PSBB Kota Palembang Dimulai 20 Mei, Ini Daftar Sanksinya!

19/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
PSBB Kota Palembang Dimulai 20 Mei, Ini Daftar Sanksinya!
PSBB Kota Palembang segera diberlakukan mulai Rabu, 20 Mei 2020. Sejumlah sanksi disiapkan bagi warga yang melanggar mulai teguran hingga pidana ringan.

Upaya menekan penyebaran virus Corona (COVID-19) melalui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sampai di Palembang. Ibu kota Sumatera Selatan itu bakal memulainya pada Rabu, 20 Mei 2020 atau lebih lebih cepat dari rencana semula tanggal 27 Mei 2020.

Menurut Walikota Palembang, Harjono, keputusan diambil setelah pengajuan PSBB-nya mendapat restu dari Menteri Kesehatan berupa SK Menteri Kesehatan Nomor HK 01.07/Menkes/307/2020 tentang penerapan PSBB pada Selasa (12/5/2020) lalu.

>>> PSBB Tangerang Raya Diperpanjang Hingga Akhir Mei, Lebaran #DiRumahAja

Berlangsung 14 Hari

Foto menunjukkan Walikota Palembang Harjono saat menyampaikan sambutan

PSBB Kota Palembang berlangsung selama 14 hari

Sebagaimana PSBB wilayah lain, PSBB Kota Palembang bakal berlangsung selama 14 hari, serta berpeluang diperpanjang menyesuaikan situasi dan kondisi. Selama waktu tersebut dilakukan pembatasan aktivitas pendidikan di sekolah dan institusi pendidikan lain, pembatasan kegiatan kegamaan, pembatasan waktu kerja hingga pembatasan sarana transportasi. Beragam kegiatan yang menimbulkan kerumuman banyak orang juga dilarang.

Terapkan sejumlah sanksi

Untuk memastikan aturan PSBB dipatuhi warga, pelaksanaan PSBB Kota Palembang dikawal personel keamanan dari Polri dibantu ribuan personel TNI, lengkap dengan peralatan yang dibutuhkan. Tiga hari pertama PSBB digunakan untuk sosialisasi dan adaptasi masyarakat. Kemudian setelahnya bakal diterapkan sanksi bagi warga yang melakukan pelanggaran. Sanksinya sebagai berikut:

  • Sanksi edukasi. Pelanggar diberikan teguran dan diminta membuat pernyataan untuk tidak mengulangi melakukan pelanggaran lagi. Sanksi edukasi mungkin juga diwujudkan melalui kerja sosial seperti membersihkan sarana publik dan yang lain.
  • Sanksi administratif. Seperti dilakukan penahanan sementara Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan pembubaran kegiatan bila menimbulkan kerumunan.
  • Sanksi pidana. Khusus buat pelanggar yang melawan petugas dan tidak mengindahkan aparat dikenakan pidana ringan. Namun tak menutup kemungkinan pidana menjadi lebih berat jika perlawanan menjurus pada acaman keselamatan.

"Sanksi administratif berupa penahanan KTP dan pembubaran kegiatan bila ada kerumunan. Untuk tindak pidana ringan akan diterapkan bila warga yang bersangkutan melawan petugas atau tidak mengindahkan perintah aparat," kata Kepala Bidang Hukum dan HAM Pemkot Palembang Allan Gunery.

>>> 5 Tempat Wisata di Palembang Yang Hits

Foto menunjukkan petugas Dishub Kota Palembang sedang memeriksa kendaraan

Pelanggaran PSBB di Kota Palembang bakal dikenakan sanksi

Status COVID-19 di Kota Palembang

Kota Palembang menjadi episentrum penyebaran virus Corona (COVID-19) di Sumatera Selatan. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Selatan hingga 18 Mei 2020 pukul 09.00 WIB kasus positif COVID-19 di Sumatra Selatan mencapai 521 kasus. Dari jumlah tersebut sebanyak 310 kasus terjadi di Kota Palembang dengan tingkat kesembuhan mencapai 51 orang dan kematian 5 orang. Peringkat kedua ditempati Kota Lubuk Linggau sebanyak 43 kasus positif, dengan kesembuhan sebanyak 3 orang dan belum ada yang dilaporkan meninggal.

>>> Berita menarik lainnya seputar mudik Lebaran ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Bridgestone Sediakan Layanan Home Service Ban di Palembang

12/05/2020

Event - Promosi

2 menit

PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia), memberikan layanan home service oleh Sumber Ban selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Covid-19 di Palembang, Sumatra Selatan.

Lihat juga

Baru Dibuka Tol Kayu Agung-Palembang Langsung Diperketat, Ada Apa?

02/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Baru saja dibuka 1 April 2020 jalan Tol Kayu Agung-Palembang (akses Jakabaring) langsung mendapat pengawasan ketat dari Pemerintah Kabupaten OKI. Ada apa?

Lihat juga

Ford Terus Buka Pasar di Indonesia, Ini Dealer Resmi Ford Pertama di Palembang

17/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Setelah memulai kembali penjualan Ford di Indonesia, RMA terus membuka pasar dengan meresmikan dealer resmi Ford pertama di Palembang, Sumatera Selatan

Lihat juga
 
back to top