PSBB Transisi Hingga 17 Januari, Ganjil Genap DKI Ikut Ditiadakan

05/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Kebijakan ganjil genap DKI ikut ditiadakan seiring perpanjangan PSBB Transisi yang diputuskan Pemprov selama 14 hari hingga 17 Januari 2021 mendatang.

Untuk kesekian kalinya, kebijakan pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap tidak diberlakukan. Di awal 2021 ini Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali meniadakan ganjil genap DKI menyusul diperpanjangnya PSBB transisi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov).

“Kebijakan pembatasan kendaraan dengan sistem Ganjil-Genap (GAGE) di wilayah DKI Jakarta belum diberlakukan.” tulis TMC Polda Metro di akun Twitternya @TMCPoldaMetro, Senin (4/1/2020).

PSBB Transisi Hingga 17 Januari 2020

Berdasarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Nomor 1295 Tahun 2020 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman Dan Produktif yang ditetapkan tanggal 30 Desember 2020, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperpanjang PSBB Transisi selama 14 hari, terhitung sejak 4 Januari 2021 hingga 17 Januari 2021.

Perpanjangan kali ini bertujuan menekan penambahan kasus Covid-19 yang diakibatkan libur Natal dan Tahun Baru 2021. Dalam paparannya di akun IG @dkijakarta, Gubernur DKI Jakarta mengungkapkan persentase pertambahan total kasus aktif terkonfirmasi positif menunjukkan tren kenaikan. Per 2 Januari 2021, kasus aktif di Jakarta mencapai 15.471 kasus, meningkat 18% dari 2 pekan sebelumnya yakni 13.066 kasus pada 20 Desember.

>>> Ganjil Genap Tak Berlaku, Pelanggar Lalin Tetap Ditilang

Foto pengumuman Ganjil genap ditiadakan

Gganjil genap DKI tidak berlaku selama PSBB Transisi

Protokol kesehatan

Dengan ditiadakannya ganjil genap DKI pengguna mobil pribadi boleh melintas di kawasan manapun. Hanya saja protokol kesehatan harus diterapkan dengan disiplin. Selain wajib memakai masker pengendara wajib membatasi jumlah penumpang, maksimal 2 orang per baris. Kecuali bisa satu domisili atau satu keluarga, mobil boleh diisi penuh. Ojek online juga boleh beroperasi membawa penumpang maupun pengantaran barang. Namun dengan syarat protokol kesehatan sebagaimana biasanya.

Warga yang tidak berkendara juga diimbau tetap disiplin dengan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan). Selain itu juga harus menjalani Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS), tidak berkerumun, serta meningkatkan imunitas tubuh.

Sebagai informasi, Covid-19 DKI Jakarta masih menjadi yang tertinggi di Indonesia. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi DKI yang sudah dilaporkan ke Kemenkes RI, hingga 4 Januari 2021 kasus positif Covid-19 di DKI sebanyak 191.075 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 173.036 dinyatakan sembuh, 3.369 orang dinyatakan meninggal dunia. Lainnya sebanyak 10.371 orang menjalani isolasi mandiri, sedangkan 4.299 orang menjalani perawatan medis.

>>> Ini Besaran Denda Tilang Paling Sering Dilakukan Pengemudi

Foto pengumuman perpanjangan PSBB Transisi hingga 17 Januari 2021

PSBB DKI belum selesai

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top