PSBB Diperpanjang, Pemprov DKI Jadikan Bulan Juni Masa Transisi

05/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
PSBB Diperpanjang, Pemprov DKI Jadikan Bulan Juni Masa Transisi
Pemprov DKI Jakarta memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga akhir Juni 2020 sekaligus menjadikan bulan Juni sebagai masa transisi.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengambil keputusan memperpanjang pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di ibu kota mulai tanggal 5 hingga akhir Juni 2020.

Masa transisi

Dalam keterangan resmi yang disiarkan di Youtube Pemprov DKI Jakarta (4/6/2020), Gubernur  Anies Baswedan menyebut perpanjangan PSBB sekaligus menjadikan bulan Juni sebagai masa transisi, "Kami di gugus tugas memutuskan untuk menetapkan status PSBB di DKI diperpanjang, dan menetapkan bulan Juni sebagai masa transisi."

>>> Jakarta Masuk Masa Transisi, Kendaraan Pribadi Boleh Diisi Penuh Lagi

Foto menunjukkan rambu-rambu check Point PSBB Jakarta

PSBB Jakarta diperpanjang lagi

Keputusan diambil Pemprov DKI berdasarkan evaluasi PSBB sebelumnya yang telah membuahkan hasil positif. Sebagian besar wilayah Jakarta berstatus zona hijau dan kuning. Sementara sebagian kecil lainnya masih zona merah, bahkan ada yang merah tua.

Seperti diketahui, PSBB diterapkan Pemprov DKI mulai 10 April 2020 menyusul meningkatnya kasus positif COVID-19 sejak terdeteksi pertama pada 3 Maret 2020. PSBB kemudian dilanjutkan tahap 2 dan tahap 3 yang berakhir 4 Juni 2020. Perpanjangan PSBB ke tahap 4 menjadi transisi menuju new normal fase new normal.

Status COVID-19 di DKI Jakarta

Hingga kini kasus COVID-19 masih terus tumbuh di Indonesia dan belum bisa dikendalikan secara penuh. Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 BNPB mencatat per 4 Juni 2020 ada sebanyak 28.818 kasus positif, dengan pasien sembuh sebanyak 8.892 orang, dan meninggal sebanyak 1.721 orang.

Provinsi DKI Jakarta menempati urutan pertama dari seluruh provinsi di Indonesia. Berdasarkan sumber yang sama, per 4 Juni 2020 tercatat sebanyak 7.600 kasus positif, dengan pasien sembuh sebanyak 2.607 orang, dan meninggal dunia sebanyak 530 orang. Selebihnya masih dalam perawatan dan pengawasan pihak medis serta menjalani isolasi mandiri.

Diharapkan dengan diberlakukan PSBB tahap 4 pertumbuhan kasus COVID-19 di ibu kota bisa ditekan hingga titik terendah. Jika tidak, pemerintah bakal mencabut transisi dan berpotensi besar memperpanjang kembali PSBB di Jakarta pada tahap berikutnya.

>>> Cara Servis Mobil yang Ikut Berubah karena Virus Corona

Foto seorang petugas melakukan Pemeriksaan Kendaraan

Protokol kesehatan tetap diberlakukan pada PSBB transisi

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top