Raksasa Otomotif Jerman, Audi dan Porsche, akan Bekerja Sama untuk Pengembangan Mobil Listrik

13/02/2018

Pasar mobil
Raksasa Otomotif Jerman, Audi dan Porsche, akan Bekerja Sama untuk Pengembangan Mobil Listrik
Mobil listrik mungkin sudah menjadi perlombaan yang menarik di antara produsen mobil. Tapi, harga pembuatan mobil listrik yang cukup mahal membuat pembuatan mobil listrik sedikit terganggu. Karena itu, Audi dan Porsche akan bekerja sama untuk mengembangkan mobil listrik mereka.

Audi dan Porsche mungkin sering dianggap bersaing untuk memenangkan platform mobil mewah di industri otomotif dunia. Terutama ketika melihat pada mobil sport kelas tinggi, mereka seakan bersaing untuk mendapatkan pamor. Tapi, fakta bahwa mereka sama-sama dimiliki oleh Volkswagen, maka tidak salah jika Audi dan Porsche bekerja sama untuk mengembangkan mobil listrik untuk kemajuan perusahaan.

Gambar yang menunjukan CEO Audi saat ini, Rupert Stadler yang sedang berbicara di podium

CEO Audi saat ini, Rupert Stadler

Kedua produsen asal Jerman tersebut telah mengungkapkan bahwa mereka akan bekerja sama untuk mengembangkan platform mobil listrik yang akan digunakan pada model masa depan kedua merek tersebut.

Divisi mobil mewah dari Volkswagen ini berencana untuk mengembangkan platform bersama untuk kendaraan listrik. Kerja sama ini dimaksudkan untuk membuat pengurangan yang signifikan terhadap biaya yang dikeluarkan.

Seperti yang diungkapkan oleh CEO Audi, Rupert Stadler pada surat kabar ternama di Jerman, Stuttgarter Zeitung dan Stuttgarter Nachrichten, “Pada 2025, kita menghadapi jumlah satu digit miliaran Euro untuk megembangkan arsitektur [kendaraan].” (10/2)

>>> Baca juga Serikat pekerja Jerman melakukan pemogokan

Di sisi lain, CEO Porsche, Oliver Blume, juga menanggapi dengan pernyataan yang serupa. “Jika keduanya [Audi dan Porsche] bergerak sendiri, harga [pengembangannya] akan menjadi 30% lebih tinggi.” Blume juga menambahkan bahwa Audi telah memperkejakan 550 pengembang untuk proyek kerja sama ini dan pengembangan Porsche 300.

Gambar yang menunjukan mobil Porsche Maca berwarna hitam yang berada di padang pasir

Salah satu proyek bersama Audi dan Porsche, Porsche Macan

Porsche dan Audi sudah tidak asing lagi dengan proyek bersama. Cayenne dan Macan merupakan salah satu proyek bersama yang menggunakan sasis dasar yang sama dengan Audi Q5 dan Audi Q7. Blume mengatakan bahwa pembuat mobil sport tersebut dapat membangun model pertama berdasarkan arsitektur di Leipzig, dimana dia telah merakit model sport utility Macan-nya.

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

Dari tahun 2021 dan seterusnya, kedua perusahaan ingin membawa beberapa model ke jalanan berdasarkan platform bersama, Stadler mengatakan bahwa akan membangun dua mobil sedan di Neckarsulm dan dua mobil SUV berbasis Ingolstadt.

Gambar yang enunjukan mobil listrik terbaru Porsche Mission E yang sedang dipamerkan

Mobil listrik flagship terbaru Porsche, Mission E

Perusahaan yang berbasis di Stuttgart mengatakan akan menghabiskan lebih dari enam miliar Euro (lebih dari Rp. 10 Triliun) untuk mengembangkan mobil hibrida dan bertenaga baterai dalam lima tahun mendatang. Lebih dari 500 Juta Euro akan digunakan untuk mengembangkan mobil listrik Porsche, Mission E, yang dijadwalkan untuk diluncurkan pada akhir 2019 mendatang.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

 
back to top