Punya Pabrik Besar di Indonesia, Hampir Semua Mobil Nissan Ternyata Impor

09/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Punya Pabrik Besar di Indonesia, Hampir Semua Mobil Nissan Ternyata Impor
Mungkin tak ada yang menyadari kalau semua mobil Nissan yang dijual di Indonesia tidak dibuat di pabriknya sendiri Indonesia. Semua didatangkan dari mancanegara alias impor. Sementara satu model yang baru diluncurkan yaitu Nissan Livina dibuat di pabrik Mitsubishi Motors. Lalu pabriknya memproduksi apa?

Foto pabrik pembuatan suku cadang Nissan di Purwakarta

Merek Nissan belum terlalu menarik minat orang Indonesia

PT Nissan Motor Indonesia menyampaikan kabar mengejutkan terkait perjalanan bisnisnya. Semua produk yang dijual di Indonesia saat ini tidak lagi diproduksi secara lokal, tapi diimpor dari mancanegara. Hal tersebut disampaikan Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi, di sela-sela pembukaan diler baru di Pekanbaru, Riau, Rabu (6/3/2019) lalu. Informasi ini seperti memberikan jawaban atas simpang siur yang beredar sebelumnya pasca peluncuran Nissan Terra di Indonesia tahun lalu. Dikabarkan pada waktu itu kalau NMI tidak akan lagi membuat mobil bermerek Nissan.

Meski sudah dipastikan tidak memproduksi mobil merek Nissan bukan berarti pabrik PT Nissan Motor Indonesia di Purwakarta tutup dan tidak beraktifitas. Sekiguchi menuturkan pabrik tetap beraktifitas yaitu memproduksi semua model Datsun yang terdiri dari Datsun GO, GO+ dan Datsun Cross. “Saat ini, pabrik kami memproduksi semua model Datsun. Mulai dari GO, GO+ dan Cross,” katanya.

>>> All New Nissan Livina and All New Nissan Serena Hadir di Pekanbaru

Foto dua unit Nissan Terra di Surabaya

Nissan Terra diproyeksi bersaing ketat dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport

Senada dengan yang disampaikan Sekiguchi, Head of Communication NMI, Hana Maharani juga menyampaikan kabar yang sama bahwa saat ini dan mungkin sampai waktu yang tidak diketahui semua mobil Nissan tidak lagi dirakit di pabrik Nissan Purwakarta. Tapi diimpor dari dua negara berbeda yaitu Nissan Thailand dan Nissan Jepang.

“Semua Nissan yang dijual di Indonesia CBU (completely built up). Serena dan Elgrand dari Jepang. Juke, March dan Terra dari Thailand,” kata Hana menjelaskan. “Mulai dari GO, GO+ hingga Cross. Tahun depan, kami akan mulai membuat mesin untuk Livina dan Xpander,” lanjutnya.

Dilihat dari statistik penjualan semua mobil bermerek Nissan sepertinya memang kurang beruntung di Indonesia. Data Gabungan Industri Kendaraan Bemotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat sepanjang 2018 PT Nissan Motor Indonesia hanya menjual sebanyak 6.885 unit mobi, lebih kecil dari penjualan Datsun yang mencapai 10.433 unit. Dibandingkan dengan penjualan Toyota yang mencapai 352.161 unit, penjualan Nissan di Indonesia jelas tidak ada apa-apanya.

Berikut adalah Nissan Serena 2019 yang baru saja diluncurkan di Indonesia bersama dengan Nissan Livina. Diharapkan kehadiran dua model beda kelas dan beda harga tersebut bisa menarik minat masyarakat Indonesia yang notabene suka dengan mobil MPV.

>>> Review All New Nissan Livina VL 2019

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top