Rakit DBX, Aston Martin Siapkan Pabrik Baru

09/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Rakit DBX, Aston Martin Siapkan Pabrik Baru
Keseriusan Aston Martin dalam menghadirkan Aston Martin DBX memang tidak main-main, pabrikan mobil mewah asal Britania Raya itu menyiapkan fasilitas baru untuk perakitan SUV pertamanya.

Gaydon memang masih jadi pusat produksi Sportscar ikonik asal Inggris itu, namun pabrikan Britania Raya itu menggunakan fasilitas baru di daerah St. Athan, Wales sebagai pabrik perakitan SUV Aston Martin DBX yang mulai diproduksi pada paruh kedua 2020.

>>> Review Aston Martin DBX bisa Anda lihat di sini

Dibangun di atas tanah seluar 90 hektar, pabrik baru Aston Martin ini dulunya merupakan pangkalan angkatan udara pada masa perang dan menjadi pusat pelatihan pilot. Dalam waktu dua tahun, Aston Martin menyulapnya jadi sebuah pabrik canggih yang dapat menampung 600-750 pekerja untuk merakit Aston Martin DBX.

Suasana perakitan mobil di pabrik baru Aston Martin

Memiliki luas 90 hektar, pabrik baru Aston Martin dapat menampung sampai 750 pekerja

Resmi dibuka 6 Desember 2019, Presiden dan CEO Group Aston Martin Lagonda dan Perdana Menteri Wales, Drakeford menghadiri prosesi pembukaan. Lebih dari sekadar pabrik baru, fasilitas St. Athan jadi salah satu tonggak Aston Martin dalam memasuki persaingan SUV dengan DBX.

“St. Athan adalah langkah penting dari menyiapkan mobil baru kami, DBX, di mana akan dibuat di fasilitas baru ini. Pembukaan pabrik St. Athan adalah tonggak yang sangat penting dalam rencana pertumbuhan perusahaan dan integral dengan ambisi kami sebagai merek mewah global dengan kehadiran di semua sektor utama pasar,” ujar Palmer.

>>> Pilihan mobil dengan harga dan kondisi terbaik bisa Anda lihat di sini

Memulai produksi paruh akhir 2020,Aston Martin DBX rakitan St. Athan ditargetkan jadi komoditi ekspor dengan presentasi 90% mobil yang diproduksi untuk pasar luar negeri. Namun, DBX bukanlah model pertama yang dirakit di fasilitas baru ini, karena Aston Martin akan merakit sedan listrik Rapide E limited edition lebih dulu di sana.

Aston Martin DBX tampak samping

Mulai produksi tahun depan, Aston Martin hanya akan memproduksi 5.000 unit DBX per tahun

>>> Simak kabar seputar pasar mobil lokal dan internasional di sini

Dirakit di fasilitas baru, bukan berarti Aston Martin DBX akan dibuat massal dengan jumlah yang banyak. Palmer menambahkan mereka hanya akan membuat 5.000 unit per tahun untuk menjaga ekslusifitas. Selain DBX, pabrik baru Aston Martin ini juga akan mulai merakit mobil listrik Lagonda.

Diperkenalkan bulan lalu, Aston Martin DBX menjadi penanda masuknya pabrikan Britania Raya itu ke dalam persaingan SUV premium. Model awal menggunakan mesin V8 4.0 liter twin turbo, dan tidak menutup mungkin akan hadir juga varian V12 nya. Menghasilkan tenaga 542 HP dan torsi 700 Nm, dan disambungkan oleh transmisi matic 9-percepatan menuju keempat roda, DBX dapat melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,3 detik dengan kecepatan puncak 291 km/jam.

>>> Berita otomotif terlengkap bisa Anda lihat di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Perkenalkan DBX, Aston Martin Resmi Ramaikan Pertarungan SUV Mewah

20/11/2019

Mobil baru

5 menit

Saat ini, SUV jadi model yang paling digandrungi di seluruh dunia. Seolah tak ingin ketinggalan tren pasar, Aston Martin memperkenalkan model SUV pertamanya, Aston Martin DBX.

Lihat juga

Dijanjikan Mewah dan Ekslusif, Motor Aston Martin Diperkenalkan Bulan Depan

25/10/2019

Event - Promosi

5 menit

Motor Aston Martin! Ya, Anda tidak salah baca, karena kabarnya Aston Martin akan meluncurkan satu model motor pada acara EICMA 2019 bulan depan. Aston martin menggandeng perusahaan sepeda motor legendaris asal Inggris untuk project ini.

Lihat juga

[Infografik] 8 Mobil Aston Martin Sepanjang Sejarah Adaptasi Film James Bond

09/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Meskipun James Bond pernah mengendarai lebih dari puluhan jenis mobil, tapi Aston Martin selalu menjadi mobil ikonik agen mata-mata Inggris tersebut. Selain DB5, ada berbagai mobil Aston Martin lainnya yang digunakan oleh James Bond dalam berbagai kesempatan.

Lihat juga

Empat Mobil Aston Martin ‘Bintangi’ Sekuel Baru James Bond

09/10/2019

Pasar mobil

5 menit

Keterikatan Aston Martin dengan franchise film James Bond sudah sangat mendarah daging, yang terbaru empat model Aston Martin dari berbagai era akan hadir di sekuel ke-25 film agen Inggris 007 itu.

Lihat juga

Aston Martin Konfirmasi Valkyrie WEC Tak Akan Pakai Mesin Hybrid

09/09/2019

Pasar mobil

5 menit

Menjadi bagian dari kategori Hypercar WEC musim 2020/2021, Aston Martin memastikan Valkyrie WEC yang akan diturunkan tidak mengadopsi konsep hybrid.

Lihat juga