Mazda 3 hatchbacknya sebagai mobil balap.

>>> Bagaimana impresi berkendara Mazda3 generasi terbaru? Simak ulasannya di sini

Dikembangkan oleh Long Road Racing, yang juga memproduksi mobil balap Mazda MX-5 Cup, Mazda3 TCR menggunakan mesin 4 silinder turbo dengan tenaga 350 HP, dan disambungkan ke transmisi manual sequential enam percepatan. Dan telah dihomologasi untuk mengikuti 36 kejuaraan turing di seluruh dunia yang diadakan oleh TCR.

Mazda3 TCR 2020 berwarna hitam

Mazda3 TCR juga menganut desain bahasa desain Kodo

Didesain di fasilitas Mazda Design America di Irvine, California, Mazda3 TCR menghadirkan bahasa desain terbaru Kodo “Soul of Motion” yang hadir di berbagai line-up Mazda terbaru, termasuk generasi terbaru Mazda3 yang rilis di Indonesia pada GIIAS 2019 beberapa saat lalu.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

“TCR menghadirkan peluang hebat bagi kami untuk memamerkan Mazda3 baru dan memberikan pelanggan kami opsi lain untuk balapan dengan mobil Mazda,” ujar Masahiro Moro, Chairman & CEO Mazda North American Operations.

“Beberapa kesuksesan kami di IMSA dan SRO TC Americas tidak terlepas dari peran tim balap yang memilih untuk menggunakan Mazda, dan kami berharap mereka juga melihat potensi serupa pada Mazda3 TCR.”

Mazda3 TCR 2020 tampak samping belakang

Mazda3 TCR sudah dihomologasi untuk 36 kejuaraan Touring Car Racing (TCR) di seluruh dunia

Sampai saat ini, belum ada tim yang diumumkan secara resmi oleh Mazda. Namun juara Mazda MX-5 Cup Global 2019, Bryan Ortiz, akan menjadi pembalap pertama yang mengendarai Mazda3 TCR.

>>> Berita terlengkap seputar pasar mobil bisa Anda lihat di sini

“Mazda3 menghadirkan desain dan teknis khas Mazda yang luar biasa, dan karena itu mobil ini menjadi fondasi luar biara bagi Mazda3 TCR baru kami,” ujar Direktur Mazda Motorsport, John Doonan.

“Kami menantikan untuk kembali meramaikan IMSA Michelin Pilot Challenge setelah absen selama beberapa tahun terakhir, dan semua orang di Mazda sangat bersemangat bahwa kami akan melakukannya tahun 2020. Kami sangat menantikan kesuksesan Mazda3 TCR di IMSA, SRO Americas, dan kompetisi TCR di seluruh dunia.”

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top