Punya Rp 100 Juta, Pilih Suzuki S-Presso Atau Kawasaki Ninja ZX-25R?

16/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mari berandai-andai jika Anda punya Rp 100 juta menganggur di tabungan, kira-kira Anda bakal memilih untuk beli Suzuki S-Presso atau Kawasaki Ninja ZX-25R?

Entah harga mobil yang semakin murah, atau harga motor yang semakin mahal. Suzuki S-Presso yang rumornya akan diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam waktu dekat diperkirakan punya harga di bawah Rp 100 juta.

Di sisi lain, Kawasaki Ninja ZX-25R, sebuah motor 250 cc dibanderol dengan harga lebih dari Rp 100 juta. Yang mengejutkan, motor yang bahkan lebih mahal dari Daihatsu Ayla tipe termurah itu bisa laku bak kacang goreng.

Kira-kira, mana yang lebih worth it untuk dibeli jika Anda punya Rp 100 juta menganggur di rekening? Mobil terjangkau dari Suzuki atau miniatur moge (motor gede) dari Kawasaki?

Gambar Dewa Kipas Deddy Corbuzier

Anggap saja Anda tiba-tiba dapat Rp 100 juta seperti Dewa Kipas di Podcast Deddy Corbuzier

>>> Suzuki S-Presso vs Mobil Bekas Rp 60 Jutaan, Pilih Mana Ya?

A. Suzuki S-Presso

Jika Anda golongan orang-orang yang memilih Suzuki S-Presso, kami berasumsi bahwa Anda membutuhkan mobil sebagai alat mobilitas sehari-hari. Mungkin Anda ingin upgrade dari motor karena tak sanggup lagi menghadapi cuaca Indonesia yang semakin tak menentu.

Suzuki S-Presso adalah pilihan yang logis. Anda dapat mengangkut 4 penumpang dengan nyaman, ada atap yang melindungi dari panas dan hujan, serta mendapat privilege berupa AC yang menjaga ketiak Anda tetap kering saat perjalanan menuju tempat kerja.

Jika memang harga Suzuki S-Presso benar-benar di bawah Rp 100 juta, Anda juga tak perlu takut dihantui oleh pajak tahunan besar yang membebani.

Gambar Mesin Suzuki S-Presso

Mesin K10B yang diusung S-Presso terkenal cukup irit

Pengeluaran untuk membeli bahan bakar pun seharusnya tak terlalu jauh dibandingkan naik motor. Mesin K10B yang digunakan oleh S-Presso seharusnya bisa mencatatkan efisiensi di kisaran 16 kilometer per liter. Bahkan, di rute tol atau perjalanan luar kota mesin tersebut sanggup mencatatkan efisiensi lebih dari 20 kilometer per liter.

>>> Lebih Dekat Dengan Suzuki S-Presso 2021, Versi Indonesia Bakal Gini?

Dimensi yang mungil juga akan membantu saat harus bermanuver di kepadatan kota, jalanan kecil, serta lahan parkir yang sempit. Dengan kapasitas bagasi mencapai 270 liter, ruang kargo Suzuki S-Presso sudah cukup untuk membawa belanja bulanan atau beberapa koper saat hendak liburan ke luar kota di akhir pekan.

Fitur in-car-entertainment mobil ini juga terbilang lengkap. Ada head unit touch screen yang memiliki konektivitas Android Auto dan Apple Car Play, sistem audio dengan empat speaker dan dua tweeter, serta setir dengan tombol multifungsi untuk mengakses berbagai menu infotainment.

Gambar Suzuki S-Presso

Rp 100 juta dapat mobil? Kalau aku sih yes.

Uang Rp 100 juta yang dikeluarkan diganjar dengan mobil yang sangat fungsional dan akan membantu kegiatan sehari-hari Anda.

B. Kawasaki Ninja ZX-25R

Jika Anda golongan orang-orang yang memilih Kawasaki Ninja ZX-25 R, kami berasumsi bahwa saat ini Anda sudah memiliki mobil dan sedang mencari hobi atau pelepas stress di akhir pekan.

Tentu jika cuaca panas, Anda akan kepanasan. Jika cuaca hujan, Anda akan kehujanan. Tapi siapa yang peduli? Anda bisa menyalurkan adrenalin dengan memacu Kawasaki Ninja ZX-25R.

Gambar ZX-25R

Siapa yang menyangka akan ada motor 250 cc dengan harga mencapai Rp 100 juta?

>>> Kawasaki Ninja ZX-25R Versi 2022 Meluncur dengan 4 Warna Baru

Dengan putaran mesin hingga 17.000 rpm, Anda bisa membuka gas dari ZX-25R dan merasakan sensasi suara lengkingan khas mesin 4-silinder. Semakin asyik karena motor ini sudah dibekali dengan fitur quick shifter dan auto blipper sehingga Anda tak perlu repot-repot menarik tuas kopling saat hendak mengganti gigi.

Mesin 4-silinder ZX-25R diklaim memiliki tenaga hingga 50,4 HP dengan torsi 22,9 Nm. Sebagai perbandingan, Suzuki S-Presso dengan mesin 1.000 cc saja hanya memiliki tenaga 68 HP.

Gambar ZX-25R

Memacu motor di sirkuit bisa jadi kegiatan untuk melepaskan penat

Bagaimana dengan akselerasi dan top speed-nya? ZX-25R mampu berakselerasi dari 0 - 100 km/jam dalam waktu 5,4 detik saja dengan kecepatan tertinggi di 190 km/jam.

Uang Rp 100 juta yang dikeluarkan diganjar dengan motor kencang yang mampu melepas stress Anda dari kegiatan sehari-hari.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top