PSBB Total, Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan, Ojol Bebas Beroperasi

14/09/2020

Pasar mobil

3 menit

PSBB Total, Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan, Ojol Bebas Beroperasi
Selama PSBB berlangsung aturan ganjil genap di Jakarta tidak diberlakukan dan ojek online (OJOL) boleh beroperasi secara penuh mengangkut barang atau penumpang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memutuskan memberlakukan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara total di wilayahnya. Hal itu dilakukan sebagai rem darurat atas melonjaknya kasus positif COVID-19 dalam beberapa waktu terakhir.

Gubernur menjelaskan PSBB total kali ini fokus pada pembatasan aktivitas di perkantoran baik milik pemerintah maupun perkantoran swasta. Meski demikian aktivitas yang lain juga tak luput dari perhatian seperti pergerakan orang.

Pembatasan transportasi umum

Foto menunjukkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaparkan PSBB total Jakarta

Gubernur DKI, Anies Baswedan memutuskan PSBB diberlakukan kembali di Jakarta

Pemprov DKI membatasi mobilitas warga dengan menerapkan pembatasan layanan transportasi umum secara ketat. Baik jumlah armadanya maupun kapasitas penumpangnya.

“Mobilitas penduduk akan dikurangi. Kapasitas maksimal dari kendaraan umum adalah 50 persen meneruskan dari yang ada sekarang.” kata Gubernur dalam konferensi pers di Balai Kota, Jakarta Pusat yang disiarkan melalui Youtube Pemprov DKI, Minggu (13/9/2020).

“Kemudian ada pembatasan frekuensi layanan dan armada, lalu transportasi darat, kereta dan kapal penumpang juga diatur dengan pembatasan jumlah penumpang per kendaraannya. Kendaraan pribadi hanya boleh diisi maksimal 2 orang per baris kursi. Kecuali bila kendaraan pribadi mengangkut keluarga yang berdomisili satu rumah. Tapi bila tidak satu domisili, maka harus mengikuti ketentuan maksimal 2 orang per baris.” paparnya panjang.

>>> Jakarta Kembali PSBB, Transportasi Umum Dibatasi Ketat

Ganjil genap ditiadakan

Selama PSBB berlangsung hingga 14 hari mendatang aturan ganjil genap di Jakarta tidak diberlakukan. Artinya kawasan-kawasan ganjil genap bisa dilalui seluruh kendaraan tanpa memandang plat nomor.

Kelonggaran diberikan kepada ojek online (OJOL) dimana selama PSBB tetap diperbolehkan beroperasi. Ojol boleh mengangkut barang maupun penumpang, dengan syarat menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

“Kebijakan ganjil genap ditiadakan selama PSBB. Motor berbasis aplikasi diperbolehkan untuk mengangkut barang dan penumpang dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat.” kata Gubernur.

>>> Daftar 13 Kendaraan yang Boleh Melintas di Kawasan Ganjil Genap

Foto menunjukkan Rambu-rambu ganjil genap

Selama PSBB aturan ganjil genap di Jakarta tidak berlaku

Mengamini arahan Gubernur, pihak kepolisian memberlakukan penyesuaian kebijakan. Bahwa mulai, Senin (14/9/2020) ganjil genap tidak berlaku. Karenanya pihaknya tidak akan melakukan penilangan terhadap kendaraan yang melintas

“Gage besok [14/9/2020-red] tidak berlaku,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo sebagaimana dikutip dari NTMC Polri, Minggu (13/9/2020).

>>> Baca berita otomotif lainnya di sini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top