Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Akhir Pekan

19/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Warga mulai kembali ke Ibu Kota pasca Idul Fitri. Polda Metro Jaya memperkirakan puncak arus balik lebaran akan terjadi akhir pekan ini, tanggal 21-22 Mei 2021.

Berakhir sudah perayaan hari raya Idul Fitri 1442 H. Warga yang mudik ke kampung halaman mulai berdatangan kembali ke tempat kerjanya untuk beraktivitas, termasuk mereka yang bekerja di Ibu Kota. Meski belum semuanya, lalu lintas menuju Ibu Kota mulai menunjukkan peningkatan.

Prediksi puncak arus balik

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, puncak arus balik Lebaran diperkirakan terjadi akhir pekan, tanggal 21-22 Mei. Adapun saat ini jumlah warga yang datang baru puluhan ribu orang, dari sekitar 1,5 juta warga yang melakukan perjalanan mudik.

"Memang puncaknya belum, kita prediksi ini puncak 21 atau 22 Mei," kata Kombes Yusri di Polda Metro Jaya, Selasa (18/5/2021).

>>> Mau Balik ke Jakarta Usai Mudik? Siapkan Ini Kalau Tak Mau Diputar Balik!

Foto polisi tengah melakukan Pemeriksaan kendaraan

Puncak arus balik lebaran diperkirakan terjadi akhir pekan

Penyekatan berlanjut hingga 24 Mei

Kombes Yusri juga menegaskan bahwa penyekatan tetap berlanjut walaupun Operasi Ketupat telah tutup per 17 Mei. Hingga 24 Mei petugas gabungan tetap melakukan pemeriksaan kendaraan yang mengarah masuk ke ibu kota. Mereka juga melakukan random tes antigen untuk memastikan warga yang datang terbebas dari Covid-19.

"Ini [penyekatan] masih berjalan terus teman-teman, kami tetap masih mengharapkan, masih banyak warga Jakarta yang belum pulang karena perhitungan disini baru 15 ribu lebih," lanjutnya

Disarankan kepada warga yang ingin kembali ke ibu kota untuk memenuhi segala persyaratan. Misalnya membawa surat bukti swab antigen dengan hasil negatif Covid-19 dan membawa surat izin perjalanan atau SIKM.

Untuk memudahkan pelacakan, warga dan kendaraan yang telah dicek mendapatkan stiker bukti. Dengan demikian petugas tidak perlu lagi melakukan pengecekan pada pos penyekatan berikutnya.

Khusus buat warga yang tiba di Jakarta dan tidak diperiksa di pos penyekatan diimbau untuk melakukan swab antigen gratis di Polsek terdekat. Tujuannya sama, memastikan mereka bebas Covid-19.

"Karena fenomena sekarang yang ada, ada beberapa RT RW yang menolak warganya yang mudik kembali, tanpa memperlihatkan swab antigen gratis," jelas Yusri.

>>> Penyekatan Arus Balik Diperpanjang Hingga 24 Mei

Foto menunjukkan para petugas gabungan melakukan Apel jelang pengamanan arus balik lebaran di KM 34 Tol Jakarta-Cikampek

Petugas gabungan melanjutkan penyekatan pasca ditutupnya Operasi Ketupat

>>> Libur Lebaran Usai, Jangan Lupa Perhatikan Kesehatan Mobil Anda!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top